Mau Dibawa Kemana Arah Perahu Bangsa Ini?

oleh -125 views

SUARAMUDA.co.id,-Hari ini, bangsa Indonesia melangkah pada jejak masa ke-76 tahun kemerdekaan Bangsanya. Sudahkah seluruh elemen bangsanya benar-benar menyadari makna dan arti penting suatu kemerdekaan bagi suatu bangsa yang selama ratusan tahun dijajah bangsa asing? Ratusan tahun bukan waktu yang singkat hanya sekejap mata.

Mau Dibawa Kemana Arah Perahu Bangsa Ini?.

Kalau sejenak seluruh rakyat bangsa ini merenung dan membayangkan, dahulu di kala penjajahan kolonialisasi dan imperialisasi bangsa asing yang ingin terus mencengkram dengan syahwat kekuasaannya untuk menghisap dan mengeruk kekayaan bumi Pertiwi dan menumbalkan rakyat Nusantara sebagai budak-budak jajahannya.

Dikala itu, kakek, nenek, dan leluhur bangsa ini mencucurkan keringat perjuangan tak berkesudahan, menyiram bumi Pertiwi dengan tumpahan air mata, dan merengkuh, memeluk bumi ini seraya menggetarkan doa pengharapan kemerdekaan dan kehidupan yang damai dan sejahtera bagi anak cucu generasi penerus bangsanya.

Hingga kini, terlahir sudah jutaan penduduk bangsa yang sedang merayakan peringatan kemerdekaan bangsanya sebagai buah karya perjuangan dan doa para leluhur Kusumah hangsanya.

Masihkah ada getar spirit patriotisme nasionalis dan harapan serta doa para leluhur bangsa ini di relung batin segenap rakyat dan para pemimpin negeri ini hingga hari ini?

Bangsa ini terlahir sebagai generasi pejuang, bukan pecundang. Meski kala itu pun banyak para penjilat dan komprador serta kolaborator yang bermuka dua dan mencari selamat atau untung dari penguasa kolonial yang sesekali seolah berjuang bersama rakyat, padahal mereka justru merupakan para penghianat bangsa.

Bahkan kemudian terus menerus membuat ulah manakala sebagian besar penduduk bangsa ini di awal kemerdekaan sedang menata diri, berbenah diri mengisi kemerdekaan dengan tujuan membangun perdamaian dunia, justru mereka membuat gerakan-gerakan separatis yang merongrong keutuhan NKRI yang jauh hari sejak tahun 1928  berikrarnya para tokoh pemuda Nusantara dalam satu janji sumpah kebangsaan dengan sebutan Sumpah Pemuda; Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa Indonesia sebagai pengikat keragaman budaya bangsa.