Pemkab Sosialisasikan Pemantapan Akreditasi Sekolah Dasar

oleh -128 views

SUARAMUDA.co.id,-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) memberikan sosialisasi pemantapan akreditasi Sekolah Dasar (SD) di aula SDN Kedungdalem 2 Kecamatan Dringu, Sabtu (29/5/2021).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pembinaan kelembagan dan manajemen SD ini diikuti oleh 50 orang kepala sekolah dan guru. Mereka dipandu oleh 3 (tiga) orang narasumber Pengawas Sekolah Dasar meliputi Siti Husnul Chotimah, Djamhuri dan Mohamad Wahyudi.

“Sosialisasi pemantapan akreditasi SD ini dimaksudkan sebagai persiapan menyongsong penilaian akreditasi sekolah untuk memperoleh predikat akreditasi unggul yang rencananya visitasi oleh Assesor dilakukan mulai Juni 2021 mendatang,” kata Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Annisa Dewi Larasati.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SD Dispendik Kabupaten Probolinggo Sri Agus Indariyati mengatakan akreditasi sekolah/madrasah merupakan suatu kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan pendidikan dasar dan menengah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan sekolah/madrasah.

“Tentu saja untuk mendapatkan nilai akreditasi yang tinggi tidak bisa diperoleh dengan serta merta, perlu persiapan jauh-jauh hari sebelum tim assesor berkunjung ke sekolah. Kerjasama yang baik harus terjalin diantara kepala sekolah dengan seluruh staf pendidik dan tenaga kependidikan,” ungkapnya.

Selain itu jelas Sri Agus, agar terorganisasi dengan baik maka perlu dibentuk tim atau panitia khusus persiapan akreditasi dan kepanitian ini mencakup 8 (delapan) standar nasional pendidikan.

“Setiap standar atau beberapa standar perlu ditentukan oleh koordinator dengan beberapa anggota. Secara berkala diadakan pertemuan untuk mengkoordinasikan kegiataan-kegiatan serta memantau progress dari setiap tim-tim kecil yang dipimpin oleh coordinator,” pungkasnya.

Selama kegiatan tersebut, para kepala sekolah dan guru mendapatkan materi Kebijakan Program Akreditasi, Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan, Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah (SisPenA) dan Sosialisasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020.

(Edy)