Doa Penglaris Dagangan yang Ampuh & Sesuai Syariat

Emir Al May 5, 2024

Doa penglaris dagangan adalah doa yang diucapkan dengan maksud untuk menglariskan dagangan. Berdagang adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk menghasilkan rezeki.

Berdagang merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW untuk mendapatkan rejeki. Berdagang kini menjadi salah satu profesi yang digemari karena fleksibel dalam hal jam kerja dan juga untung rugi.

Ketika berdagang, mendapatkan untung dan juga rugi adlaah hal yang wajar, dan ketika mengalaminya kamu harus bersabar dan berlapang hati, tidak langsung sedih dan menyerah. Sebagai umat Islam, kamu dianjurkan untuk membaca banyak doa yang akan membantumu untuk memperlaris dagangan yang kamu jajakan agar daganganmu laris dan habis terjual.

Tidak perlu khawatir jualanmu tidak laku karena Allah sudah pasti memberikan rezeki kepada seluruh umatnya. Tentu kamu harus sering juga berdoa kepada Allah sebagai salah satu cara kamu berkomunikasi kepada-Nya, dlaam konteks ini dengan maksud untuk Allah membantu melariskan daganganmu.

Macam-Macam Doa Penglaris Dagangan yang Tidak Melanggar Syariat Islam

Agar membantu melariskan dagangan, diperlukan usaha dan doa. Doa yang bisan kamu panjatkan sangatlah banyak. Di bawah ini beberapa doa penglaris dagangan yang bisa kamu hafalkan dan amalkan :

1. Doa untuk Menarik Pembeli agar Laris

Sesuai dari namanya, doa ini memiliki maksud dan tujuan untuk menarik pembeli datang menuju tempatmu berjualan dan membeli daganganmu sehingga daganganmu menjadi laris dan terjual habis. Doa ini sangat mudah dan berguna untuk kamu hafalkan dan amalkan. Berikut doanya :

نَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Inna Nahnu nazzalna adz zikra wa inna lahu lahafidhun”

Yang memiliki arti :

“Sesungguhnya kami telah menurunkan Al-Qur’an dan sesungguhnya Al-Qur’an telah dijaga”

Agar amalan yang kamu ucapkan lebih baik dan lebih ampuh, kamu bisa melafalkan doa di atas dan melakukan hal-hal di bawah ini :

  1. Melakukan sholat tahajud dengan khusyuk dan dikerjakan di tempat yang tenang.
  2. Setelah melakukan sholat tahajud, duduk berila dan atur nafas dengan baik sampai pikiranmu menjadi tenang.
  3. Pusatkan pikiranmu kepada Allah SWT.
  4. Baca doa penglaris di atas sebanyak 111 kali
  5. Lakukan amalan ini secara rutin setiap harinya, insyaAllah daganganmu akan laris.

Tentunya untuk membuat daganganmu laris, kamu tidak bisa hanya berdoa saja. kamu harus mengeluarkan usaha yang maksimal juga. Jadi kuncinya adalah ikhtiar yang dibarengi dengan doa untuk melariskan dagangamu.

Baca juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Bulan Ramadhan (Arab & Latin)

2. Doa Penglaris Dagangan dan Terhindar dari Kerugian

Di bawah ini juga ada doa yang selain melariskan dagangan juga membantu kamu agar terhindar dari kerugian. Doa ini bisa sangat membantu kamu, oleh sebab itu yuk simak doa di bawah ini :

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Alloohumma inni as-aluka an tarzuqoni rizqon halaalan waasinan thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka a-laa kulli syaiin qodiir”

Yang memiliki arti :

“Ya Allah aku minta pada engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnnya engkau kuasa atas segala sesuatu”

Doa di atas sangat berguna untuk kamu hafalkan sehingga daganganmu bisa laris dan juga bisa membuatmu terhindar dari kerugian.

3. Doa Penglaris Dagangan agar Terhindar dari Godaan Setan

Sebagai pedagang, kamu akan sedih bila daganganmu tidak laku. Namun sebagai umat islam, kamu harus selalu ber husnudzon kepada Allah SWT walaupun sedang ditimpa ujian. berikut adalah doa penglaris dagangan yang membuatmu terhindar dari godaan setan :

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbighfirli wa habli mulkal la yambaghi liakhadin mim ba’di, innaka antal wahhab.

Yang memiliki arti :

” Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

4. Doa Penglaris Dagangan agar Memiliki Hati Tabah dan Kuat

Doa penglaris ini dibaca agar Allah membantu kamu dalam berdagang dan mealriskan dagangan kamu. Suatu hal yang lumrah mengalami untung dan rugi dalam sebuah perdagangan. Hal itu memang sangat wajar untung orang yang sedang berdagang. bahkan sebuah pedagang sukses pun pernah merasakan kerugian.

Walaupun begitu, kamu tidak usah sedih dan khawatir, selain berusaha kamu juga bisa mengamalkan doa ini :

Allahumma’thif wa khabbib quluba auladi adama wa banati khawwaa kabirihim wa shaghirihim inatsihim wa dzukurihim wa aswadihim wa abyadlihim fi dukkani khamili hadzal kitabi bikhaqqi hadzihil asmai wal ayati khodli’ina dzallina shaghirinaa thoi’ina ajma’ina bikhaqqi rabbil ‘alamin.

Yang memiliki arti :

” Ya Allah, lembutkan dan buatlah senang hati para putra Adam dan putri Hawa, baik yang dewasa maupun yang kecil, yang perempuan maupun yang laki-laki, yang hitam maupun yang putih, pada toko pembawa tulisan ini dengan keberkahan nama-nama dan ayat-ayat ini dalam keadaan tunduk, kecil, dan patuh semuanya dengan hak Tuhan semesta alam.”

5. Doa Penglaris Dagangan Sunnah Nabi Sulaiman AS

Selain doa-doa di atas, ada juga doa penglaris dagangan yang diucapkan oleh nabi Sulaiman dan bisa kamu amalkan juga. Berikut doanya :

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

Fa tabassama dhahikam min qauliha wa qala rabbi auzi’ni an asykura ni’matakallati an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa an a’mala shalihan tardhahu wa adkhilni birahmatika fī ‘ibadikash-shalihin

Yang memiliki arti :

Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, “ Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

Berbagai Amalan-Amalan Doa Penglaris Dagangan yang Bisa Dihafalkan

Berbagai Amalan-Amalan Doa Penglaris Dagangan yang Bisa Dihafalkan

Agar doa kamu menjadi lebih ampuh dan mantep nih, ada amalan-amalan yang bisa kamu amalkan untuk mendukungnya. Berikut adalah amalan-amalannya :

  1. Kamu bisa melantunkan shalawat sebanyak 100 kali setelah kamu melaksanakan sholat.
  2. membaca sholawat juga di setiap setelah sholah Shubuh dan juga ditambah dengan Surat Al Waqi’ah.
  3. Bayangkan harapan kamu ketika sedang berdoa dan baca sebayak 7 kali sebelum kamu tidur.
  4. Jika kamu memiliki sebuah keinginan, maka ucapkanlah hal tersebut sebanyak 100 kali dan baca doa minimal 3 kali atau 11 kali setelah sholat.
  5. Baca doa ini setiap malam Jum’at.
  6. Kerjakanlah sholat istikhoroh sebanyak 100 kali.
  7. Baca doa penglaris sebanyak 313 kali saat tengah malam untuk mendapatkan pekerjaan.

inilah beberapa amalan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berdoa dan membaca sholawat. Perlu diingat bahwa semua doa bisa terkabul dan bermanfaat atas izin Allah. Jadi niatkanlah selalu lillahi ta’ala.

Waktu yang Bisa Dikatakan Mujarab untuk Melakukan Berdoa

Waktu yang Bisa Dikatakan Mujarab untuk Melakukan Berdoa

Selain untuk mengetahui tentang doa agar mebuat wajah kamu bercahaya dan juga disukai banyak orang, kamu juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk berdoa agar doa kamu dapat diijabah oleh Allah SWT. Inilah waktu-waktu terbaik untuk kamu berdoa :

1. Setelah Menjalankan Sholat Fardhu

Waktu terbaik pertama yang bisa kamu guanakn untuk berdoa dan membuat doamu lebih ampuh adalah ketika setelah menjalankan sholat fardhu. Sepeti yang telah diriwayatkan pada Imam Tirmidzi pada haditsnya.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ 

Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).

2. Saat Selesai Adzan dan Iqomah

Waktu terbaik yang lain adalah dikerjakan ketika selesai adzan dan iqomah. Hal ini seoerti yang diriwayatkan pada hadits di bawah ini :

الدُّعَاءُ لَا يُرَدُّ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ

Artinya: “Doa yang dipanjatkan di antara azan dan iqamah tidak ditolak.” (H.R Tirmidzi, Daud, dan Nasai).

3. Ketika sepertiga malam

Pasti kamu sudah tau yang satu ini, doa yang diucapkan dan dipanjatkan di sepertiga malam. Ketika kamu selesai menjalankan sholat tahajud, Allah akan mengabulkan doamu.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ 

Artinya: “Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa`alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. Tirmidzi).

Baca juga: Contoh Gurindam Terlengkap Dari Berbagai Tema Menarik

Artikel Terkait