Rumah Budaya Sebagai Media Pengembangan

oleh -121 views

SUARAMUDA.co.id – Rumah Budaya Sebagai Media Pengembangan. Hal ini guna memberikan nilai positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Pendidikan seni dan budaya, baik tradisional maupun kreatif, perlu dikembangkan di Kota Magelang melalui komunitas..

“Melalui komunitas menjadikan seni budaya yang berdaya saing serta menyatukan seniman dan komunitas seni budaya di Kota Magelang,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Sugeng Priyadi, Sabtu, 23 Januari 2021.

Ia mengatakan, Kota Magelang identik dengan ‘Pakuning Tanah Jawa’ serta adanya beberapa situs dan peninggalan bersejarah. Meskipun wilayah Kota Magelang relatif sempit, namun memiliki beberapa komunitas seni dan budaya yang berpeluang untuk dikembangkan.

“Mereka, kalangan seniman, budayawan, dan sejarawan dengan berbagai berbagai jenis kesenian, tradisi, cerita atau sejarah lokal,” ujarnya.

Dinas Dikbud Kota Magelang menggagas pentingnya ‘Rumah Budaya’ sebagai media pengembangan seni dan budaya di daerah setempat. Tempat ini juga jadi lokasi berkumpul, beraktivitas, dan diskusi kalangan mereka.

Selain itu, Rumah Budaya bisa juga jadi tempat latihan berkesenian atau sanggar potensial, seperti wayang, karawitan, ketoprak, tari, dan teater. “Rumah Budaya merupakan tempat menghimpun atau mengoleksi hasil karya seni lokal,” kata Sugeng.

Baca Juga:

Kepala Disdikbud Kota Magelang Agus Sujito menambahkan tentang pentingnya ‘Rumah Budaya’ untuk memfasilitasi para seniman, budayawan, dan sejarawan setempat berdiskusi serta beraktivitas bersama komunitasnya.