“Gunung dan Seruling” Ciri khas Alam Tatar Sunda

oleh -145 views

SUARAMUDA.co.id,-Alam Tatar Sunda memiliki ciri khas dengan memiliki banyak kawasan pegunungan dan sungai-sungai yang bersumber mata air mengalir dari puncak-puncak gunung tersebut.

Dahulu, Gunung dan kawasan pegunungan itu begitu disakralkan oleh masyarakat Sunda bihari. Gunung itu dipercaya tempat bersemayam atau tinggal para leluhur agung dan para ruh dengan berbagai jenis dan tingkatan kemistikannya yang bersama manusia menjaga alam dan menjaga kabuyutan sebagai pusat spiritual dan eksistensi masyarakat dan kebudayaannya.

Bukti-bukti arkeologi membuktikan hal itu, diantaranya bukti yang menunjukkan berbagai lokasi situs purbakala yang ditengarai sebagai tempat ritual dan tempat para leluhur Sunda awal berada dan berakhir disana.

Adanya “batu satangtung atau menhir atau lingga yang biasanya bersamaan terdapat batu ngampar atau yoni” secara arkeologi atau paleoantropologi dimaknai sebagai bukti budaya spiritualitas yang sudah tertanam sejak sebelum pengaruh sistem kepercayaan yang datang dari bangsa luar Sunda.

Budaya spiritualitas itu berkembang dan terimplementasikan dalam perilaku religius masyarakatnya. Perilaku religius masyarakat Sunda bihari itu lalu diinternalisasikan mulai dari keluarga hingga masyarakat dalam ruang lingkup luas, sehinnga menjadi suatu adat dan tradisi serta hukum adat atau pikukuh yang menjadi pedoman hidup masyarakat pada masa itu.