Ide Jualan Di Bulan Puasa yang Kekinian Dengan Modal Kecil

Peter Ariansyah June 1, 2023

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan penuh berkah dimana biasanya kegiatan jual beli akan jauh lebih ramai dibanding bulan sebelumnya. Banyak orang yang mencari ide jualan di bulan puasa yang membuktikan bahwa pada bulan ini memang pintu rezeki sangat dibuka dengan lebar oleh Yang Maha Kaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab dagangan akan selalu laris pada bulan ramadhan adalah waktu berbuka yang pada sore harinya banyak orang mencari takjil. Mulai dari remaja hingga orang tua berbondong-bondong mencari jajanan untuk melakukan berbuka puasa bersama keluarga.

Hal ini didukung dengan orang-orang Indonesia yang memang sangat suka jajanan. Sehingga ketika menahan rasa lapar karena puasa seharian penuh membuat kita ingin berbuka dengan makanan dan jajanan favorit. Jadi, mencari takjil ini juga menjadi salah satu tradisi yang mungkin harus dilakukan oleh sebagian orang.

Dengan adanya tradisi mencari takjil ini juga meningkatkan usaha para pedagang untuk berjualan makanan-makanan unik dan biasanya sering dicari pada bulan ramadhan. Nah, bagi pembaca yang penasaran dengan makanan-makanan unik apa yang cocok untuk untuk menu berbuka dan selalu dicari, simak pembahasan berikut.

Berikut Ide Jualan Di Bulan Puasa yang Banyak Dicari Untuk Menu Berbuka

Banyak orang yang memanfaatkan momen ramadhan ini untuk menjual sesuatu baik untuk sahur maupun berbuka puasa. Ide-ide jualan di bulan puasa sudah mulai bermunculan menjelang ramadhan yang seperti diketahui bahwa pada bulan suci ini banyak orang berburu takjil untuk dinikmati saat berbuka.

Momen ini sangat dimanfaatkan oleh para pedagang bahkan banyak orang yang tiba-tiba menjadi pedagang takjil guna mencari penghasilan tambahan. Sehingga tak heran lagi jika kita melihat banyak penjual takjil yang berada di sepanjang jalan setiap sore hari menjelang adzan maghrib atau berbuka puasa.

Untuk berjualan pada bulan ramadhan sendiri tidak mesti memiliki modal yang besar untuk memulainya. Banyak jajanan-jajanan yang dapat dibuat dari rumah dengan segala keunikan dan kreasi masing-masing. Dengan begitu, dagangan yang dijajakan akan memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembeli.

Pada artikel ini kami sudah merangkum beberapa ide jualan di bulan puasa yang sangat cocok dan tidak memiliki modal besar. Bagi para pembaca yang merasa penasaran dengan hal tersebut, maka berikut ini beberapa ide jualan dengan modal kecil yang telah kami rangkum melalui pembahasan di bawah ini.

Baca Juga : Surat Shad Ayat 54 Tulisan Arab Dan Latin Beserta Artinya

1. Es Susu Kurma

Es Susu Kurma

Ide jualan pertama yang kami rekomendasikan adalah es susu kurma. Dimana kurma sendiri menjadi salah satu makanan yang dianjurkan saat berbuka puasa. Terlepas dari itu, bahan utama yang digunakan untuk membuat ide jualan ini juga cukup mudah ditemukan pada saat-saat bulan ramadhan.

Sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai usaha kecil-kecilan ketika bulan puasa datang. Terlebih, minuman yang segar-segar juga menjadi incaran banyak orang karena menjalankan puasa seharian penuh tentunya terasa sangat dahaga.

Untuk bahan yang digunakan para ide jualan ini sendiri memiliki 4 bahan dasar. Diantaranya adalah kurma, susu, gula pasir, dan es batu. Semua bahan tersebut bisa dicampur menjadi satu lalu diblender hingga hancur. Terakhir bisa tambahkan jeli ataupun keju sebagai topping dari ide jualan yang satu ini.

2. Tahu Walik

Tahu Walik

Tahu Walik adalah salah satu olahan tahu yang sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan lezat. Jajanan ini sempat populer di Indonesia karena keunikannya dan rasa yang cukup berbeda dengan olahan tahu lainnya. Meskipun begitu, makanan ini sangat cocok untuk dijadikan ide jualan di bulan puasa.

Bahan yang dibutuhkan untuk makanan ini sendiri cukup sederhana dan mudah ditemukan. Seperti misalnya tahu kopong yang dibalik dan digoreng lalu ditambah dengan bumbu kacang ataupun saos. Makanan ini juga bisa ditambah dengan adonan bakso sehingga membuatnya menjadi lebih lezat.

Jajanan ini bisa dijual dengan harga Rp 1.000 atau menyesuaikan dengan bahan-bahan yang digunakan. Tentunya menu jajanan ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai ide jualan. Oleh karena itu, segera cari resepnya dan lakukan praktekknya.

3. Jalangkote

Jalangkote

Ide jualan di bulan puasa berikutnya adalah jalangkote yang merupakan kuliner khas Makassar. Sebenarnya makanan ini memiliki bentuk serupa dengan makanan yang sering disebut dengan pastel. Sehingga kedua makanan ini bisa dibilang sama namun perbedaannya hanya terletak pada penyebutannya saja.

Jajanan ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu ide jualan karena bahan yang digunakan dalam pembuatannya mudah dijangkau. Seperti misalnya tepung terigu, margarin, minyak, kentang, wortel, tauge, soun, daun bawang, dan bumbu lainnya.

Isi dari jajanan ini sendiri bisa diubah sesuai dengan toping yang disukai oleh banyak pelanggan. Dengan adanya isian yang beragam ini akan membuat jalangkote menjadi lebih menarik dan banyak yang melirik. Oleh karena itu, segera pelajari resep pembuatannya untuk di jual pada bulan puasa nanti.

Baca Juga : Resep Ayam Goreng Bawang Putih Crispy yang Lagi Viral

4. Salad Buah

Salad Buah

Salad Buah sendiri merupakan salah satu makanan yang sangat menyegarkan. Jajanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai ide jualan di bulan puasa karena memiliki daya tarik tersendiri. Seperti dengan namanya, makanan ini terdiri dari berbagai buah-buahan segar dan manis-manis.

Dimana biasanya adalah buah-buahan seperti buah naga, strawberry, semangka, pir, apel, melon, yang dilumuri dengan saus mayo dicampur dengan yogurt dan parutan keju. Sehingga membuat ide jualan ini semakin menarik dengan tampilan dan rasanya yang sangat menyegarkan untuk dijadikan takjil berbuka puasa.

Jajanan ini bisa dijual dalam satu box dengan harga Rp 15.000an atau sesuai takaran yang diinginkan. Perlu diketahui bahwa makanan ini amat sangat dicari oleh banyak orang di bulan puasa karena memiliki rasa yang unik dan menyegarkan.

5. Risol

Risol

Seperti yang kita ketahui bahwa risol belakangan ini menjadi jajanan viral karena kemunculan risol mayo. Jajanan ini bisa dijadikan ide jualan karena termasuk aneka gorengan yang cukup digemari khususnya pada bulan ramadhan. Sebenarnya makanan ini memiliki beragam variasi yang sesuai dengan isiannya.

Seperti misalnya risol original yang berisi sayuran, isian daging ayam, isian telur, mayones, hingga isian yang dicampur menjadi satu. Tentunya para pedagang bisa membuat usaha ini sesuai dengan yang diinginkan oleh para pelanggan.

Untuk harga bisa dijual mulai dari Rp 1.500, atau sesuai dengan isian dan ukuran yang diinginkan. Jangan lupa untuk memberi nama outlet yang unik agar menarik para pelanggan yang sedang mencari jajanan takjil untuk berbuka puasa. Dengan begitu, dijamin ide jualan yang satu ini akan laris dibeli pelanggan.

Baca Juga : Resep ES Lumut yang Menyegarkan + Cara Pembuatannya

Beberapa Ide Jualan Di Bulan Puasa Lainnya yang Memiliki Omset Besar

Beberapa Ide Jualan Di Bulan Puasa Lainnya yang Sering Hadir Menemani Waktu Berbuka

Jika rekomendasi ide jualan bulan puasa di atas dirasa kurang memuaskan dan kurang cocok untuk dijalankan, maka kami juga sudah menyediakan alternatif lainnya. Pada bagian ini kami akan memberikan beberapa ide jualan yang sering berada di pasaran pada bulan ramadhan dan cocok untuk menu berbuka puasa.

Menu-menu makanan pada bagian ini tentunya tidak kalah saing dengan menu jualan yang sudah kami sediakan di atas. Sebab makanan berikut ini selalu hadir dan memiliki peminat yang cukup banyak. Untuk mengetahuinya, berikut ini sudah kami sediakan beberapa makanan lainnya yang cocok menjadi ide jualan.

  1. Es Buah atau Sop Buah.
  2. Kolak Pisang.
  3. Aneka Gorengan.
  4. Dadar Gulung.
  5. Es Pisang Ijo.
  6. Es Kelapa Muda.
  7. Es Pallu Butung.
  8. Puding.
  9. Es Cincau.
  10. Es Cendol.
  11. Bubur Kacang Hijau.
  12. Pisang Nugget.
  13. Martabak Mini.
  14. Aneka Kue.
  15. Es Campur.
  16. Olahan Aci.
  17. Martabak Mini Telur.

Itulah beberapa rekomendasi ide jualan di bulan puasa lainnya yang cocok untuk dijadikan sebagai usaha kecil-kecilan. Untuk penjelasan beserta resepnya bisa langsung mencari melalui web browser Google. Setelah mendapatkannya, maka pembaca bisa langsung coba praktekkan dan jika berhasil bisa dijadikan sebagai usaha.

Artikel Terkait