• Minggu, 22 Mei 2022

Syarif Hidayatullah: Politik Lokal DKI Jakarta Lebih Dinamis

- Rabu, 26 Januari 2022 | 12:39 WIB
Syarif Hidayatullah: Politik Lokal DKI Jakarta Lebih Dinamis
Syarif Hidayatullah: Politik Lokal DKI Jakarta Lebih Dinamis

Suaramuda.co.id, - Karena tak banyak mengkritik kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adi Prayitno Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, politik lokal DKI Jakarta lebih dinamis daripada tingkat pusat. Hal ini dalam sejumlah kebijakan yang dibuat seperti UU Cipta Kerja, revisi UU KPK, hingga pengesahan UU IKN. Dalam diskusi Total Politik di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Adi menyebutkan politik tingkat pusat adem ayem dan menjunjung sami'na wa atho'na.

 Baca Juga: Sederhana Tidak Akan Membuat Hidupmu Rendah Derajatnya

Adi mengaku lebih menikmati proses politik di Jakarta karena Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memainkan peran sebagai oposisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, saat mereka konsisten menagih sejumlah janji kampanye yang dilakukan Anies Baswedan dan mengkritik kinerjanya.

 Baca Juga: Liburan Melonjak Saat Tes Perjalanan, Covid di Inggris Dihentikan

Mengutip laman CNN Indonesia, "Ketika IKN misalnya, tiba-tiba Demokrat yang di luar partai setuju, kan enggak masuk akal. Ketika UU Cipta Kerja banyak partai politik setuju, ketika UU Pemilu baru mau dibahas semua partai setuju tidak dilanjutkan," ujarnya.

 Baca Juga: KARYA BHAKTI BABINSA KORAMIL 0622-10 PABUARAN MEMBANGUN JALAN LINGKUNGAN DESA BANTARSARI

Karena itu, menurut Adi, sistem demokrasi ini hanya sebuah nama di Indonesia. Pada pelaksanaannya yang berjalan hanyalah sistem monolitik. Adi juga menyoroti sikap Demokrat yang bermain dua kaki dan cenderung bermain aman saja. Meski partai berlambang Mercy itu melancarkan kritik keras yang terkait sejumlah kebijakan, saat pembahasan UU IKN mereka tidak bersuara.

 Baca Juga: Gabadinho Mhango membawa Malawi Mimpin

"Agak bingung sebenarnya membaca tentang politik Demokrat, tahun-nya selalu main dua kaki, dan selalu ingin cari aman," ujar Adi.

Halaman:

Editor: Mas Bons

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Politikus Amien Rais Ingatkan Presiden Jokowi

Selasa, 15 Maret 2022 | 18:54 WIB

Terjadi Kebakaran 39 Rumah Warga Hangus

Senin, 14 Maret 2022 | 09:53 WIB

Menag Sebut Label Halal MUI Tak Berlaku Lagi

Sabtu, 12 Maret 2022 | 23:09 WIB
X