Cek NISN Dengan Nama Secara Online [Mudah]

Emir Al February 23, 2024

Suaramuda.co.id – Masih bingung bagaimana cara Cek NISN Dengan Nama? Tenang saja kami akan membagikan cara nya untuk para pembaca semua. Setiap siswa pasti mempunyai yang namanya NISN, pasalnya nomor ini sudah ada pada saat pertama kali para siswa mendaftar sekolah.

Akan tetapi buat pembaca yang membaca artikel kai, pasti ada diantara pembaca yang belum mengetahui apa itu NISN. Untuk itulah jangan sampai melewatkan pembahasan kami kali ini yang berkaitan dengan NISN. Bahkan kami juga akan membagikan bagaimana informasi penting lainnya seputar NISN.

Mengenal Apa Itu NISN

Cek NISN Dengan Nama

Jika diantara pembaca ada yang belum mengetahui singkatan dari NISN, maka NISN adalah sebuah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Yah hal ini memang sangat identik dengan siswa yang ada di seluruh Indonesia. Perlu diketahui bahwasannya seluruh siswa pasti memiliki NISN saat dia menginjak bangku SD.

Nomor Induk Siswa Nasional ini letaknya berada di bagian depan pada rapor yang akan di terima. NISN ini biasanya terdiri dari 10 angka yang berbeda setiap siswanya. Pasalnya setiap siswa memiliki nomor induk nya masing-masing. Jadi bisa diartikan kalau nomor induk ini hanya dimiliki oleh satu orang.

Bahkan penulisan 10 angka tersebut memiliki arti tersindiri loh. Misalnya saja 3 digit angka yang paling ujung, itu menandakan tanggal lahir . Sedangkan 7 angkat awal merupakan kode yang sudah di rancang sedemikian rupa yang kami sendiri pun tidak mengetahuinya.

Memang masih banyak para siswa yang belum mengetahui secara detail terkait nomor induknya. Tapi hal yang menjadi catatan penting adalah setiap orang memiliki NISN yang berbeda dan tidak mengalami perubahan. Jadi pada saat mendaftarkan diri pada tingkat sekolah dasar, maka akan langsung mendapatkan NISN tersebut.

Nah nomor induk tersebut bisa di gunakan sampai dengan kuliah. Bahkan nomor induk ini bisa dipergunakan untuk berbagai pendaftaran yang sifatnya sangat penting. Nah untuk mengecek NISN ini cukup banyak sekali cara yang bisa di gunakan, baik ituu yang dilakukan secara online dan juga ada offline nya.

Kegunaan Nomor Induk Siswa Nasional

NISN atau biasa kita kenal dengan nomor induk siswa nasional adalah sebuah kode yang memang sudah di berikan kepada siswa yang pertama kali mendaftar dari Kemendikbud. Pastinya ada sebagian siswa yang kurang memperdulikan terkait NISN ini.

Namun dikemudian hari para siswa pun akan menyadari kalau kode ini memang sangat diperlukan. Namun ada hal yang mesti di ketahui, ya tidak perlu menghawatirkan nomor induk siswa nasional ini akan hilang. Pasalnya saat siswa pertama kali mendaftar sekolah dasar dimanapun berada, siswa akan langsung mendapatkan kode tersebut.

Ini sangat berbeda dengan yang namanya kode NIS, dimana NIS merupakan singkatan dari Nomor Induk Sekolah. Misalnya seperti ini, siswa A akan naik tingkat dari SMP menjadi SMA, maka NIS siswa tersebut akan berubah dengan sendirinya dari sekolah masing-masing.

Namun jika NISN maka akan berlaku selama siswa tersebut hidup. Lantas apa saja sih kegunaan dari kode untuk seumur hidup ini? Untuk itu kami akan memberikan informasi mengenai kegunaan apa saja yang ada di dalam NISN ini.

Yah fungsi utama dari NISN ini adalah sebuah pembeda dari siswa yang satu dengan siswa yang lainnya yang berpendidikan di luar negri. Kode ini juga akan sangat bermanfaat pada saat para siswa ingin mendaftarkan kesekolah yang akan di tuju atau pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Nah dengan begitu siswa akan diminta untuk memasukkan NISN sebagai salah satu persyaratannya. Bahkan kegunaan lain dari NISN ini adalah para siswa bisa menikmati bantuan-bantuan yang di berikan bantuan dan tidak akan salah sasaran. Nah itulah kegunaan dari NISN ini, pastinya sudah sedikit mengerti ya.

Bagaimanakah Sistem NISN di Negara Kita?

Untuk memberikan sedikit wawasan terhadap para pembaca, jadi NISN ini merupakan sebuah sistem yang di buat poleh pusat dengan melibatkan data dan juga statistik Pendidikan dan Kebudayaan yang di buat secara otomatis.

Dari setiap kode yang terdapat di dalam NISN ini dibuat secara acak dan hanya bisa dikenali dari 3 angka yang letaknya di belakang. Untuk NISN dari masing-masing siswa sendiri bisa dengan mudah baik itu yang di dapatkan dari sekolah masing-masing atau bisa juga di lakukan pengecekan secara online.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kalau NISN sendiri berlaku untuk seumur hidup. Namun ini akan berbeda jika terdapat berbagai kesalahan, jika demikian maka siswa tersebut harus segera bergegas untuk melaporkannya ke bagian PDSPK agar data nya segera di ubah.

Cek NISN Dengan Nama Siswa Secara Online

Cek NISN Dengan Nama

Mungkin ini pembahasan yang sudah di nantikan sejak tadi, yah seperti yang telah kami singgung diatas bahwasannya mengecek NISN bisa dilakukan dengan beberapa cara. Namun untuk cara termudah yang bisa di lakukan yaitu cek NISN dengan nama secara online.

Cara nya memang cukup mudah, pembaca bisa mengunjungi situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ ini ya. Pembaca hanya perlu mengisi beberapa data yang diperlukan untuk bisa mendapatkan kodenya. Namun tidak perlu khawatir, kalau data-data tersebut akan aman jika di isikan pada kolom yang tersedia.

Dengan mengunjungi situs tersebut, informasi yang akan di terima tidaklah terlalu banyak melainkan hanya memperoleh NISN saja. Nah untuk pembaca yang ingin mengetahui data apa saja yang harus di persiapkan, berikut ulasannya.

Memasukkan Nama Lengkap

Pertama sekali data yang akan diminta adalah nama lengkap. Pada kolom nama ini harus memastikan nama yang di tulis sesuai dengan akta kelahiran ya. Jadi jangan sampai salah dalam penulisan nama ini, pasalnya jika terdapat kesalahan maka data tersebut tidak valid.

Nah ingin mengecekkan data milik orang lain, maka para pembaca juga bisa melihatnya. Asalkan bisa dengan benar memasukkan data-data lain yang diperlukan.

Memasukkan Tempat Tanggal Lahir

Data selanjutnya yang akan diminta adalah tempat tanggal lahir. Siswa bisa masukkan data tersebut sesuai dengan yang ada di kartu keluarga ataupun akta kelahiran. Sebagai contoh Siswa A lahir di Bandung, ya siswa tersebut bisa masukkan Bandung pada kolom yang sudah di sediakan.

Setelah berhasil memilih tempat, maka harus mengisi tanggal lahir dengan lengkap. Para pembaca bisa menuliskannya dari tanggal bulan dan juga tahun secara lengkap dan yang paling penting tidak boleh ada kesalahan ya.

Memasukkan Nama Ibu Kandung

Untuk keperluan data terakhir yang diperlukan adalah ibu kandung. Perlu diketahui nama ibu kandung ini biasa di gunakan untuk melakukan berbagai verifikasi ya. Pastinya tidak lupa bukan dengan nama ibu kandung. Jadi jangan sampai salah ya dalam menuliskan nama ibu kandung ya.

Setelah semuanya terisi, maka bisa mengisi kolom verifikasi dan pilih tanda ceklis pada kolom yang tersedia dan juga masukan kode captcha. Setelah itu bisa pilih cari data dan tunggu sampai hasilnya keluar.

Nah ini akan menunjukkan data kesiswaan yang meliputi Nomor Induk siswa nasional, nama lengkap sampai dengan status. Disini juga akan ada data saat masih menjadi siswa ataupun mahasiswa. Nah mungkin itulah data yang akan di peroleh saat ingin mengetahui NISN secara online.

Cara Cek NISN Tanpa Nama Ibu

Ada yang bertanya, apakah melakukan pengecekan NISN ini harus menggunakan nama ibu kandung? Maka jawabannya adalah tidak. Pasalnya masih bisa menggunakan cara lain untuk mengetahuinya.

Jadi buat yang ingin mengetahui bagaimana cara melakukannya, maka kami sudah siapkan langkah demi langkah untuk di ikuti agar bisa segera di lakukan. Nah biar tidak terlalu larut, berikut langkah-langkahnya.

  • Kunjungi saja situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/vervalidentitas/.
  • Atau bisa copy link tersebut dan pastekan pada browser yang di gunakan.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama, maka akan diminta mengisi beberapa data.
  • Lalu diminta memasukkan NPSN atau Nomor Kepala Sekolah Nasional yang dapat di temukan di webste DAPODIK.
  • Isi tanggal lahir dengan benar.
  • Lalu bisa masukkan NIK yang ada di kartu keluarga atau KTP.
  • Setelah itu bisa mengisi tanggal lahir.
  • Kemudian isikan NIK yang ada pada KTP ataupun KK.
  • Berikutnya bisa melakukan klik pada bagian ceklis
  • Bisa langsung mencari data.
  • Setelah itu data yang di perlukan akan nampak disana.

Nah itulah yang bisa kami berikan di pembahasan kami kali ini tentang cara cek NISN dengan nama, semoga ini bisa membantu untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Oh ya jangan sampai tidak mengikuti pembahasan kami yang selanjutnya ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait