• Minggu, 22 Mei 2022

Dua Desa di Maluku Bentrok

- Rabu, 26 Januari 2022 | 17:33 WIB
Bentrokan dua desa di maluku rumah penduduk dibakar
Bentrokan dua desa di maluku rumah penduduk dibakar

Suramuda.co.id,-Terjadi bentrokan antar dua desa Kariu dan desa Ori, Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Malteng. Pada Selasa (25/01/2022).

Bentrokan tersebut diduga dipicu akibat sengketa lahan dengan Kronologi kejadian sebagai berikut.

Selasa tanggal 25 Januari 2022 sekitar pukul 15.00 Wit, telah terjadi adu mulut oleh beberapa warga Desa Kariu dengan warga Dusun Ori Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Malteng.

Baca Juga: Bertolak ke Maluku Utara, Presiden Akan Resmikan Terminal Bandara Kuabang dan Tinjau Vaksinasi Massal

Kejadian tersebut yang mengakibatkan terjadinya konsentrasi massa oleh kedua Desa di perbatasan Desa Kariu dan Dusun Ori, akibat salah paham terkait dengan batas tanah di Jembatan O'oruku Dusun O'Oruku.

Warga Dusun Ori Abdul Karim Tuanakotta (45) ASN Camat Pulau Haruku, Dusun Ori Kecamatan Pulau Haruku. Dan warga Desa Kariu Bernadus Leatomu (64) Alamat Desa Kariu Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Malteng.

Menurut keterangan dari warga yang bernama Ibu Nurjanah Nurlete bahwa Korban Abdul Karim Tuanakotta mendapat amanat dari Camat Pulau Haruku, bahwa lahan berlokasi dibawah sekolah Alhairiyah (Ori) yang dijadikan kebun oleh warga Kariu itu bukan milik orang Kariu.

Baca Juga: Ciamis Membara Akibat Bentrok Ormas Pemuda Pancasila dan Gibas

Pada Pukul 14.30 Wit, terjadi adu mulut terkait lahan tersebut dengan beberapa warga, salah satunya Bernadus Leatomu (64) Alamat Desa Kariu Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Malteng, kemudian dijawab bahwa "Ale Punya Dasar Apa, Kalau Ale Seng rasa Puas lapor Beta Ke Pengadilan".

Aparat Keamanan langsung turun ke TKP, Babinsa, Bhabinkantinmas, Anggota Satgas Pos Ramil, dan anggota Polsek Pulau Haruku dan langsung merelai kedua Desa.

Sampai saat ini permasalah tersebut sudah ditangani oleh Polda Maluku juga sudah menurunkan pasukannya untuk proses pengamanan di lokasi kejadian. Polsek Pulau Haruku, Koramil 1504-07/Haruku dan Satgas Pos Ramil Pulau Haruku, situasi di TKP aman terkendali.

Baca Juga: Dua Ormas di Kota Medan Kembali Bentrok

Terjadi bentrokan antar dua desa Kariu dan desa Ori, Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Malteng, puluhan rumah terbakar.


Disinyalir, pemicu permasalahan tersebut akibat dari sengketa lahan yang sudah lama belum terselesaikan antara di Desa Kariu dengan Dusun Ori Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah

Akibat dari bentrokan tersebut beberapa rumah terbakar. Serta satu anggota Polsek Pulau Haruku berinisial Briptu FH dilaporkan mengalami luka tembak dan harus dilarikan ke RS Bhayangkara Tantui Ambon.

Dikutip dari viva.co.id pada Rabu (26/1/2022), kedua pipi Briptu FH tertembus peluru dari perbuatan orang tak dikenal.

Baca Juga: Inilah Alasan Presiden Jokowi Putuskan Nama Baru Ibu Kota

"Kedua belah pipi korban tertembus peluru akibat perbuatan orang tak dikenal, ketika terjadi bentrokan antara warga Dusun Ori dan Kariu, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah," kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, Iptu I. Leatemia di Kota Ambon.

Kapolresta Pulau Ambon Kombes Pol Raja Arthur Lumongga bersama Dandim 1504 Pulau Ambon, Kol (Inf) Ch. Soumokil telah melakukan kunjungan mendadak ke Pulau Haruku.

"Kalau menyangkut pengiriman pasukan keamanan untuk menambah kekuatan personel Polres Pulau Haruku sementara disiapkan," ucap Leatemia.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Jangan Ada Lagi Sekolah Minta Tanda Tangan Orang Tua/Wali Murid

Bentrokan antar warga dua desa bertetangga ini juga telah menyebabkan sejumlah rumah penduduk di Desa Kairu terbakar.

"Untuk laporan kronologis terjadinya pertikaian ini belum disampaikan pihak Polsek ke Maploresta," ujarnya.

Seorang warga Desa Kariu berinisial JL juga dilaporkan mengalami luka di bagian punggung oleh dua orang pelaku pada Selasa (25/1) dan sementara menjalani perawatan medis di RS Bhayangkara Tantui Ambon.

Editor: Admin Suara Muda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Politikus Amien Rais Ingatkan Presiden Jokowi

Selasa, 15 Maret 2022 | 18:54 WIB

Terjadi Kebakaran 39 Rumah Warga Hangus

Senin, 14 Maret 2022 | 09:53 WIB

Menag Sebut Label Halal MUI Tak Berlaku Lagi

Sabtu, 12 Maret 2022 | 23:09 WIB
X