Perbedaan Antara Jalan dan Lari Dari Segala Aspek

Emir Al May 22, 2024

Perbedaan antara jalan dan lari mungkin bagi sebagian orang tidaklah terlalu signifikan. Jalan dan juga lari merupakan dua aktifitas ulahraga yang sebenarnya berbeda lho. Bila dilihat seklias, mungkin yang terlihat antara keduanya adalah dari kecepatannya. Pada umumnya, kegiatan lari lebih cepat jika dibandingkan dengan kegiatan jalan.

Selain itu masih ada hal-hal yang sulit dibedakan antara lari dan juga jalan. Bila keduanya dilakukan dengan kecepatan yang sama, maka apa yang menjadi perbedaan antara lari dan jalan? Ternyata perbedaan keduanya ada di tekniknya loh. jadi untuk membedakan dua kegiatan tersebut, kamu bisa melihatnya dari teknik yang digunakan, bukan dari kecepatannya.

Selain dari teknik, perbedaan lain yang terlihat adalah dari efeknya atau dampak yang akan dirasakan oleh tubuh.Untuk mengetahui lebih jelas tentang prebedaan keduanya, manfaat yang akan didapatkan dan juga teknik dari lari dan jalan, simak artikel di bawah ini yuk!

Perbedaan Antara Jalan dan Lari Menurut Bahasa

Selain secara teknik, kegiatan antara lari dan berjalan mempunyai perbedaan dalam teknis bahasa juga. Dalam bahasa sendiri, jalan dapat diartikan sebagai sebuah gerakan yang melakukan perpindahan dan dilakukan oleh tubuh dari posisi awal ke posisi selanjutnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian dalam prosesnya.

Berbeda dengan lari, dalam pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lari memiliki arti melangkahkan kaki dengan menggunakan ritme yang cepat dan setiap hendak melamgkahkan kaki, kedua kaki tersbut tidak mencapai lantai/ tanah.

Bila dilihat berdasarkan arti secara bahasanya, jalan dan juga lari mempunyai perbedaan yang cukup besar dan terlihat jelas. Jika jalan diartikan dengan kegiatan melangkahkan kaki dan juga mengubah posisi tubuh, maka lari diartikan sebagai sebuah kegiatan melangkahkan kaki dengan tempo yang lebih cepat. Kecepatan dalam menggerakan kedua kaki ini yang membuat seolah-olah kedua kaki tidak menginjak tanah ketika berlalri.

Walaupun mempunyai arti yang berbeda, kegiatan antara lari dan jalan ini termasuk ke dalam olahraga yang sama yaitu kardio. Kegiatan keduanya memberikan dampak yang positif terhadap tubuh dan juga menyehatkan. Selain itu, aktivitas lari dan jalan ini merupakan olahraga yang murah dikarenakan untuk melakukannya tidak diperlukan alat khusus dan juga tidka diperlukan keahlian khusus unuk melakukannya.

Baca juga: Kata-Kata Motivasi, Pengertian, Tujuan, Beserta Contohnya

Berikut Perbedaan Antara Jalan dan Lari Berdasarkan Teknik dan Gerakan

perbedaan jalan dan berlari

Meskipun secara kasat mata antara jalan dan juga lari terlihat sama, tetapi nyatanya keduanya adlaah sebuah kegiatan olahraga yang berbeda begitupun dengan manfaat dan potensi yang didapatkan dari mengerjakan kedua kegiatan olahraga ini. Sebelumnya mari simak penjelasan mimin tentang perbedaan antara keduanya bila dilihat dari bahasa. Pada bahasa tentu sudah terlihat dengan jelas ya perbedaan antara keduanya.

Jika pada gerakan jalan teknik yang digunakan adalah kaki akan secara terus menerus menyentuh tanah atau menapakkan kakinya ke tanah silih berganti antara kanan dan kiri. Yang menyebabkan hal ini adalah karena ketika kamu berjalan, kaki tidak dapat mengubah posisinya secara cepat.

Ketika kamu berjalan, kaki pertama yang melangkah dan menapakkan kaki pada permukaan tanah sementara kaki yang satunya akan menempatkan bukan telapak, namun tumitnya di permukaan tanah juga. Tidak hanya itu, apabila kamu sedang jalan, maka bagian tubuh lainmu tidak akan ikut bergerak. Jadi pada gerakan berjalan, anggota tubuh yang bergerak hanyalah kaki.

Sedangkan ketika kamu berlari, gerakan dan teknik yang kamu gunakan adalah kaki kamu tidak merasakan kontak langsung dengan tanah, atau secara singkatnya kamu tidak menyentakkan kaki ke tanah. Hal ini karena ketika kamu berlari, maka kamu akan menggunakan kecepatan yang tinggi, hal tersebut mengakibatkan tubuhmu seolah melayang di setiap beberapa detik yang kemudian kaki kamu akan kembali menginjak tanah.

Sementara ketika seseorang berlari teknik gerakan yang digunakan adalah kaki tidak merasakan kontak dengan tanah secara jelas atau kaki tidak menyentak tanah. Hal ini dikarenakan ketika berlari maka seseorang akan menggunakan kecepatan tinggi, sehingga seolah tubuh akan melayang setiap beberapa detik baru kemudian kaki kembali menginjak tanah lagi.

Selain gerakan kaki, ketika kamu berlari seluruh anggota tubuh kamu juga akan ikut bergerak dan mengikuti irama langkah kaki saat berlalri. Nah, disini kamu pasti sudah bisa melihat yang menjadi perbedaan mendasar antara kegiatan jalan dan juga lari.

Jalan dan lari juga dapat dibedakan dari dua tumpuan kaki yang dapat digunakan. Apabila berjalan, maka seluruh permukaan telapak kaki akan secara langsung menajdi tumpuan, sedangkan ketika kamu sedang berlari, tumpuan yang dapat digunakan hanya pada pemukaan ujung jari kaki yang depan saja.

Di bawah ini akan mimin jabarkan perbedaan antara kegiatan jalan dan lari dari sisi teknik dan gerakannya seperti di bawah ini :

1. Teknik Gerakan Kegiatan Jalan

  • Kaki yang melakukan kontak langsung dengan tanah.
  • Kedua kaki yang melakukan gerakan dengan cara yang bergantian.
  • ubuh diam dan tidak ikut bergerak
  • Ketika berjalan, telapak kaki yang menjadi tumpuan.
  • Lutut yang tidak banyak menekuk sehingga terloihat seakan-akan tidak menekuk.
  • Beban pada lutut yang tidak banyak.
  • Tidak bekerjanya otot quadriceps.
  • Umumnya tidak dapat menyebabkan kelelahan atau capek yang terlalu menyiksa.

2. Teknik Gerakan Lari

  • Kaki tidak terasa sedang berkontang langsung dengan tanah ataupun lantai.
  • Tubuh terasa seakan melayanhg selama beberapa detik.
  • Yang bergerak merupakan seluruh anggota tubuh yang mengikuti irama lari dan bukan hanya kaki.
  • Yang menjadi tumpuan pada lari hanya jari kaki bagian depan.
  • Akan banyak gerakan yang membuat lutut menekuk.
  • Beban pada lutut menjadi lebih besar.
  • Bekerjanya otot quadriceps dengan aktif.
  • Akan terasa lebih mudah lelah ataupun capek.

Perbedaan Antara Jalan dan Lari Berdasarkan Kecepatan

perbedaan antara jalan dan lari

Seperti yang sudah mimin katakan di atas, kegiatan antara jalan dan lari memang akan menajdi terlihat perbedaannya jika dilihat dari faktor kecepatan. Faktor ini membjuat beberapa perbedaan pada gerakan dan juga teknik antara jalan dan juga lari. Seperti contoh, kaki yang tidak terasa menyentuh lantai atau tanah ketika berjalan dan badan yang terasa seperti melayang ketika berlari.

Kecepatan antara dua kegiatan ini memiliki perbedaan yang sangat jelas. jalan sendiri dilakukan dengan kecepatan yang lebih lambat apabila dibandingkan dengan belari. Begitupun sebaliknya, ketika kamu berllari, akan lebih cepat dibandingkan ketika kamu sedang berjalan.

Ketika kamu berlari, kamu akan secara otomatis mengoptimalkan kecepatan yang kamu gunakan sehingga akan sulit untuk menyamai dengan kecepatan ketika kamu sedang berjalan. Jika diarata-ratakan, maka kecepatan berjalanseseorang adalah 5km/jam.

Sedangkan ketika berlari rata-rata kecepatan seseorang adalah 8km/jam. Begitupun dengan seseorang yang memiliki kekuatan lari yang lebih cepat 2 kali, maka ia bisa berjalan dengan kecepatan 10km/jam dan untuk kecepatan larinya bisa mencapai 44km/jam. Kecepatan ini dimiliki oleh Usain Bolt.

Nah dari perbedaan kecepatan di atas, maka kamu sudah ngerti kan kenapa terdapat perbedaan teknik ketika berjalan dan juga berlari. Dan jika berlari, kaki dan juga badanmu seolah melayang. Ya, karena faktor dari kecepatan tersebutlah kamu akan merasa seperti melayang selama beberapa detik.

Berbagai Manfaat yang Bisa Di Dapat Dalam Melakukan Kegiatan Jalan dan Lari

lomba lari

Dalam dua kegiatan yang serupa namun tak sama ini, terdapat manfaat yang berbeda-beda. Di bawah ini akan mimin tuliskan manfaat yang akan didapatkan pengguna dengan melakukan kegiatan tersebut :

1. Manfaat Berlari 

  • Mengurangi potensi terjangkit penyakit jantung.
  • Menghindari penyakit atau gangguan kegemukan seperti obesitas.
  • Dapat membantu meningkatkan kinerja otak dan juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah.
  • Meningkatkan konsentrasi otak dan kesehatan otak.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang membantu kesehatan psikis dan kondisi kulit.
  • Membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik jika dikerjakan secara rutin.

2. Manfaat Berjalan 

  • Dapat meningkatkan taraf hidup seseorang jika dikerjakan dalam durasi 1,5-2 jam setiap harinya.
  • Membantu menurunkan berat badan apabila berjala kaki selama 40 menit setiap harinya.
  • Mengurangi stres bila dikerjakan secara rutin.
  • Memperlambat penuaan dan membantu terhindar dari stres sehingga terlihat awet muda.
  • Mencegah diabetes.
  • Dapat membantu memperkuat otot kaki dna memperkuat tulang.

Demikian beberapa hal yang bisa mimin sampaikan mengenai perbedaan antara lari dan juga jalan. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu kamu untuk membedakan keduanya dan membantumu memilih olahraga mana yang cocok untukmu diantara keduanya. Mimin mohon pamit undur diri dan sampai jumpa lagi.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait