Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman yang Baik

Emir Al July 5, 2024

Untuk kamu yang baru lulus kuliah atau baru lulus SMA dan sedang menganggur atau fresh graduate, tentu hal yang paling kamu nantikan adalah tawaran pekerjaan. Apalagi jika pekerjaan yang ditawarkan memang benar-benar menjadi target kamu atau sesuai dengan minat kamu. Dengan begitu, memahami contoh CV fresh graduate adalah hal yang sangat tepat untuk dipilih.

Maka dari itu, langkah awal yang perlu disiapkan adalah CV atau curriculum vitae yang berfungsi sebagai tempat memperkenalkan diri dan mempromosikan diri ke perusahaan yang kamu tuju.

Memangnya Apa Sih CV itu?

CV, atau curriculum vitae adalah dokumen yang memberikan informasi tentang individu, pendidikan, dan riwayat pekerjaan. Membuat CV yang baik harus fokus pada akademisi dan pengalaman kerja. Namun, sebagai lulusan baru, tidak banyak yang memiliki pengalaman kerja. Tidak perlu minder dengan situasi tanpa pengalaman kerja.

Karena kamu tetap bisa membuat CV yang menarik meski tanpa pengalaman kerja. Tetapi untuk membuatnya, kamu mungkin perlu melihat beberapa contoh CV dari lulusan baru terlebih dahulu.

Baca juga: Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah & Lulus (Word, PDF)

Berikut Tips Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Supaya Dipanggil HRD

Berikut Tips Membuat CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Supaya Dipanggil HRD

Pastinya agar CV kita dilihat oleh HRD pada suatu perusahaan, kita harus membuat CV tersebut terlihat menarik terlebih dahulu. Sehingga HRD akan membaca CV yang kita kirimkan kepada mereka. Nah dalam membuat CV juga memiliki tahapan-tahapan yang membuat CV kamu baik dan menarik, berikut tips untuk kamu yang fresh graduate dalam membuat CV yang menarik.

1. Berikan Intorduction yang Menarik

Meskipun kamu tidak memiliki banyak latar belakang dan pengalaman kerja, kamu tetap perlu membuat kesan pertama yang baik. Bagian presentasi CV kamu ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk bersinar. Jangan biarkan diri kamu menulis “Hai, saya Angga. Saya mencari pekerjaan sebagai administrator media sosial” atau “Saya siap bekerja di bidang apa pun”.

Berikan kata-kata yang menunjukkan kepercayaan diri kamu sebagai lulusan baru yang layak diterima, meski tanpa pengalaman yang cukup. Di bawah ini adalah contoh kalimat yang dapat kamu gunakan di bagian pengantar CV lulusan baru kamu:

“Saya lulusan (IPK 3,7) sebagai sarjana (tulis gelar kamu). Dengan kemauan yang besar, bertanggung jawab atas pekerjaan saya dan cepat beradaptasi Saya yakin bahwa saya dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya.”

Dengan CV pengantar, perekrut sudah bisa memiliki kesan awal yang baik untuk kita. Jadi, jangan lupa sertakan juga IPK kamu jika diatas 3.0 agar bisa menjadi salah satu nilai tertinggi juga.

2. Tulis dengan Lengkap Informasi Pendidikan

Untuk CV lulusan baru tanpa pengalaman kerja, ada yang perlu ditambahkan. Maksudnya agar ada nilai tambah lain untuk kamu. Hal-hal yang biasanya tercantum dalam kolom informasi pendidikan adalah nama perguruan tinggi, jurusan, tahun kelulusan, dan IPK.

Selain itu, kamu dapat menyertakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu ikuti, kerja sukarela, kursus atau seminar, dan karya ilmiah kamu sendiri. Seperti berikut :

  • Sukarela atau kerja sukarela
  • Pengalaman organisasi
  • Menulis artikel untuk majalah sekolah
  • Menjadi event organizer untuk sebuah acara
  • Menjadi wali
  • Buat poster pensil untuk sekolah
  • Sertakan pekerjaan atau portofolio kamu
  • Pembuatan Konten Media Sosial (Content Creator)

Lantas, bagaimana jika kamu juga tidak aktif dalam kegiatan kampus?

Tetap tenang. Kamu tetap dapat menunjukkan keunggulan kamu dengan menyertakan sertifikasi dari seminar, kursus, atau kegiatan sukarela yang kamu ikuti selama kuliah. Pastikan yang kamu cantumkan masih berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar!

3. Tambahkan Kolom Prestasi dan Keterampilan

Tips lain yang bisa menaikkan profil kamu pada CV fresh graduate tanpa pengalaman ada di kolom prestasi dan keterampilan. Ketahuilah bahwa hasil yang akan kamu peroleh tidak akan sia-sia, nyatanya pada saat ini hasil tersebut benar-benar akan memberikan nilai yang lebih tinggi.

Bagian prestasi pada CV lulusan baru juga dapat menunjukkan sedikit karakter kamu dalam berorganisasi atau bekerja sebagai tim. Pada bagian kemampuan, coba sertakan berbagai kemampuan yang kamu miliki. Urutkan dari yang paling dikuasai hingga biasa-biasa saja. Dengan begitu, kamu tidak akan kalah dengan kandidat lainnya.

4. Tetap Jujur Tentang Diri Kamu

Jujurlah dalam segala hal yang kamu cantumkan di CV kamu. Kejujuran akan menjadi awal yang baik untuk karir kamu. Tidak perlu menambahkan hal-hal yang tidak perlu, tulislah apa yang cukup tentang kamu. Ketahuilah bahwa perekrut juga akan mengetahui siapa kandidat yang jujur ​​dan siapa yang tidak.

5. Siapkan CV yang Mudah Terbaca ATS

Saat ini sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan perangkat ATS untuk screening CV. Teknologi ini sering digunakan oleh perekrut untuk menyortir CV sebelum dibaca oleh mereka. Oleh karena itu, CV yang sesuai dengan ATS diperlukan agar kamu dapat lolos seleksi dan memiliki kesempatan untuk wawancara.

6. Gunakan ‘Active Voice’

Dalam setiap deskripsi yang kamu tulis, selalu gunakan “active voice” atau kalimat aktif. Baik untuk mendeskripsikan keterampilan, aktivitas, atau pencapaian.

Misalnya, pencapaian yang ditulis dalam kalimat “Berhasil meningkatkan jumlah pengunjung acara menjadi 1000 orang” akan lebih berdampak daripada kalimat pasif “Berhasil meningkatkan jumlah pengunjung acara menjadi 1000 orang”.

Sebagai contoh lain, kalimat “Saya merancang konsep iklan yang akan tampil di media sosial” akan lebih mudah dibaca daripada “Iklan yang akan tampil di media sosial akan saya rancang”.

Detail kecil ini akan membuat CV kamu lebih pendek dan jelas, meninggalkan kesan yang lebih positif dan membuat kamu tampil lebih “bertenaga”. Silakan periksa CV kamu lagi, ada kalimat pasif yang bisa diubah menjadi kalimat aktif.

7. Ubah CV Sesuai Kebutuhan

Sebagai fresh graduate yang rajin mengirimkan CV ke banyak perusahaan, kamu bisa mengubah atau “mengedit” isi CV kamu sesuai dengan tujuan kamu. Posting pekerjaan yang berbeda tentu juga membutuhkan kualifikasi yang berbeda. Ini tidak berarti bahwa kamu harus menulis ulang isi CV kamu (atau bahkan membuat bagian baru, eh), tetapi sesuaikan saja dengan kebutuhan perekrut.

Kamu dapat melakukannya dengan mengganti atau menambahkan detail (misalnya, di bagian keahlian atau pengalaman) yang lebih sesuai dengan kebutuhan lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Dengan CV yang lebih spesifik atau ‘dipersonalisasi’, kamu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dipanggil wawancara.

8. Be Honest

Sebagai lulusan baru, kamu biasanya memiliki pengalaman kerja yang minim. Jadi, tidak perlu minder lalu memalsukan data pengalaman kerja untuk lolos seleksi. Karena bisa saja, HRD yang nantinya membaca CV kamu akan memverifikasi kebenaran data atau meminta informasi saat proses wawancara. Jika kamu tidak jujur ​​dan ketahuan, ini akan menjadi masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja yang Terlihat Menarik

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja yang Terlihat Menarik

Nah, penjelasan di atas merupakan bagaimana kamu mempersiapkan CV untuk fresh graduate meski tanpa pengalaman kerja. Percayalah bahwa kamu masih bisa menjadi kandidat yang lebih berkualitas dan tetap dipertimbangkan oleh perusahaan yang kamu inginkan. Sebagai ilustrasi dan refrensi, berikut adalah contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja.

Tidak perlu bingung dan putus asa ketika menjadi fresh graduate dengan pengalaman minim. Kamu masih memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mengembangkan karir kamu.

Pengalaman kerja memang penting, namun bukan hal utama dan satu-satunya yang dapat membuat seseorang diterima bekerja di suatu perusahaan. Asah terus kemampuan kamu dan tunjukkan bahwa kamu adalah kandidat potensial yang mau terus belajar.

Jadi, tetaplah percaya diri dan ekspresikan semua kelebihan dan kemampuan kamu dalam CV kamu. CV kamu adalah representasi dari diri kamu, jadi buatlah semenarik mungkin, dan semangat!

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait