Contoh CV Tulis Tangan Lulusan SMK, SMA & Fresh Graduate

Emir Al April 6, 2024

suaramuda.co.id – Curriculum Vitae adalah dokumen wajib saat melamar pekerjaan. Selain itu, ada beberapa perusahaan yang mewajibkan penyerahan resume tulisan tangan. Jika Kamu memerlukan contoh CV tulis tangan, maka artikel ini akan membantu Kamu.

Tujuan nya adalah membuat curriculum vitae tulisan tangan karena HRD ingin melihat peluang pelamar dari gaya tulisan tangan. Tidak hanya itu, HRD juga dapat menilai niat pelamar untuk mendaftar melalui curriculum vitae yang dikirimkan.

Untuk memahami cara menulis resume tulisan tangan, artikel ini akan menjelaskannya secara detail. Kamu juga dapat mempelajari cara mengisi dan menulis tip. Jadi, tidak hanya tergantung seberapa bagus tulisan tangan Kamu, tapi juga bagaimana menatanya agar terlihat rapi dan menarik.

Apa itu Curriculum Vitae?

Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup? Itulah salah satu pertanyaan yang harus Kamu pahami terlebih dahulu sebelum mulai membuatnya. Secara definisi, curriculum vitae adalah dokumen yang memuat data pribadi Kamu, mulai dari pengalaman pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, hingga kelebihan Kamu yang lain. Pada umumnya daftar riwayat hidup ditulis maksimal 2 halaman, namun jika memungkinkan lebih baik satu halaman.

Sebenarnya ada 2 jenis penulisan curriculum vitae, tulisan tangan dan diketik. Untuk versi soft file dengan mengetik di komputer, biasanya akan langsung dicek apakah sudah sesuai dengan ATS atau belum. Untuk versi tulisan tangan, pemberi kerja dapat meminta kandidat untuk mengirimkannya melalui POS atau bahkan memindainya untuk dikirim ke email. CV adalah daftar riwayat hidup yang berisi informasi tentang pelamar. Umumnya CV berisi informasi pribadi seperti biodata, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan dan hal lainnya.

Pada saat melamar pekerjaan, biasanya disertakan juga curriculum vitae dengan surat lamaran kerja, yang berfungsi sebagai surat pengantar kepada pemilik perusahaan untuk membaca curriculum vitae dan memberikan wawancara kerja.

Versi tulisan tangan umumnya membutuhkan tanda tangan basah Kamu. Karena tulisan manual, HRD bisa mengetahui kesungguhan Kamu dalam melamar posisi tersebut. Jadi, perhatikan baik-baik tulisannya agar HRD tahu seberapa teliti Kamu.

Baca juga: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman yang Baik

Berikut Tips dan Contoh Untuk Mengisi Curriculum Vitae atau CV yang Benar

Berikut Tips dan Contoh Untuk Mengisi Curriculum Vitae atau CV yang Benar

Jika Kamu mencari di internet untuk contoh cv tulis tangan, Kamu akan menemukan bahwa resume memiliki template. Hal-hal dibahas secara rinci, tetapi dibuat singkat. Jadi, pengecekan HRD tidak memakan banyak waktu.

Nah berikut tips/cara mengisi curriculum vitae sebagai panduan Kamu dalam membuatnya :

1. Data Pribadi

Data pribadi ini digunakan untuk memudahkan HRD mengetahui siapa Kamu, mulai dari nama, alamat, hingga kontak yang bisa dihubungi. Nah, cara mengisi curriculum vitae pada bagian data diri ini harus memperhatikan formalitasnya.

Contoh:

Nama: Woo Young Woo

Jenis kelamin wanita

Tempat, tanggal lahir: Rangasdengklok, 7 Januari 1995

Alamat : Jalan Garuda, Nomor 17, Blok 45, Surabaya

Status : Belum Menikah

Nomor telepon : 08162839++++

Email : youngwoo@gmail.com

Untuk bagian status, tidak semua perusahaan membutuhkannya. Namun, ada beberapa perusahaan yang tidak membuka lowongan bagi seseorang yang sudah menikah. Sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan.

‍2. Pendidikan

Bagian pendidikan tidak perlu diisi lengkap, mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga S-1. Kamu cukup mengisi dengan pendidikan terbaru. Kamu juga bisa mencantumkannya dengan menjelaskan apa nilai akhir Kamu dan penjelasan singkat mengenai kegiatan atau judul tugas akhir yang relevan dengan posisi yang Kamu lamar.

Contoh:

S-1 Ilmu Komunikasi

IPK 3.8

Judul Tugas Akhir: Hubungan Marketing Communication dan Content Design Trend-According di Media Sosial

Penjelasan di atas bisa kamu gunakan sebagai referensi jika kamu melamar posisi yang berhubungan dengan marketing, content planner, hingga social media specialist.

3. Pengalaman Organisasi/Relawan

Di bagian ini, Kamu dapat membuat daftar organisasi yang pernah Kamu ikuti di perguruan tinggi atau sekolah. Menulis dari yang terbaru sampai yang tertua. Tidak perlu mencantumkan pengalaman organisasi lebih dari 5 tahun yang lalu, karena terlalu lama.

