Ucapan Perpisahan Kerja yang Menyentuh Hati Secara Formal

Emir Al June 16, 2024

Update cara menyampaikan ucapan perpisahan kerja termasuk hal penting yang harus kamu kuasai. Meski terkesan cukup miris, hal ini merupakan bentuk apresiasi kamu kepada rekan kerja.

Seperti yang kita tahu, perpisahan adalah salah satu momen yang tidak bisa dihindari. Begitu juga dalam dunia kerja, dimana setiap orang pasti akan meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja entah karena harus resign atau pensiun.

Sayangnya, tidak semua orang bisa merangkai kata-kata perpisahan ini dengan mudah. Nah, jika kamu membutuhkan inspirasi perpisahan yang baik dan benar untuk rekan kerja kamu, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai.

Inilah Beberapa Ucapan Perpisahan Kerja yang Baik & Benar Serta Menyentuh Hati Atasan

Jika kamu berencana untuk mengundurkan diri. Tapi masih bingung menyusun kalimat perpisahan karya yang berkesan. Berikut tips kalimat yang baik dan praktis untuk rekan kerja dan atasan. Dalam konteks dunia kerja, resign dapat diartikan sebagai acuan diri dari pekerjaan.

Biasanya orang yang memilih resign memiliki berbagai alasan mulai dari tawaran pekerjaan baru, ketidakpuasan terhadap pekerjaan atau bahkan seseorang yang ingin fokus mengurus keluarganya. Tentu saja, saat kamu bersaudara, cobalah untuk mengakhiri hubungan dengan baik-baik, salah satunya dengan perpisahan kerja yang positif.

Adapun beberapa ucapan perpisahan kerja, sebagai berikut:

1. Kata-kata Perpisahan Kerja Menyentuh Hati

Kata-kata Perpisahan Kerja Menyentuh Hati

Perpisahan pastinya selalu identik dengan momen-momen emosional. Pun saat kamu harus berhenti bekerja, tak ada salahnya untuk meluapkan emosi tersebut dengan ucapan perpisahan yang menyentuh hati kepada para rekan. Seperti apa contohnya? Kamu bisa jadikan daftar ucapan perpisahan kerja di bawah ini sebagai referensi:

  • Suka dan duka dalam kerja yang kita lewati bersama membuatku banyak belajar. Aku sangat senang pernah menjadi rekan kerjamu.
  • Pernah memiliki rekan kerja yang suportif seperti kalian menjadi sesuatu yang patut untuk disyukuri. Semoga terus berkembang, ya.
  • Kalian seperti keluarga bagi saya karena banyak suka dan duka yang telah kita lalui bersama. Keep in touch, ya!
  • Bekerja di sini adalah sesuatu yang luar biasa bagi saya. Terima kasih atas dorongan serta dukungan selama ini.
  • Sedih rasanya mesti mengucapkan ini, tetapi kali ini adalah hari terakhir saya bekerja. Semoga kita semua sukses untuk karier ke depannya.
  • Perpisahan membuatmu berpikir. Mereka membuatmu menyadari apa yang kamu miliki, apa yang hilang, dan apa yang kamu anggap remeh.
  • Saya akan merindukan tempat ini, tempat pertama yang menerima saya setelah lulus kuliah.
  • Perjalanan yang luar biasa. Misi kita telah selesai. Dengan ini, kita harus mengucapkan selamat tinggal. Saat ini, kita orang paling bahagia di dunia.
  • Tidak butuh waktu lama bagi saya untuk menjadikan kalian sebagai teman kantor. Saya beruntung pernah bekerja dengan kalian.
  • Mengucapkan selamat tinggal pada teman sejati benar-benar sulit. Tetapi, saya mengucapkan selamat tinggal dengan harapan bahwa kita akan bertemu lagi suatu hari nanti.

2. Kata-kata Perpisahan Kerja Lewat WA Grup

Kata-kata Perpisahan Kerja Lewat WA Grup

Ketika kamu resign tidak tidak sempat mengucapkan kalimat perpisahan secara langsung di hadapan teman kerja, solusinya kamu bisa menyampaikan ucapan perpisahan kerja di grup WA kantor.

Baca juga; Contoh Syair Dan Beberapa Lagu Yang Memiliki Syair Indah

Ini juga bisa kamu jadikan sebagai momen pamit dari grup WA tersebut. Oleh karena itu, kalimat yang harus kamu sampaikan juga tidak boleh sembarangan karena akan dibaca oleh seluruh rekan kerja serta atasanmu. Sebagai contohnya bisa kamu cek di bawah ini:

  • Saya izin pamit dari grup WA ini dikarenakan hari ini adalah hari terakhir saya di kantor. Terima kasih Bapak/Ibu yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk bekerja di tempat ini. Untuk teman-teman, terima kasih atas kerjasamanya selama ini. Mohon maaf jika saya banyak salah.
  • Terima kasih atas semua dukungan Bapak/Ibu yang telah diberikan kepada saya selama ini. Akan menjadi kenangan manis bekerja dengan rekan kerja seperti teman-teman di sini. Terima kasih dan sukses selalu.
  • Suka dan duka dalam kerja tim yang kita alami membuatku banyak belajar. Aku senang bisa bertemu dengan kalian. Tapi, setiap pertemuan akan berujung perpisahan. Terima kasih atas segalanya. Saya izin pamit.
  • Bekerja di sini adalah sesuatu yang luar biasa bagi saya. Terima kasih kepada dorongan dan dukungan kamu semua selama ini. Semoga bisa bertemu lagi di lain kesempatan.
  • Selamat malam, teman-teman kantor. Hari ini adalah hari terakhir saya bekerja disini. Saya mau izin pamit dari grup WA ini. Terima kasih semuanya atas waktunya. Sukses dan sehat selalu.
  • Maaf mengganggu waktunya. Saya ingin menginformasikan bahwa masa kerja saya sudah habis. Oleh sebab itu, saya izin pamit dari grup WA ini. Terima kasih banyak atas bantuan teman-teman selama ini.

3. Kata-kata Perpisahan Kerja Bahasa Inggris

Kata-kata Perpisahan Kerja Bahasa Inggris

Terkadang, kamu bisa saja ditempatkan bersama para rekan kerja yang berbeda bahasa. Apabila kamu merasa kesulitan untuk mengucapkan ucapan perpisahan untuk teman kerja bahasa Inggris, kebetulan Jaka punya referensinya. Berikut adalah kumpulan kalimat perpisahan kerja bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan:

  • I’ve learned a lot working with you these past years. I know you’ll be successful in your new position. Thank you and farewell, friend.
  • Don’t be mistaken, it’s not an end. Your farewell marks a new beginning in life. Here’s wishing success, happiness, and opportunities!
  • May God help you in all your endeavors, and always bring success to your doorstep.
  • Thanks for being not just a great colleague, but a better friend. All the best, buddy!

4. Pidato Perpisahan Kerja Formal

Pidato Perpisahan Kerja Formal

Pada beberapa acara khusus, karyawan yang mengundurkan diri biasanya akan diminta untuk mengucapkan selamat tinggal yang lebih formal dari pekerjaannya. Buat kamu yang masih belum tahu, kebetulan Jaka punya contohnya. Silakan pilih salah satu kalimat berikut:

  • Saya sangat berterima kasih kepada perusahaan ini karena telah memberi saya kesempatan untuk terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Dengan menyesal, tanggung jawab saya di perusahaan ini sudah selesai. Namun, kenangan manis bekerja di kantor ini akan selalu melekat di hati saya.
  • Percaya pada dirimu sendiri. Percayalah pada kemampuan kamu. Tanpa keyakinan pada kekuatan kamu sendiri, kamu tidak bisa sukses atau bahagia.
  • Semoga sukses di tempat kerja baru kamu dan semoga karier kamu semakin maju. Kami harap kamu tidak akan pernah melupakan tim yang kamu besarkan.
  • Ruang pertemuan yang kita duduki sekarang akan terasa lebih dingin karena kehangatan dan bantuan kamu tidak akan ada. Aku akan merindukanmu.
  • Terima kasih untuk semua yang tercipta selama di kantor ini. Kebaikan, kerja sama, persahabatan, dan semua hal yang dilakukan bersama akan selalu saya ingat di hati. Mohon maaf atas kesalahan yang saya buat selama disini.
  • Keramahan yang kamu pancarkan setiap hari tidak akan pernah hilang dalam ingatan kami. Perjuangan dan pengorbanan tidak akan pernah lepas dari ingatan kita, kamu adalah guru terhebatku.
  • Tanpa rekan kerja yang menyenangkan seperti kamu, kantor akan terasa membosankan dan sepi. Selamat tinggal teman, kami akan mencintaimu.
  • Setiap pertemuan pasti ada juga perpisahan, tapi perpisahan ini bukanlah alasan untuk kita saling melupakan.
  • Saya memiliki perasaan campur aduk ketika saya mengatakan ini. Di satu sisi saya sedih meninggalkan perusahaan dan tim yang luar biasa. Namun di sisi lain, peluang kerja yang muncul tak bisa dilewatkan begitu saja. Senang bekerja sama dengan kalian semua.
  • Perpisahan adalah konsekuensi dari sebuah pertemuan. Kami berharap semangat dan kreativitas kamu akan terus menginspirasi dan memotivasi kami untuk berkarya.

5. Kata Kata Perpisahan Untuk Atasan

Kata Kata Perpisahan Untuk Atasan

Jangan lupakan bos atau atasan juga. Pasalnya, ini adalah atasan kamu yang selama ini membimbing kamu selama bekerja hingga akhirnya kamu harus mengambil jalan lain. Tentunya kalimat perpisahan yang harus disampaikan kepada atasan juga berbeda. Mari kita lihat contoh-contoh di bawah ini:

  • Saya ingin mengucapkan terima kasih karena selama ini telah memberikan kesempatan yang luar biasa. Bos terbaik!
  • Karier kamu benar-benar sangat cemerlang! Semoga di tempat kerja yang baru kamu makin maju dan menjadi pemimpin yang disegani. Saya dari sini akan terus mendukungmu, Ibu/Bapak.
  • Terima kasih telah menjadi atasan yang luar biasa sekaligus menjadi mentor yang mengajari saya dalam beberapa tahun ini. kamu adalah tipe orang yang tidak mudah dilupakan oleh tim ini.
  • Sulit membayangkan tim kami terus berjalan tanpa kamu (nama atasan). Saya berharap agar kamu mendapatkan posisi terbaik untuk posisi kamu yang baru. Semoga kesuksesan dan keberhasilan selalu menyertai kamu.
  • Kamu adalah seorang pemimpin yang ideal. Alih-alih hanya memberi instruksi perusahaan, kamu mau mengajari kami beberapa hal yang tidak kami mengerti. Semoga karier kamu makin melesat setelah dipindahtugaskan.
  • Selama menjadi karyawan perusahaan, hanya kamu yang bisa sebaik ini kepada bawahannya. Saya percaya kalau semua impian kamu akan segera terwujudkan.
  • Kedatangan kamu di kantor memang sebagai bos. Tapi, kepergian kamu dari kantor akan meninggalkan kenangan sebagai seorang teman. Terima kasih, Bos.
  • Selama saya bekerja di sini, kamu benar-benar telah membuat kerja sehari-hari di kantor menjadi pengalaman yang berharga. Saya tidak akan melupakan peran kamu selama ini.
  • Kamu benar-benar seorang pemimpin yang brilian! Saya akan menunggu pencapaian apalagi yang akan kamu raih. Semoga karier profesional kamu makin bagus di masa depan.

Baca juga: Wirausaha, Pengertian, Jenis. Tujuan, Keuntungan & Contohnya

Artikel Terkait