Contoh CV Bahasa Inggris Tulis Tangan Beserta Cara Membuatnya

Emir Al June 10, 2024

Menulis CV adalah bagian penting dari melamar pekerjaan. Meski begitu, masih banyak orang yang kesulitan menulis CV, terutama dalam bahasa Inggris, sehingga membutuhkan contoh khusus. Saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi salah satu kewajiban yang harus kamu miliki.

Jika dilihat dari persyaratan pekerjaannya, tidak sedikit karyawan yang dituntut untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan baik. Penting bagi kamu untuk membuat CV dalam bahasa Inggris juga sehingga meningkatkan peluang kamu untuk dilirik oleh perusahaan yang kamu inginkan.

Yuk, simak tips, kesalahan umum, dan juga tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV bahasa Inggris yang menarik.

Inilah Beberapa Hal Penting Dalam Membuat CV Bahasa Inggris yang Perlu Dipelajari

Nah untuk kamu yang ingin membuat CV Bahasa Inggris kamu harus memeriksa kembali secara teliti bagian-bagian penempatan bahasa sampai ke ejaan nya. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat CV Bahasa Inggris.

Baca juga: Contoh CV Tulis Tangan Lulusan SMK, SMA & Fresh Graduate

1. Ketepatan Dalam Penggunaan Grammar

Sebagian dari kita terkadang masih merasa bingung dan kesulitan dalam membuat CV dalam bahasa Inggris, terutama dalam penggunaan tata bahasa. Berbeda dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris terdapat 3 pola kalimat yang biasanya menggunakan past tense, present tense, dan future tense.

Saat menulis CV dalam bahasa Inggris, biasanya kita menggunakan past tense untuk pekerjaan yang telah kamu selesaikan dan present tense untuk pekerjaan yang masih kamu lakukan hingga saat ini. Selain itu, untuk membuat CV bahasa Inggris kamu lebih menarik, kamu dapat mengganti subjek kalimat I, my manager dengan kata ganti posesif seperti my/mine dan hers/his.

Agar kamu tidak semakin bingung, ada beberapa tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek penggunaan grammar yang benar di CV bahasa Inggris kamu, seperti Grammarly, Grammar Checker, dan Reverso.

2. Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca

Ejaan dan tanda baca dalam bahasa Inggris pada umumnya tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Dalam membuat CV bahasa Inggris, jangan lupa untuk sering mengecek kata-kata yang ada di kamus dan pastikan sudah benar. Selain itu, kamu juga dapat meminta bantuan teman untuk mengoreksi.

Tidak hanya ejaan, dalam membuat CV Bahasa Inggris juga harus memperhatikan tanda baca agar tidak terjadi pemahaman.

3. Gunakan Tata Letak Dan Struktur Yang Benar

Membuat CV bahasa Inggris yang menarik bukan berarti kamu bisa membuat CV abstrak agar terlihat lebih menarik dan unik. Dalam membuat CV bahasa Inggris, kamu juga harus memastikan tata letak dan struktur yang kamu gunakan.

Apa pentingnya kedua hal ini? Jika tata letak dan struktur CV kamu terlalu berantakan, perekrut akan kesulitan membaca CV kamu. Pada akhirnya, ini akan menurunkan peluang yang kamu terima di perusahaan yang kamu inginkan.

Pertama-tama, pastikan pemformatan dan ukuran font dapat terbaca meskipun kamu hanya melihatnya sekilas. Kamu harus ingat bahwa perekrut tidak hanya melihat 1 CV sehari. Kemudian, pastikan juga kamu konsisten dalam format CV bahasa Inggris kamu. Akhirnya, jangan berikan penjelasan panjang lebar di CV kamu.

4. Masukkan Data Pribadi dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Ketika kamu melamar pekerjaan, bukan berarti semakin banyak prestasi dan keterampilan yang kamu cantumkan di CV kamu, akan semakin menarik. CV yang kami berikan seperti kesan pertama kami terhadap seorang perekrut. Jadi pastikan kamu memasukkan keterampilan dan prestasi yang penting dan ada hubungannya dengan pekerjaan yang akan kamu lakukan di masa depan.

Data pribadi juga menjadi salah satu hal penting untuk kita cantumkan dalam CV kita. Namun, ada beberapa data pribadi yang memang tidak perlu kamu sertakan dalam CV.
Informasi tentang fisik kamu (tinggi dan berat badan), latar belakang pendidikan dari awal hingga akhir, dan pengalaman kerja atau organisasi yang tidak relevan seringkali tidak perlu kamu sertakan.

Bagian-Bagian Penting Dalam CV Bahasa Inggris Agar Bisa Telihat Lebih Menarik

Bagian-Bagian Penting Dalam CV Bahasa Inggris Agar Bisa Telihat Lebih Menarik

Ketika membuat CV ini, terdapat bagian penting yang perlu dicantumkan. Berikut ini adalah nama bagian CV bahasa Inggris beserta artinya.

