Apakah Efektif Kebijakan PPKM di Kota Cimahi?

oleh -132 views

SUARAMUDA.co.id,-Apakah Efektif Kebijakan PPKM di Kota Cimahi?. Penerapan pembatasan akses jalan-jalan utama menuai banyak permasalahan di lapangan. Salah satu isu utama yang terjadi adalah penumpukan arus lalu lintas di sejumlah titik penyekatan. Titik penyekatan di Cimindi Kota Cimahi, menjadi satu dari beberapa titik penyekatan yang mengalami kemacetan lalu lintas.

Mengelola transportasi di masa pandemi memang bukan perkara mudah. Pola mobilitas masyarakat perlu diatur, tetapi bukan berarti melakukan pengaturan lalu lintas yang tidak tepat. Sesuai dengan konsep arus lalu lintas sebagai arus air, arus air yang tinggi sebaiknya tidak ditahan, tetapi dikendalikan dan dialirkan dengan baik.

Hal yang perlu dipertimbangkan adalah pengawasan ketat terhadap titik-titik tujuan perjalanan. Beberapa lokasi yang berpotensi menjadi titik tujuan perjalanan antara lain pasar, pusat perbelanjaan, dan perkantoran. Penjagaan protokol kesehatan secara lebih kuat di titik-titik ini akan lebih efektif dibandingkan penyekatan jalan.

Apakah Efektif Kebijakan PPKM di Kota Cimahi?. Penegakan aturan bekerja dari rumah untuk sektor nonesensial pun perlu dilakukan secara lebih baik. PLT Walikota Cimahi perlu turun kelapangan lakukan sweeping memberikan sanksi tegas terhadap perusahaan sektor nonesensial yang masih menerapkan bekerja dari kantor. Jika kewajiban bekerja dari kantor semakin menurun, potensi perjalanan para pekerja pun akan semakin berkurang.

Disamping itu laju pemberian vaksin diharapkan dapat semakin diakselerasi sehingga target vaksinasi lebih cepat tercapai. Akselerasi progam vaksinasi di tengah pemberlakuan PPKM darurat juga akan membantu pemulihan ekonomi di kuartal selanjutnya, sejalan dengan pembukaan kembali perekonomian yang lebih cepat.

Selanjutnya pemerintah pun harus tetap memberikan, bahkan meningkatkan bantuan sosial menjadi dua kali lipat kepada masyarakat kelas menengah ke bawah terkhusus di zona merah atau di wilayah yang diberlakukan pengetatan.

Apakah Efektif Kebijakan PPKM di Kota Cimahi, jangan sampe kebikjakan ini sia-sia pemerintah telah mengorbankan ekonomi rakyat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Cimahi, Selasa 6 Juli 2021
Penulis: Johar Pratama Putra S. Pd
Sekertaris DPD PSI Kota Cimahi
(Red)