Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Benar (Word)

Emir Al June 10, 2024

Surat lamaran kerja adalah salah satu syarat yang diajukan perusahaan untuk dapat dipenuhi oleh calon pelamar kerja. maka dari itu, setiap hendak mendaftar pekerjaan, kamu harus membuat surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu. Untuk membuat surat lamaran kerja ini, kamu tidak perlu bingung karena di artikel ini mimin akan bahas semuanya dan juga berikan contoh untuk bisa kamu ikuti dan pelajari.

Sudah sewajarnya apabila kita akan melakukan ha-hal yang menyangkut suatu badan atau instansi memang diperlukan komunikasi dengan cara surat menyurat. Surat-surat tersebutlah yang akan menjadi jembatan antara kamu dan juga instansi ataupun badan yang kamu tuju.

Sebagai contohnya ketika kamu hendak melamar sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan, komunikasi yang bisa kamu lakukan dengan perusahaan tersebut adalah dengan membuat surat lamaran kerja, lalu mengirimkan ke peusahaan tersebut. Simak selengkapnya seputar lamaran kerja dan conth suratnya yang sudah mimin siapkan untuk kamu di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat sebuah surat lamaran pekerjaan, isinya sudah ditentukan terlebih dahulu. Jadi bukan seperti kamu menulis surat pada umumnya.

Kamu harus setidaknya memperkenalkan diri terlebih dahulu, menceritakan tentang kemampuan yang kamu miliki dan juga ketertarikan kamu dengan perusahaan tempat kamu melamar dengan posisi yang dibutuhkan saat itu.

Agar kamu lebih mengerti tentang cara pembuatan surat lamaran pekerjaan itu sendiri, tentu kamu harus memiliki pemahaman yang benar dahulu tentang surat lamaran pekerjaan.

Jadi, untuk mebuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, yuk simak informasi-informasi dasar seputar surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu.

Surat lamaran pekerjaan adlaah sebuah surat yang berisikan tentang data diri kamu, seputar nama, tempat tinggal, umur, pendidikan terakhir yang kamu tempuh dan juga kemampuan apa saja yang kamu miliki.

Biasanya keahlian yang dituliskan yang berkaitan dengan posisi yang akan kamu lamar.
Lalu tidak lupa, kamu juga harus menorehkan keinginanmu untuk bergabung di perusahaan yang kamu tuju sesuai dengan lowongan yang tersedia.

Informasi-informasi yang ada di dalam surat ini nantinya akan menjadi gambaran diri kamu, dan pihak perusahaan anak menilainya apakah dirimu sesuai dengan kriteria pegawai yang dinginkan oleh perusahaan atau tidak.

Oleh sebab itu, agar menarik HRD, maka kamu harus membuat surat lamaran pekerjaan secara menarik, baik, jelas dan sarat informasi.

Memang masih banyak orang yang menganggap surat lamaran pekerjaan adalahsebuah hal yang sepele sehingga dalam pembuatannya terkesan monoton dan tidak terlihat ketertarikan di dalamnya. Yang harus kamu tahu, surat ini adalah gerbang menuju kamu mendapatkan pekerjaan.

Semakin menarik surat yang kamu buat, maka akan menarik perhatian HRD sehingga kamu bisa ternotice.

Nah, untuk lebih lanjutnya, kamu bisa langsung menyimak pembahasan yang sudah mimin siapkan dan juga tips yang dapat kamu pergunakan dalam menulis surat lamaran pekerjaan ini. Simak tentang surat ini secara lebih lengkap yuk.

Baca juga: Contoh Surat Penawaran Untuk Barang, Jasa & Kerjasama

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Juga Terlihat Menarik

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Juga Terlihat Menarik

Sepeti yang sudah mimin sampaikan kepada kamu di atas mengenai surat lamaran pekerjaan ini. Sekarang saatnya membagikan tips-tips yang bisa kamu implementasikan pada suratmu sehingga suratmu nantinya bisa dilirik oleh HRD, sehingga membuat kesempatan kamu untuk diterima bekerja menjadi lebih besar.

Di bawah ini sudah mimin susun tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan juga menarik. Yuk simak bersama tips-tips nya di bawah ini :

1. Memilih Background yang Menarik pada Surat Lamaran Pekerjaan

Apabila biasnaya kamu membuat surat lamaran pekerjaan yang biasa-biasa saja dan menggunakan background yang itu-itu juga yaitu dengan background berwarna putih polos.

Ya, betul layaknya kertas pada umumnya, hanya putih polos saja. nah, untuk menarik perhatian HRD, kamu bisa menggunakan background yang berbeda pada suratmu.

Jadi, nanti kamu dapat membuat background yang lebih baik dan menarik untuk kamu gunakan pada surat lamaran pekerjaannya.

Tentunya latar belakang yang perlu kamu gunakan tetap yang simpel dan elegan ya, bukan berarti kamu menggunakan background yang penuh dan ramai dengan warna yang mencolok.

Karena bila terllau ramai dan mencolok juga malah mengganggu esensi dari isi suratmu itu sendiri.

2. Pilih Foto yang menarik Untuk Surat Lamaranmu

Selain background yang menarik, kamu juga arus menggunakan foto yang menarik. Menarik disini bukan berarti kamu bisa memasang fotomu ketika berlibur ya.

Maksudnya adalah kamu tidak perlu memasang foto yang kaku sepeti yang kamu lakukan ketika sedang foto ktp atau berfoto untuk pas foto ijazah. Sedikit lebih rileks akan membuat HRD tertarik melihatmu melalui foto.

Kamu harus memastikan bahwa foto yang kamu gunakan memiliki kualitas yang baik, jernih dan tidak berbeda dengan foto aslimu atau mudahnya jangan gunakan editan yang berlebihan.

3. Tuliskan Perihal Surat yang Sesuai

Jika kamu sudah pernah membuat surat-surat sebelumnya, maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bagian perihal.

Ya perihal ini seperti namanya adalah keterangan tentang surat apa tersebut. Kamu harus mengisinya dengan isi yang tepat dan sesuai.

Pada kebutuhan kali ini, kamu ingin mebuatnya. Maka pada bagian perihal, kamu bisa mengisis dengan tulisan Lamaran Pekerjaan.

Dengan itu, maka HRD akan lebih mudah memproses surat kamu karena telah dibanti dengan perihal yang kamu maksukan dengan mengirimnya.

4. Tujuan Surat Dibuat Dengan Jelas dan Benar

Untuk bagian dari tujuan tempat ditujukkannya surat ini, kamu bisa menuliskan instansi atau badan dengan lengkap dan tepat.

Jadi nantinya surat ini akan lebih jelas dan terarah akan ditujukkan ke perusahaan mana dan bagian mana. Tentu kamu bisa menuiskan tujuannya ke bagian HR Manager atau Personalia dari perusahaan yang kamu tuju.

5. Membuat Pembuka Surat

Jika pada pembukaan surat biasa yang biasa kamu buat kamu menuliskan kata baku seperti Dengan Hormat, maka pada surat yang satu ini kamu tidak perlu menggunakan kalimat tesebut. Selain kata tersebut, harus kamu ikuti dengan beberapa kalimat tambahan seperti poisisi apa yang kamu inginkan untuk kamu lamar dan darimana kamu mendapatkan berita tentang lowongan ini.

Selain itu, kamu juga bisa langsung memasukkan nama dari perusahaan yang akan kamu lamar dan tanggal, bulan tahun kamu menuliskannya.

Jangan lupa apstikan bahwa data yang kamu isikamn adalah benar dan pastikan tidak ada yang tertinggal.

6. Masukkan Biodatamu

Seperti yang mimin bahas secara singkat di atas. Pada surat lamran pekerjaan ini, kamu harus memasukkan beberapa informasi pribadi yang kamu harus tuliskan agar pihak perusahaan mengenal kamu walaupun hanay melalui biodata singkat yang kamu tuliskan.

Untuk biodata, kamu cukup menuliskan bagian inti yang penting saja ya.

Dengan bioadata yang baik, kamu juga bisa menambahkan data seperti nama , tempat tanggal lahir, email aktif dan nomor telepon aktif.

Jangan lupa juga tuliskna pendidikan terakhir yang kamu tempuh. Karena setiap lamaran pekerjaan memiliki kriteria membutuhkan lulusan di bidang apa dan dengan jenjang apa.

7. Jabarkan Kelebihanmu

Hal yang penting lainnya dari sebuah surat lamaran pekerjaan adalah kamu harus mencantumkan kelebihan atau kemampuan yang kamu miliki.

Hal ini perlu untuk dilakukan untuk kamu bisa mempromosikan diri kamu ke HRD sehingga pihak perusahaan nantinya tertarik dan melihat kemampuanmu memang dibutuhkan apda bidang pekerjaan yang dibutuhkan di perusahaannya.

Jadi, sangat baik jika kamu menuliskan hal-hal atau kelebihan yang bisa kamu lakukan. Sebagai contoh kamu bisa menulis memiliki kemmapuan di SAP Product, penggunaan microsoft office yang sangat baik, dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris aktif maupun pasif, memiliki kepemimpinan yang baik dan lain sebagainya.

8. Lampiran Surat Lamaran

Di dalam surat lamaran pekerjaan adalah salah satu cara kamu untuk menawarkan apa yang bisa kamu lakukan untuk perusahaan, jadi kamu harus mempromosikan dirimu dengan baik. Apabila kamu sudah mempromosika dirimu, maka jangan lupa dukung dengan bukti pendukungnya.

Kamu bisa melampirkan lampiran yang berisikan tentang ijazah kamu, transkrip nilai, dan beberapa sertifikat keahlian yang kamu punya untuk mendukung kemampuan yang telah kamu cantumkan sebelumnya.

Itulah tadi isi-isi dari surat lamran pekerjaan yang perlu kamu simak dan isikan dengan baik agar surat lamranmu menjadi menarik. Terakhir, kamu harus membuat kalimat penutup yang baik dan jangan lupa bubuhkan nama dan tanda tangan di bagian kiri pojok bawah dari suratmu.

Berikut Contoh Surat Lamaran Kerja yang Conton Digunakan untuk Fresh Graduate

Berikut Contoh Surat Lamaran Kerja yang Conton Digunakan untuk Fresh Graduate

Untuk mempermudah kamu, di bawah ini sudah mimin berikan contoh dari surat lamaran kerja yang bisa kamu simak dan contoh secara garis besarnya.

Jakarta, 20 April 2018

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : 5 Lembar

Kepada Yth

HRD PT. Jaya Sentosa Abadi

Jalan Bunaken no. 101 Cigaruas

Bogor, Jawa Barat

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari laman website disnakerja.com pada tanggal 18 April 2018 bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai Marketing Analyst. Maka dari itu, bersamaan dengan saya kirimkan surat ini, saya memiliki minat untuk mengisi lowongan pada posisi tersebut.

Berikut data diri saya :

Nama : Amiruddin Ali Akbar

Tempat Tanggl Lahir : Lhoksumawe, 09 Oktober 1995

Jenis Kelamin : Laki-laki

Alamat : Jalan Majid Sulaiman no. 24, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Pendidikan Terakhir : S1 Administrasi Bisnis Universitas Mercubuana

No. Telepon : 0812-3456-7899

Saya merupakan fresh graduate dari Universitas Mercubuana pada Jurusan Administrasi Bisnis. Saya memperoleh IPK 3,89 dengan predikat pujian dan lulus cumlaude setelah menempuh pendidikan selama 3 tahun dan 4 bulan. Saya memiliki motivasi yang tinggi, basic marketing yang baik yang saya dapatkan di organisasi dan bisnis kecil yang saya rintis ketika berkuliah. Saya juga pribadi yang mudah mberadaptasi dan bisa bekerja dengan baik secara individu ataupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, bersamaan dengan surat ini saya lampirkan :

  1. Curriculum Vitae 1 lembar
  2. Fotokopi Ijazah 1 lembar
  3. Fotokopi transkrip nilai 1 lembar
  4. Fotokopi KTP 1 lembar
  5. Pas Photo 3×4 2 lembar

Demikian permohonan ink saya buat dan ajukan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( TTD )

Amiruddin Ali Akbar

Artikel lainnya:

Artikel Terkait