Harga Uang Koin Rp1000 Kelapa Sawit, Apakah Bernilai Fantastis?

Dimas Tuladan March 2, 2024

Koin kuno semakin banyak dicari oleh para kolektor atau pecinta koin kuno. Mereka bersedia membayar lebih dari nilai nominal yang disebutkan untuk mendapatkan koin lama. Salah satu koin kuno yang paling dicari adalah koin 1.000 rupiah tahun 1996 yang diterbitkan dengan gambar kelapa sawit. Untuk harga uang koin RP1000 itu juga bervariasi, mulai dari ribuan rupiah hingga jutaan.

Berdasarkan pelacakan detikcom dari salah satu toko online Tokopedia, diketahui koin kuno tersebut saat ini dijual dengan harga Rp 4.500 per koin. Toko yang berlokasi di Jakarta Utara ini tercatat sebagai penjual uang kertas pecahan 1.000 rupiah kuno bergambar kelapa sawit sebanyak 31 kali.

Di e-commerce Tokopedia juga, uang kuno pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit ini dijual di banyak toko dengan harga mulai Rp 3.500. harga Rp 5.000/coin tergantung kondisi. Bahkan ada toko yang menjualnya seharga Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah).

Berikut Sejarah Tentang Uang Koin Rp. 1000 Kelapa Sawit

Uang pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit memiliki nama asli yaitu Uang Kertas Bank Indonesia 1993. Koin tersebut dikeluarkan pada 8 Maret 1993 dan sampai saat ini belum ada penerbitan oleh BI. Koin ini memiliki ciri-ciri berbentuk bulat pipih dengan berat 8,60 gram dan tebal 2,40 mm.

Logam luar atau perak diameternya 26mm, sedangkan logam dalam atau kuning diameternya 18mm. Ciri lain yang terlihat adalah tulisan “PALM PALM” dan “Rp 1000” di bagian belakang. Sedangkan pada bagian depan uang terdapat tulisan “BANK INDONESIA” dan lambang Garuda Pancasila.

Baca juga: Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari, Bisa Dari Rumah!

Ciri-Ciri Atau Kriteria Uang Kuno yang Memiliki Nilai Jual Cukup Mahal

kriteria

Bagi yang memiliki uang lama, seperti koin melati IDR kecil. 500, mungkin kamu juga bisa mencoba menjualnya di platform pasar. Namun perlu diingat bahwa tidak semua uang antik bisa dijual dengan harga tinggi. Berdasarkan informasi sebelumnya, ada dua hal yang mempengaruhi harga jual uang kertas lama, yakni tingkat kelangkaannya, semakin langka uang lama maka nilainya semakin tinggi.

Jadi hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi fisik uang tersebut. Selain kedua faktor tersebut, ada hal lain yang menarik perhatian para kolektor koin kuno, yang pertama adalah koin stempel jelek atau stempel jelek, yaitu koin yang cetakannya salah atau pecahan pecahannya salah.

Cacat moneter ini unik dan menarik bagi numismatik. Ada juga kolektor yang tertarik dengan nomor urut unik, seperti nomor urut tertentu atau kombinasi nomor yang dianggap cantik. Keunikan tersebut dapat meningkatkan harga jual uang lama secara online maupun offline.

Inilah Harga Uang Koin Rp.1000 Kelapa Sawit Tahun 1993 dan 1996 di Indonesia

harga uang 1000 rupiah

Saat ini, harga uang koin Rp1000 koin sawit per keping bisa dijual mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah. Kisaran harga ini bisa dilihat di situs jual beli online. Nah, jika dilihat dari berbagai platform jual beli, banyak sekali koin 1000 sawit yang dijual dengan harga ratusan juta, bahkan mencapai Rp300 juta untuk harga uang koin rp1000 per koinnya

Meski banyak pembicaraan di tahun 2018 bahwa koin-koin ini sudah tidak layak pakai lagi. Namun, Bank Indonesia membantahnya dan mengatakan bahwa uang masih menjadi alat transaksi yang layak. Namun pada kenyataannya denominasi kelapa sawit dari Rp. 1.000 masih terjual hingga saat ini, hanya saja keberadaannya cukup langka.

Oleh karena itu, banyak orang yang ingin menjualnya dengan harga yang fantastis. Lantas, apakah 1.000 koin sawit itu bisa dijual secara sah? Koin ini benar-benar bisa dijual. Sedangkan untuk harga uang koin rp1000 kelapa sawit ini sendiri memang belum ada patokan pasti.

Bank Indonesia juga mengatakan pembelian uang itu tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual. Sedangkan jika uang itu digunakan untuk bertransaksi, nilai nominalnya akan selalu sama. Juga bisa menukarkan uang lama (yang sudah tidak berlaku) di bank tetapi dengan pecahan yang sama.

Seorang kolektor koin kuno, apalagi yang sangat langka, akan rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan koin langka tersebut. Jadi, jika ingin mendapatkan harga tinggi, pastikan koin yang ditawarkan dijamin langka. Juga, akan lebih baik jika menawarkannya kepada kolektor koin kuno.

Beberapa Cara Mudah Untuk Menjual Uang Koin Rp. 1000 Kelapa Sawit

Cara Menjual Uang Koin Rp. 1000 Kelapa Sawit

Koin 1000 kelapa sawit dikeluarkan sejak 8 Maret 1993. Koin tersebut memiliki filosofi yang menggambarkan Indonesia sebagai penghasil kelapa sawit. Uang tersebut bergambar kelapa sawit dengan tulisan “KELAPA PALM” dan uang Rp. 1000″ di belakang.

Sedangkan pada sisi depan terdapat tulisan “BANK INDONESIA” dan lambang Negara Garuda Pancasila. Jual beli koin kuno bukan lagi hal yang asing sekarang dan banyak dilakukan oleh para kolektor. Salah satu tujuannya adalah untuk koleksi.

Saat ini koin-koin ini langka dan sangat didambakan oleh para kolektor barang antik. Jadi, jangan heran jika harganya naik. Jika kamu memiliki koin dan ingin menjualnya, berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.

1. Menentukan Harga Jual Berdasarkan Pasar

Sebelum menentukan harga jual, agar tidak merugi atau menjadi mahal, perlu dipastikan berapa harga jual koin tersebut di pasaran. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu rendah dan juga merugi. Sebaliknya, jika terlalu mahal tidak akan menarik pembeli.

2. Kunjungi Dealer Barang Antik

Untuk kalian pengoleksi barang antik bisa menemukan tempat yang menjual 1000 koin kurma di berbagai pedagang kaki lima, biasanya di pasar tradisional, pasar loak atau di sepanjang jalan. Penjual barang antik cukup mudah ditemukan di sini.

3. Dijual ke Kolektor Uang Lama

Cara menjual 1000 koin kurma ke kolektor sudah cukup untuk memberikan keuangan yang tinggi. Ambisi mereka untuk mendapatkan barang langka akan membuat mereka rela menyerah dengan harga berapa pun. Jadi, akan lebih baik jika bisa langsung menjualnya ke pengepul.

4. Temukan Komunitas Uang Kuno

Saat ini terdapat banyak komunitas kuno yang tersebar, maka dapat dengan mudah menemukannya melalui jejaring sosial. Kemudian, juga dapat menawarkan 1000 koin palem berikutnya ke komunitas barang antik. Nggak cuma jualan, kamu juga bisa ikut komunitas untuk berbagi informasi seputar barang antik. Kamu juga dapat membandingkan harga pasar barang langka.

5. Berjualan Melalui Media Sosial

Penawaran media sosial sekarang menjadi salah satu cara paling efektif dan mudah diakses untuk menjual 1000 koin kelapa sawit. Iklankan koin atau produk langka lainnya yang dimiliki. Jangan lupa sertakan tag postingan terkait agar lebih mudah ditemukan.

Beberapa Jenis Uang Koin Indonesia Lain yang Masih Dicari & Bernilai Fantastis

uang koin yang mahal

Koin rupiah lama tidak lagi digunakan tetapi bisa membuat kamu kaya dalam semalam. Lihat saja ramainya pasar yang menjual uang kuno dengan harga fantastis. Beberapa di antaranya adalah jenis uang berikut ini:

1. Rp. 25 Tahun 1996

Tahukah kamu bahwa pada tahun 1971 pemerintah Indonesia mengeluarkan uang dengan nilai nominal Rp 25 dalam bentuk perak?

Namun, BI belum menggunakan uang tersebut sebagai alat transaksi sejak 24 Juni 2012. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk menukarkan uang tersebut dalam batas waktu yang ditentukan. Siapa sangka, uang yang telah ditarik dari peredaran memiliki nilai yang tinggi dibandingkan dengan nilai nominalnya. Penjual Tokopedia, Lucian Skyberg Figure, pernah menjual koin kuno Rp 50 terbitan 1971 dengan harga Rp 450.000 per keping.

Meski tidak menemukan uang kertas 25 rupiah, perkiraan harga uang kertas tahun 1971 berada di kisaran itu.

2. Rp. 50 Tahun 1971

Koin kuno yang tak kalah menarik di mata kolektor lainnya adalah koin perak 50 rupiah. Uang yang dikeluarkan pada tahun 1971 itu bernilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per lembarnya.

3. Rp. 100 Tahun 1978

Koin Indonesia kuno bernilai tinggi adalah logam dalam pecahan Rp. 100 diproduksi pada tahun 1973. Koin ini memiliki nilai yang tinggi, yaitu Rp. 10 juta per koin.

4. Rp. 500 Tahun 1992

Koin kuno yang paling banyak dicari oleh para kolektor adalah uang kertas perak pecahan melati pecahan Rp 500. Meski sudah ditarik dari peredaran, harga per koin di situs jual beli online cukup tinggi. Harganya sendiri mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

5. Rp. 1000 Tahun 1993

Koin kuno yang paling banyak dicari para kolektor adalah koin Rp. 1.000 dengan gambar kelapa sawit. Uang ini dikeluarkan pada tahun 1993 dan saat ini masih digunakan sebagai alat pembayaran. Memang, Bank Indonesia (BI) belum mencabut peredarannya. Namun, keberadaan koin ini sulit ditemukan. Jangan kaget dengan harga uang koin rp 1000 kelapa sawit ini per koin Rp1000 dihargai Rp 100 juta per keping.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait