Cara Cek BPOM Kosmetik & Makanan Online Www.pom.go.id

Emir Al February 23, 2024

Penting sekali mengetahui bagaimana Cara Cek BPOM untuk kehidupan sehari-hari. Pasalnya banyak produk yang di gunakan untuk kecantikan dan kebutuhan lainnya yang beredar di masyarakat. Nah untuk memastikan itu semua baik untuk digunakan atau di konsumsi maka memerlukan cek BPOM.

Kita ketahui bersama, kalau produk-produk yang di gunakan baik itu yang masuk kedalam tubuh ataupun untuk kulit bagian luar tubuh harus memiliki standar. Nah standarisasi di Indonesia harus melalui uji BPOM untuk memastikan suatu produk tersebut aman untuk di gunakan.

BPOM sendiri merupakan singkatan dari Badan Pengawasan Obat dan makanan. Yah badan ini memiliki tugas yang sangat penting dimana harus mengawasi baik itu obat, makanan, kosmetik agar aman untuk di gunakan oleh para konsumen. Jadi semua produk yang beredar di masyarakat harus sudah teruji di BPOM.

Lantas bagaimana cara masyarakat diluar sana mengetahui apakah sebuah produk yang akan di gunakan sudah teruji dari BPOM? Lalu bagaimana bila produk-produk yang di gunakan tidak lulus uji BPOM? Kemudian apa yang akan terjadi jika produk yang tidak lulus uji BPOM sudah terlanjur di gunakan? Nah agar lebih jelas kami akan bagikan tutorial Cara Cek BPOM yang mungkin akan bermanfaat.

Apakah Semua Produk Kosmetik dan Makanan Harus Mendapatkan Izin BPOM?

Cara Cek BPOM

Kehidupan sehari-hari memang sangat identik dengan sebuah produk. Salah satu produk yang mungkin tidak akan terlewat ialah produk kosmetik. Yah baik wanita maupun pria mempunyai produk unggulannya masing-masing. Pasalnya cukup bervariasi pilihan kosmetik di Indonesia.

Setiap wanita ataupun pria pasti menggunakan produk kosmetik setiap harinya. Nah dari produk yang di gunakan tersebut bisa di pastikan akan menempel pada bagian kulit luar kita dalam waktu yang lama. Apalagi bagi wanita karir yang memiliki aktivitas diluar rumah selama berjam-jam.

Untuk itulah sebagai pengguna dari produk kosmetik tersebut kita di tuntut untuk selektif dalam memilih produk kosmetik yang akan di gunakan. Pasalnya setiap pengguna akan memiliki sensitivitas yang berbeda pada masing-masing kulit.

Perlu di ketahui jumlah produk kosmetik di Indonesia mencapai ribuan produk. Produk-produk tersebut ada yang berasal dari dalam dan luar negri. Jadi para pengguna kosmetik diharapkan benar-benar harus jeli saat ingin menentukan produk yang akan di gunakan.

Hal pertama yang harus di perhatikan bagi para konsumen yaitu memperhatikan izin edar dari setiap produk yang akan di gunakan. Konsumen harus mengetahui apakah produk tersebut sudah mendapatkan izin edar atau belum dari BPOM. Pasalnya jika sebuah produk sudah lulus uji, maka produk tersebut sudah aman untuk di gunakan oleh para konsumen.

Jadi hadirnya BPOM di tengah masyarakat menjadi sangat penting, pasalnya masyarakat bisa mengetahui berbagai produk yang mereka gunakan aman atau tidak untuk di gunakan. Ini juga akan membuat masyarakat menjadi semakin yakin dengan suatu produk tertentu.

Baca juga: Cek Info GTK 2023 Lewat Dapodik SSO & Kemdikbud (Online)

Masa Berlaku Izin Dari BPOM yang Sangat Wajib Untuk Diperhatikan Oleh Konsumen

Cara Cek BPOM

Perlu di ketahui kalau masa berlaku izin yang dikeluarkan oleh BPOM ini memiliki masa berlaku nya. Jadi jika ada yang berasumsi suatu produk tertentu dapat berlaku seumur hidup maka itu merupakan suatu kekeliruan. Ini artinya setiap produk dari perusahaan tertentu harus melakukan perpanjangan izin baru.

Lantas bagaimana cara melakukannya? Perusahaan harus mengurus dan menagjukan perpanjangan izin dan akan dilakukannya peninjauan ulang terkait bahan yang akan di gunakan. Ini dilakukan bertujuan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Lantas berapa lamakah masa berlaku yang di izinkan oleh BPOM ini khusnya untuk produk kosmetik? Izin yang di berikan oleh BPOM terkait produk kosmetik yaitu 5 tahun. Izin ini berlaku sejak dikeluarkannya izin dan dinyatakan aman di gunakan oleh BPOM.

Kita sebagai konsumen harus perduli dengan hal semacam ini, apalagi kalau yang di gunakan adalah produk kosmetik. Jika produk yang tidak ada izin BPOM tentu akan sangat bepotensi bagi para penggunanya. Pasalnya bila tidak kita, maka siapa lagi yang akan memperdulikannya.

Begini 2 Cara Cek Nomor BPOM Kosmetik Mudah Secara Online

Cara Cek BPOM

Setiap produk yang telah memperoleh izin dari BPOM tentu akan mempunyai nomor BPOM yang akan di cantumkan pada suatu produk tertentu. Nah nomor ini lah yang akan memudahkan masyarakat yang menggunakan suatu produk untuk mengeceknya.

Nah cara termudahnya adalah konsumen dapat melihat nomor BPOM dari produk yang di gunakan melalui kemasan produknya. Perlu diketahui bahwasannya kode dari BPOM ini akan terdiri dari 11 angka dan juga 2 huruf. Biasanya kode tersebut akan ada di bagian bawah kemasan suatu produk.

Jadi hal pertama yang bisa dilihat oleh konsumen adalah melihat adanya angka yang berlebih atau huruf yang kurang. Apabila tidak sesuai ketentuan yang ada, maka kita harus segera melakukan pengecekan terhadap produk tersebut. Pasalnya jika hal tersebut terjadi, bisa jadi menandakan kalau suatu produk tersebut belum mendapatkan izin BPOM.

Hal seperti ini sering kita temukan di tengah masyarakat, dan konsumen yang merasakan produk yang tidak berizin pun cukup banyak di Indonesia. Lantas bisakah masyarakat luas mengecek suatu produk tersebut aman atau tidak untuk di gunakan dan sudah memiliki izin BPOM atau belum?

Jawaban nya adalah bisa, yah konsumen bisa melakukan pengecekan terhadap suatu produk. Bahkan baik itu produk kosmetik, makanan, obat dll pun bisa dilakukan pengecekannya. Pasalnya ini bisa dilakukan oleh siapapun yang akan membuat mereka yakin dengan suatu produk.

Nah untuk pembahasan setelah ini kami akan membagikan tutorial bagaimana cara cek BPOM untuk mengetahui suatu produk yang akan di gunakan oleh konsumen sudah mendapatkan izin edar dari BPOM atau belum. Untuk itu simak tutorialnya berikut ini.

1. Cara Cek BPOM Secara Online

Cara cek BPOM secara online melalui website merupakan cara pertama yang akan kami bagikan. Dengan cara yang satu ini kamu tidak perlu melakukan login BPOM kalau hanya ingin mengetahui suatu produk yang akan di gunakan atau sudah di gunakan aman untuk digunakan atau sebaliknya.

Disini kamu hanya perlu mengunjungi situs dari Badan Pengawas Obat dan Makanan melalui browser yang sudah ada di smartphone masing-masing. Atau jika kamu sedang menggunakan komputer atau laptop itu bisa di gunakan juga.

Nah untuk langkah pengecekannya akan kami bagikan setelah ini. Pasalnya kami yakin ada diantara para konsumen yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengeceknya secara online melalui website nya. Untuk itu langsung saja ikuti tutorial berikut ini.

  1. Masuk ke browser pada perangkat yang di gunakan.
  2. Buka saja situs https://cekbpom.pom.go.id/.
  3. Cari lambang titik 3 pada menu yang tertera dan pilih produk.
  4. Terdapat beberapa pilihan yang bisa di pilih, namun untuk kesempatan ini pilih kosmetika.
  5. Lalu cari jenis produk, atau agar lebih mudah pilih Nama Produk lalu masukkan nama produk yang akan di cek.
  6. Kemudian data mengenai produk tersebut akan muncul disana.
  7. Atau bisa juga masukkan nomor yang sudah tersedia di kemasan produk tersebut.

2. Cara Cek BPOM Melalui Scan Barcode

Cara selanjutnya yang coba kami ulas yaitu melakukan pengecekan terhadap produk dengan menggunakan scan barcode. Untuk cara yang ini konsumen diminta untuk melakukan scan barcode yang letaknya berada di aplikasi BPOM Mobile.

Jika diamati setiap produk pasti terdapat barcode yang ada di kemasan. Biasanya letak dari barcode ini berdekatan dengan nomor izin nya. Cara ini akan lebih praktis dari yang sebelumnya. Jadi untuk mengetahui produk tersebut layak atau tidak bisa dilakukan pengecekan dengan mudah ya.

Hal yang perlu di persiapkan adalah mengunduh aplikasi BPOM mobile, namun jika belum memilikinya jangan khawatir. Konsumen bisa mengunduh aplikasinya di playstore maupun appstore. Nah kamu bisa melakukan pengecekan tanpa mengalami kendala.

Baca Juga:

Artikel Terkait