Contoh:

Wartawan — Lembaga Pers Mahasiswa Universitas (2018–2020)

Wakil Ketua — Klub Fotografi Fakultas (2018–2019)

Bendahara — Departemen Spesialisasi Sains dan Komunikasi (2017–2018)

Kamu juga bisa menjelaskan secara singkat kegiatan yang kamu lakukan selama mengikuti kegiatan organisasi/sukarelawan.

‍4. Keahlian

Ingat, keterampilan yang tercantum harus relevan. Keahlian dapat berupa yang paling mudah sampai dengan tersulit sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan oleh perusahaan.

Contoh:

MS Office

Desain Adobe

Adobe Ilustrator

Photoshop

Untuk penguasaan bahasa, jika memang kemampuan bahasa asing Kamu lebih baik, Kamu bisa menambahkan bagian Bahasa. Kamu dapat menggambarkan batas kemampuan dalam bentuk proporsi.

‍5. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga ditulis dari terbaru hingga terlama. Jika pengalaman kerja Kamu hanya sekali, tetapi Kamu memiliki pengalaman magang, itu juga bisa dicantumkan.

Contoh:

Marketing Communication & Community Officer, PT Sepanjang Jalan Kenangan (Agustus 2020—Mei 2022)

Brand Communication, PT Aktiva Seleksi Mandiri – Magang (Januari—Juli 2020)

Social Media Officer, CV Wawasan Nusantara – Magang (Oktober–Desember 2019)

Kamu dapat menambahkan deskripsi singkat tentang meja yang sedang Kamu kerjakan di bagian bawah setiap pengalaman kerja.

Tips Menulis Curriculum Vitae (CV) Tulisan Tangan Agar Dapat Terlihat Rapi

Tips Menulis Curriculum Vitae (CV) Tulisan Tangan Agar Dapat Terlihat Rapi

Untuk menulis curriculum vitae tulisan tangan, Kamu tidak perlu takut jika tulisan tangan Kamu tidak terlalu bagus. Sebab, inti dari tulisan tangan adalah melihat kemampuan, ketelitian, dan kerapian Kamu dalam mengerjakan sesuatu.

Untuk tips menulis curriculum vitae tulisan tangan, Kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini:

1. Pilih Referensi Curriculum Vitae yang Dikecualikan

Menemukan contoh CV tulisan tangan yang tata letaknya Kamu sukai. Jika sudah menemukannya, gunakan contoh sebagai patokan.

‍2. Siapkan Kertas Kosong

Kamu memilih kertas sesuai dengan ketentuan perusahaan. Apakah harus kertas HVS biasa atau bisa kertas folio bergaris. Pastikan kertas bersih dan bebas dari noda.

‍3. Gunakan Ballpoint Hitam

Pena yang digunakan berwarna hitam. Ini karena mudah dilihat dan profesional. Jangan gunakan bolpoin warna merah karena terkesan tidak sopan dan tidak nyaman dipandang mata.

‍4. Gunakan Penggaris sebagai Panduan Margin

Baik menggunakan kertas HVS biasa maupun folio bergaris, kertas tersebut tidak memiliki margin kiri dan kanan. Karena itu, Kamu bisa menggunakan garis bayangan terlebih dahulu. Gunakan penggaris untuk menentukan garis bayangan. Tutupi dengan pensil agar Kamu bisa menghapusnya nanti dan tetap rapi.

‍5. Menulis dengan Baik

Menulislah dengan baik. Jangan sampai ada data yang terlewat atau bahkan tidak sesuai dengan fakta.

‍6. Periksa dengan teliti

Setelah selesai menulis, periksa lagi. Cek apakah semua data sudah benar dan tidak ada salah ketik atau salah ketik.

Inilah Contoh CV Tulis Tangan Untuk SMK/SMA Maupun Fresh Graduate

Sebagai referensi Kamu, berikut ini saya sajikan beberapa contoh CV tulis tangan. Pilih salah satu yang Kamu sukai sebagai referensi dalam menulis curriculum vitae Kamu:\

Inilah Contoh CV Tulis Tangan Untuk SMK/SMA Maupun Fresh Graduate
Inilah Contoh CV Tulis Tangan Untuk SMK/SMA Maupun Fresh Graduate

Itulah hal-hal yang perlu Kamu perhatikan tentang cara menulis curriculum vitae tulisan tangan. Dari contoh CV tulis tangan di atas, pilihlah layout yang menurut Kamu paling menarik dan bisa ditambahkan aksen lain, namun jangan sampai layout dokumen terlihat berlebihan.

Ketika Kamu memahami cara menulis riwayat hidup tulisan tangan, nantinya akan mudah bagi Kamu untuk membuat yang diketik. Kedua versi ini bisa Kamu gunakan setiap kali melamar pekerjaan, Kamu tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan.

Kamu hanya perlu memilih lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi Kamu dengan mencari dengan mengetikkan nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan. Kemudian Kamu juga dapat memfilter informasi berdasarkan sistem kerja dan gaji tertinggi.

Simak Juga Artikel Lainnya:

Artikel Terkait