Cek Info GTK 2023 Lewat Dapodik SSO & Kemdikbud (Online)

Emir Al June 7, 2024

Cek Info GTK ini sendiri merupakan sebuatwebsite yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan informasi dari para guru tentang data yang sebelumnya mereka masukkan ke Dapodik.

Info GTK ini mungkin baru bagi para pendidik karena juga merupakan rencana Kementerian Pendidikan yang dimaksudkan untuk memfasilitasi pendataan dan masalah bagi guru dan pendidik.

Mungkin kamu yang membaca artikel ini ingin mengetahui apa itu data GTK dan apa saja isi dari data tersebut. Informasi GTK bukanlah hal baru bagi guru. Namun bagi orang lain, ini mungkin sesuatu yang baru, bukan?

Oleh karena itu suaramuda.co.id akan berbagi informasi kepada pembaca tentang cara verifikasi informasi GTK, termasuk hal-hal lain yang juga terkait dengan pembahasan ini.

Mengapa guru perlu segera memverifikasi informasi GTK ini? Sebelumnya, guru dan tenaga kependidikan harus memasukkan datanya ke Dapodik. Jadi, di Info GTK mereka bisa melihat hasil validasi dan data lainnya.

Semua informasi yang terdapat dalam informasi GTK ini muncul atau berasal dari data yang dimasukkan ke dalam Dapodik. Bahkan kamu pun juga harus tahu bahwa status dalam informasi GTK tidak berlaku selamanya.

Sebaliknya, status info GTK hanya berlaku selama 6 bulan dan mungkin perlu diperbarui oleh aplikasi Dapodik. Mengapa guru dan tenaga kependidikan perlu memverifikasi informasi GTK ini?

Tentunya para guru dan tenaga kependidikan ingin melihat hasil entry data yang telah mereka inputkan sebelumnya, karena ini sangat penting. Apa gunanya data GTK ini sehingga guru perlu mengecek seperti apa hasilnya?

Seputar Fakta Mengenai Cara Cek Info GTK

Info GTK adalah bentuk informasi elektronik yang digunakan oleh guru yang telah memiliki sertifikasi guru untuk memverifikasi apakah SKTP sudah diterbitkan atau belum.

Tidak hanya itu, dari informasi tersebut GTK juga dapat mengetahui apakah ada hal-hal yang perlu diatur agar penerbitan surat izin profesi menemui kendala.

Karena itu, pendidik PNS dan pendidik non-PNS harus sering memantau dan meninjau Info GTK. Dengan menggunakan cara yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pengumuman SK Penugasan Profesi ini berlangsung selama dua semester, tahap pertama dimulai Juli hingga Desember. Kemudian tahap kedua dimulai dari bulan Januari hingga Juni, sehingga Info GTK diupdate secara berturut-turut setiap semester.

Baca juga: Cara Cek Penerima BSU Tahap 7 2023 Dengan NIK (Online)

Berbagai Manfaat Dari Info Guru Dan Tenaga Kependidikan (GTK)

manfaat dari info guru dan tenaga kependidikan (gtk)

Selain informasi penting tentang NUPTN, seperti yang sudah kami dijelaskan di atas, kamu pun juga harusperlu mengetahui kelebihan GTK. Dan kami pun sudah meringkas seluruh daftar sebagai berikut:

  • Manfaat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang pertama adalah dapat memantau hasil input data di aplikasi Dapodik.
  • Keunggulan GTK yang kedua adalah kesalahan input data dapat langsung diperbaiki melalui operator sekolah yang bersangkutan.
  • Manfaat selanjutnya bagi GTK adalah dapat memantau tanggal posting SKTP dan pemberitahuan penugasan lainnya.

Begini Cara Cek Info GTK Lewat Dapodik (Online)

Begini Cara Cek Info GTK Lewat Dapodik (Online)

Setelah kamu mengetahui penjelasan apa itu informasi guru dan tenaga kependidikan. Sudah saatnya kamu mengetahui langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk memverifikasi informasi GTK.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan, antara lain:

  1. Untuk mengecek informasi GTK bisa langsung mengakses link sah informasi GTK dari Kemendikbud berikut ini: https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih menu “Login direct to GTK”. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman di mana kamu harus mengisi kolom “Akun PTK di Dapodik” dan juga “Password PTK di Dapodik”.
  3. Setelah kamu mengisi akun PTK yang terdaftar di aplikasi Dapodik, langkah selanjutnya adalah menunjukkan pada semester berapa kamu ingin mengecek informasi GTK dan memasukkan kode Captca yang disediakan.
  4. Jika kamu telah mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, silakan tekan tombol “Masuk” di bawah.
  5. Tunggu proses upload selesai dan jika berhasil maka akan muncul layar dibawah ini.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai bagaimana cara cek info GTK. Mudah-mudah apa yang sudah kami sampaikan ini sangat bermanfaat ya.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait