Workshop Penguatan Kapasitas Insan Media Mendukung Kota Cimahi Tanggap Ancaman Narkoba

oleh -119 views

SUARAMUDA.co.id,-Workshop Badan Narkotika Nasiona (BNN) Kota Cimahi mengajak insan media untuk ikut berperan aktif sebagai penggiat anti Narkoba dan aktif menyosialisasikan mengenai bahayanya narkoba. Hal ini disampaikan dalam “Workshop Penguatan Kapasitas Kepada Insan Media untuk Mendukung Kota Cimahi Tanggap Ancaman Narkoba” melalui virtual meeting. Rabu (28/7/2021).

Workshop penguatan kapasitas insan media mendukung Kota Cimahi tanggap ancaman Narkoba. Kegiatan Workshop ini dibuka oleh Kepala BNNK Cimahi Ivan Eka Satya. Dengan menghadirkan nara sumber diantaranya Ketua PWI Jabar, Kadiskominfoarpus Kota Cimahi, Sub Koordinator Rehabilitasi BNN Kota Cimahi, Penyidik BNN Kota Cimahi. Serta diikuti oleh peserta dari jurnalis yang tergabung dalam organisasi media se-Kota Cimahi.

Acara workshop ini diawali dengan kebijakan Kepala BNNK Cimahi terkait program kota tanggap Narkoba, dan di akhiri dengan pemberian materi panel pengetahuan permasalahan Narkotika.

Workshop penguatan kapasitas insan media mendukung Kota Cimahi tanggap ancaman Narkoba, sebagai Kepala BNN Kota Cimahi Ivan Eka Satya menyebutkan, peserta yang diundang dalam workshop ini terdiri dari komunitas wartawan diantaranya IJTI Kota Cimahi, PWI Kota Cimahi, KKJN Kota Cimahi, dan Forwatch.

“Saya berharap insan pers menjadi agen dalam sosialisasi anti narkoba. Nantinya yang terdaftar di BNN akan dilengkapi rompi khusus,” katanya.

Menurut Ivan Eka Satya kebijakan dan strategi dalam mewujudkan Kabupaten/Kota Tanggap Ancaman Narkoba atau disingkat KOTAN ini merupakan upaya pengayaan orientasi visi pembangunan kota berkelanjutan dan berdaya saing.

Ivan Eka menyebutkan kebijakan tentang Indek Kota Tanggap Ancaman Narkoba (IKOTAN) suatu kebijakan yang mendorong arah berbagai sektor pembangunan di wilayah kabupaten/kota berorientasi pada upaya mengantisipasi, mengadaptasi, dan memitigasi ancaman Narkoba,

“Kami berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat tentang Program Kota Cimahi Tanggap Narkoba, begitupula dukungan dari para media,” ujarnya.

Sementara, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat menyebutkan peran media dalam pemberantasan narkoba menjadi sumber informasi bagi masyarakat, sumber terpercaya, pemecah informasi bohong (Hoax Buster) terkait narkoba.

“Dan menjadi ujung tombak bagi masyarakat akan bahaya narkoba. Selain itu juga peran media sebagai memberi informasi terkait narkoba,” sebutnya.

Disamping itu juga, Kadiskominfoarpus Kota Cimahi Mochamad Ronny menyampaikan pemaparan sebagai bentuk kolaborasi Diskominfo Kota Cimahi bersama BNNK Cimahi dalam penyebaran Informasi dan Kehumasan untuk mensukseskan Kota Cimahi Tanggap Ancaman Narkoba.

“Hal ini sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 yang Mengintruksikan Bupati/Walikota Melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekusor Narkotika Tahun 2020-2024,” paparnya.

(Ttg)