1. Personal Details (Identitas Diri)

Bagian personal details pada CV disebut juga sebagai bagian identitas diri. Pada bagian personal details data-data yang perlu ditulis adalah :

  • Full name (nama lengkap)
  • Nick name (nama panggilan)
  • Date of Birth (tempat dan tanggal lahir)
  • Gender (jenis kelamin): Male (laki-laki) / Female (perempuan)
  • Address (alamat)
  • Marital Status (status pernikahan): Single (lajang)/ Married (sudah menikah)/ Divorced (bercerai)
  • Religion (agama)
  • Nationality (kewarganegaraan)
  • Phone (telepon)
  • Cellphone (nomor HP)
  • Email

Cantumkan informasi terbaru dan akurat agar pihak yang diberi CV bisa menghubungimu dengan mudah. Semakin detail informasi yang diberikan, akan semakin besar pula potensimu dipertimbangkan sebagai kandidat.

Sebab, perusahaan biasanya tidak memiliki banyak waktu untuk mencari tahu identitas diri pelamar, apalagi jika pelamar sangat banyak.

2. Educations Details (Riwayat Pendidikan)

Bagian riwayat pendidikan sangat penting untuk dicantumkan, terutama jika kamu melamar pekerjaan di lokasi yang mensyaratkan adanya riwayat background tertentu. Pada bagian education details, kamu tidak perlu menyebutkan seluruh riwayat studi, seperti dari Kindergarten (Taman Kanak-Kanak) dan Elementary School (SD).

Adapun informasi yang biasanya dicantumkan pada CV bahasa Inggris untuk melamar pekerjaan adalah :

  • Junior High School (Sekolah Menengah Pertama)
  • Senior High School (Sekolah Menengah Atas)
  • Vocational School (Sekolah Menengah Kejuruan)
  • College (Kampus)
  • University (Universitas)

Selain perlu menyebutkan lokasi tempat menempuh studi, berikan pula informasi tambahan terkait tahun masuk studi dan tahun kelulusan.

3. Certificates (Sertifikat)

Perusahaan pasti akan melirik kandidat yang memiliki kemampuan atau prestasi pendukung. Selain bisa menyebutkan prestasi di bagian CV, cantumkan pula bukti sertifikat keahlian. Jenis sertifikat yang biasanya disebutkan dalam CV bahasa Inggris adalah :

  • TOEFL Certificate (sertifikat TOEFL)
  • IELTS Certificate (sertifikat IELTS)
  • Other language certificate (sertifikat bahasa lainnya)

Jika kamu memiliki sertifikat tambahan di bidang kerja yang dilamar, jangan segan untuk mencantumkannya. Namun, ubah terlebih dahulu bahasa yang digunakan agar semua menjadi berbagasa Inggris. Hindari mencantumkan sertifikat yang tidak relevan, misalnya ketika kamu melamar pekerjaan di bidang IT, yang ditulis justru sertifikat keahlian memasak.
Sebaliknya, cantumkan prestasi yang bisa mendukung kariermu.

4. Job Experiences (Pengalaman Kerja)

Pengalaman bekerja seringkali dijadikan syarat sebelum menerima kandidat. Jika kamu sudah pernah mengikuti agenda magang atau bekerja part-time (paruh waktu) maupun full-time (penuh waktu), cantumkan pula pada CV.

Perusahaan pastinya akan mempertimbangkan kandidat yang sudah berpengalaman karena dianggap lebih siap bekerja. Selain itu, pengalaman kerja sebelumnya juga berpengaruh pada kebijakan perusahaan untuk menjalankan training. Tuliskan pengalaman kerja terbaik yang kamu miliki dan jangan lupa cantumkan pula detail pekerjaan yang dilakukan. Dengan demikian, perusahaan bisa mengetahui kontribusi dan kemampuan yang kamu kuasai.

5. Personality (Karakter Pribadi/Kepribadian)

Mencantumkan informasi tentang personality atau karakter pribadi diizinkan pada sebuah CV. Perusahaan bisa mengetahui karakter kandidat melalui deskripsi personality yang dicantumkan. Untuk meningkatkan peluang diterima di perusahaan, hindari mencantumkan personality yang sifatnya negatif. Daftar kosakata untuk personality bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan antara lain :

  • Communicative (komunikatif)
  • Diligent (rajin)
  • Discipline (disiplin)
  • Good attitude (berkelakuan baik)
  • Hardworking (pekerja keras)
  • Honest (jujur)
  • Kind (baik)
  • Responsible (bertanggung jawab)
  • Target oriented (berorientasi target)
  • Tolerant (toleran)
  • Dedication (dedikasi)

Jika memiliki kemampuan tambahan, cantumkan pula pada CV, seperti computer (kemampuan komputer), writing (kemampuan menulis), dan kemampuan tambahan lainnya.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait