Peringati Harkop Ke-74 Gerakan Koperasi Donasikan 3 Ekor Sapi Kurban

oleh -43 views

SUARAMUDA.co.id,-Peringati Harkop ke-74 Gerakan koperasi Donasikan 3 ekor sapi kurban kepada Yayasan HATI Probolinggo, di Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo. Jumat (16/7/2021).

Penyerahan 3 ekor sapi tersebut diawali dengan penyerahan dari Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto kepada Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko yang kemudian diserahkan kepada perwakilan Yayasan HATI Probolinggo Fathur Rozi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya, Ketua PK-PRI Kabupaten/Kota Probolinggo Edy Supangkat, Ketua Panitia Harkop ke-74 Kabupaten Probolinggo Muslihin serta keluarga besar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya donasi 3 ekor sapi dari Gerakan Koperasi Kabupaten Probolinggo ini diantarkan langsung ke Pondok Pesantren HATI Kraksaan dan diterima oleh Pengasuh Pondok Pesantren HATI Kraksaan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengungkapkan peringatan Hari Koperasi ke-74 tahun 2021 Kabupaten Probolinggo mengusung tema “Tranformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat” digitalisasi menuju koperasi modern.

“Kegiatan hari ini merupakan seremonial puncak peringatan Hari Koperasi ke-74 tahun 2021 Kabupaten Probolinggo yang digelar secara sederhana namun penuh makna di masa pandemi Covid-19 dan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,” ungkapnya.

Peringati Harkop Ke-74 Gerakan Koperasi Donasikan 3 Ekor Sapi Kurban, menurut Anung, Hari Koperasi Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Juli merupakan momentum bagi gerakan koperasi untuk menyampaikan syiar koperasi sebagai sokoguru perekonomian bangsa yang berlandaskan atas azas kekeluargaan dan gotong royong.

“Gerakan koperasi peduli merupakan kegiatan yang diinisiasi dan kerjasama antara Dinas Koperasi dan Usaha Mikro bersama Gerakan Koperasi Kabupaten Probolinggo sebagai wujud kepedulian sosial koperasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Anung menerangkan Gerakan Koperasi Peduli pada tahun 2021 telah melaksanakan penggalangan dana untuk bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Dringu yang tercatat senilai Rp 69.605.000 yang dikoordinir oleh panitia gerakan koperasi peduli dan dilaksanakan mandiri oleh gerakan koperasi.

“Pada Hari Koperasi ke-74 tahun 2021 dan momentum Idul Adha 1442 Hijriyah, panitia Hari Koperasi ke-74 tahun 2021 Kabupaten Probolinggo telah mengumpulkan dana dari gerakan koperasi sebesar Rp 52.950.000 dan diwujudkan dalam bentuk kegiatan gerakan koperasi peduli dengan menyumbangan hewan qurban 3 (tiga) ekor sapi kepada masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Peringati Harkop Ke-74 Gerakan Koperasi Donasikan 3 Ekor Sapi Kurban. Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, kondisi disruptif ini terus berpengaruh pada kondisi sosial ekonomi masyarakat. Dampak negatif tidak hanya memukul sektor kesehatan, namun berbagai sektor perekonomian dan koperasi sebagai badan usaha pun ikut terdampak.

“Untuk itu, koperasi harus inovatif dan adaptif, serta mampu terus menjadi pilar perkonomian nasional untuk mewujudkan koperasi sebagai entitas bisnis yang sehat, tangguh, mandiri dan berdaya saing serta berdimensi sosial sebagaimana jati dirinya,” katanya.

Wabup Timbul menegaskan Hari Koperasi Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Juli oleh gerakan koperasi merupakan momentum untuk mengenang sejarah dan membangun masa depan koperasi. Koperasi merupakan titipan dan amanah para pendiri bangsa sebagai soko guru perekonomian bangsa yang harus dijaga dan terus digelorakan dalam setiap sendi-sendi ekonomi rakyat.

“Pembaharuan koperasi, untuk mewujudkan koperasi modern yang berjati diri adalah tugas kita bersama, gerakan koperasi dan pemerintah. Untuk itu, saat ini koperasi harus mampu mewujudkan wajah baru koperasi dengan sistem tata kelola yang modern, transparan dan akuntabel serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan digitalisasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada gerakan koperasi Kabupaten Probolinggo yang telah mendonasikan 3 ekor hewan qurban.

“Gerakan koperasi peduli merupakan wujud tanggung jawab sosial koperasi kepada masyarakat dan karakter inilah yang menjadi kekuatan dan kelebihan koperasi dari pelaku ekonomi lainnya,” pungkasnya.

(Yuli)