Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah & Lulus (Word, PDF)

Emir Al April 5, 2024

Bagi kamu mahasiswa yang berniat untuk magang, kerja part time, atau melakukan kegiatan yang membutuhkan curriculum vitae, kali ini aku Indonesia akan memberikan contoh yang baik dan benar untuk kamu. Simak contoh CV mahasiswa di artikel ini.

Menjadi mahasiswa tidak berarti hanya kembali ke perguruan tinggi. Sebaiknya mengisi waktu selama kuliah dengan cara part time atau magang. Selain dapat menghasilkan uang, memiliki pengalaman tersebut juga dapat meningkatkan berbagai kemampuan kamu yang tentunya akan berguna untuk kisah karir kamu selanjutnya.

Perusahaan kecil dan perusahaan ternama kini sering membuka lowongan kerja magang atau paruh waktu bagi mahasiswa. Namun karena peminatnya tidak banyak, tidak semua orang yang mendaftar bisa mengikuti magang atau seleksi paruh waktu.

Apa Saja isi yang Terdapat Pada CV Mahasiswa?

Banyaknya persaingan dalam melamar magang atau part time membutuhkan strategi khusus agar HRD atau perusahaan tertarik, salah satunya dengan membuat CV yang baik dan benar. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat CV yang benar, berikut contoh CV mahasiswa yang bisa kamu ikuti.

Untuk memasuki dunia kerja selain doa dan keberanian ada hal teknis yang tidak boleh dilupakan yaitu membuat CV yang baik dan benar. Proses pembuatan CV mahasiswa bisa dibilang tidak terlalu mudah, apalagi sebagian besar mahasiswa tidak memahami proses nekad tersebut. Melansir dari berbagai sumber, berikut cara menjadikannya sebagai contoh CV mahasiswa yang masih kuliah.

Baca juga: Cara Cek BPOM Kosmetik & Makanan Online Www.pom.go.id

1. Identitas diri

Didalam CV pastinya kita harus melampirkan identitas diri karena hal ini merupakan elemen penting yang harus dicantumkan dalam CV seorang mahasiswa. Identitas yang harus dicantumkan antara lain

  • nama lengkap
  • tempat dan tanggal lahir
  • nomor telepon
  • surel

2. Isi Prestasi Dengan Sesingkat Mungkin

Memiliki segudang prestasi patut diketahui para perekrut. Namun, kamu tidak perlu mencantumkan semuanya saat membuat CV kamu, Property People. Pasalnya, memberikan informasi yang terlalu banyak akan mengurangi kelebihan lain yang ingin ditampilkan. Dengan demikian, kamu harus mencantumkan isi CV yang berkaitan dengan posisi yang kamulamar.

3. Data Pendidikan

Data pendidikan merupakan salah satu hal yang perlu ditekankan saat menulis CV mahasiswa. Ada beberapa hal penting yang perlu dicantumkan saat menulis riwayat akademik pada CV, seperti mencantumkan nama kampus, jurusan, dan IPK. Jika kamu memiliki pengalaman dalam kursus atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, kamu juga dapat mencantumkannya di sini.

4. Magang dan Pengalaman Organisasi

Meskipun kamu tidak memiliki pengalaman kerja, CV kamu tetap harus memberikan pengalaman magang atau organisasi. Biasanya, HRD akan lebih menilai kamu jika kamu memiliki pengalaman sebelumnya. Selain itu, pengalaman organisasi dapat membantu kamu mempelajari cara bekerja dalam tim dan dengan tipe orang yang berbeda.

5. Prestasi dan Keterampilan

Pilih keterampilan dan prestasi yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya, prestasi bermain band tidak perlu disebutkan jika kamu melamar posisi koki.

6. Tata Letak

Saat ini ada dua jenis CV yang umum digunakan yaitu CV biasa dan CV kreatif. Perbedaan kedua tipe ini hanya terletak pada desainnya. Walaupun tidak perlu mengaplikasikan desain yang menarik, CV biasa tetap harus menggunakan tata letak yang tepat agar HRD tidak bingung saat membaca. Sama halnya dengan CV kreatif, saat mengaplikasikan desain usahakan perhatikan tata letak yang benar. Tata letak mencakup penempatan informasi yang harus ada di CV beserta penempatan foto (opsional).

7. Hobi dan Minat

Hobi dan minat juga perlu dicantumkan dalam CV sebagai bentuk work-life balance, apalagi jika perusahaan tujuan kamu terkesan lebih informal. Untuk perusahaan formal, sebaiknya hindari memasukkan hal-hal pribadi seperti ini.

Begini Cara Membuat CV Mahasiswa yang Menarik Agar Mudah Keterima Kerja

Begini Cara Membuat CV Mahasiswa yang Menarik Agar Mudah Keterima Kerja

Untuk CV kita dapat dipanggil atau dilirik oleh suatu perusahaan maka kita harus membuat CV kita terlihat menarik terlebih dahulu. Namun Menarik saja tidak cukup, nah berikut cara membuat cv siswa yang menarik, sebagai berikut:

1. Deskripsi Diri

kamu dapat memberikan paragraf yang menggambarkan diri kamu sendiri. Biasanya, deskripsi ini adalah hal pertama yang dilihat perekrut, jadi harus semenarik mungkin. Hal-hal yang dapat kamu tambahkan antara lain:

  • Keterampilan yang paling menonjol dan relevan
  • Kontribusi apa yang dapat kamu berikan kepada organisasi/perusahaan magang
  • Career goals / tujuan karir yang ingin kamu capai

2. Tuliskan Keahlian

Sebagai aturan, siswa masih belum memiliki banyak pengalaman kerja. Namun, jangan khawatir, kamu tetap bisa membuat CV yang menarik dengan menghadirkan unsur-unsur berikut ini.

  • Magang atau pengalaman kerja paruh waktu
  • Pengalaman organisasi
  • Informasi tentang kemampuan yang dimiliki
  • Proyek atau makalah penelitian

Berikut Hal-Hal yang Tidak Perlu Dicantumkan Dalam Pembuatan CV Mahasiswa

Berikut Hal-Hal yang Tidak Perlu Dicantumkan Dalam Pembuatan CV Mahasiswa

Tidak semuanya perlu dicantumkan dalam CV, ada beberapa informasi atau pantangan yang harus kamu hindari agar perusahaan tidak menolaknya, seperti berikut ini.

1. Informasi Terlalu Panjang

Adapun informasi yang dicantumkan dalam CV harus menggunakan kata-kata yang efektif dan menyertakan garis besar data pribadi kamu.

2. Informasi yang Kurang Tepat

Sebagai mahasiswa yang ingin melamar ke perusahaan, kejujuran adalah hal yang paling utama. kamu perlu menulis informasi yang benar dan jujur agar perekrut dapat memeriksa CV kamu sesuai dengan bakat kamu.

3. Desain Over-the-top

Hal terpenting dalam mengirimkan CV adalah informasi yang kamu berikan dapat dibaca dengan baik dan cepat oleh HRD. Untuk itu, kamu tidak perlu menggunakan desain yang terlalu ramai atau berlebihan di CV kamu, Toppers.

4. Gunakan Satu Bahasa

Selanjutnya CV dapat ditulis dalam satu bahasa saja yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sehingga HRD dapat memahami isi CV dengan cepat, indah dipandang, dan tidak ribet.

Inilah Contoh CV Mahasiswa yang Bisa Kamu Ikuti Baik Masih Kuliah Atau Sudah Lulus

Setelah mengetahui isi CV dan hal-hal yang tidak perlu dicantumkan, kini kamu bisa membuat CV mahasiswa dengan baik dan benar. Sebagai ilustrasi, kamu bisa mengikuti beberapa contoh di bawah ini:

1. CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Walaupun masih mahasiswa, kita sering diminta membuat CV lho. Ini dapat digunakan untuk mengajukan beasiswa, magang, atau paruh waktu. Dalam hal ini, kamu bisa merujuk pada data organisasi, UKM, dan berbagai keahlian sebagai keahlian yang bisa dilihat oleh HRD.

2. CV Mahasiswa Magang

CV Mahasiswa Magang

Bisa dibilang magang adalah langkah awal bagi seorang mahasiswa atau fresh graduate sebelum menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan. Magang juga sering dimasukkan dalam kredit perguruan tinggi. Untuk itu diperlukan CV yang bagus dan menarik agar perusahaan bisa tertarik dengan kamu.

3. CV Mahasiswa Paruh Waktu

CV Mahasiswa Paruh Waktu

Tak hanya magang, part time juga bisa menjadi pilihan untuk menambah pengalaman dan uang saku. Biasanya mahasiswa yang mengambil part time memiliki tujuan membantu orang tua atau membayar biaya semester. Ketika kamu ingin mendaftarkan perusahaan, restoran, toko, atau tempat lainnya, kamu bisa membuat CV seperti di atas.

4. Bahasa Inggris CV

Bahasa Inggris CV

Sekarang banyak perusahaan yang menuntut kita untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris, baik tulisan maupun lisan. Sebagai nilai tambah dan bukti bahwa kamu bisa menguasai bahasa, kamu bisa membuat CV Bahasa Inggris.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait