Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Benar Untuk Lamar Kerja

Emir Al February 27, 2024

Sudahkah kamu lulus dari sekolah pendidikan kamu? Jika iya, maka tentunya kamu harus mencari pekerjaan dan memulai karir baru, tentunya kamu perlu membuat lamaran kerja dan curriculum vitae terlebih dahulu, yuk simak contoh daftar riwayat hidup berikut ini.

Daftar riwayat hidup adalah informasi tentang seseorang yang ditulis langsung di atas kertas dan tulisan ini akan menjadi pertimbangan HRD saat menyaring karyawan baru. Namun, setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda tentang cara menulis surat lamaran dalam format yang berbeda, semua perusahaan mengeluarkan kandidat untuk menyerahkan daftar riwayat hidup dan surat lamaran mereka dalam bentuk tulisan tangan atau cetakan.

Namun, ada juga beberapa departemen perusahaan yang mewajibkan setiap pelamar kerja untuk menulis cover letter curriculum vitae dalam bentuk word. Lalu bagaimana cara membuat curriculum vitae yang benar dan menarik bagi kamu yang belum pernah melakukannya, sangat penting untuk membaca artikel ini, karena akan berpengaruh pada saat kamu melamar pekerjaan, saya akan memberikan beberapa contoh daftar riwayat hidup dalam bentuk kata.

Apa itu Daftar Riwayat Hidup atau CV?

Mungkin sebelum membuat curriculum vitae banyak dari kamu yang masih belum paham dengan penjelasan dari curriculum vitae ini. Untuk kenyamanan dan kemudahan kamu saat menulis daftar riwayat hidup, kamu bisa melihat bagian pembahasannya.

Curriculum Vitae atau biasa disebut dengan CV adalah pernyataan khusus yang berisi tentang informasi pribadi kandidat, pendidikan, daftar prestasi, dan pengalaman kerja sebelumnya. Curriculum Vitae (CV) ini berupa surat yang digunakan oleh pencari kerja khususnya pencari kerja selain dokumen data dengan persyaratan lamaran kerja yang akan digunakan oleh HRD sebagai bahan refleksi untuk perekrutan dan penerimaan karyawan baru.

Namun untuk menulis atau membuat curriculum vitae, kamu harus jujur. Karena jika kamu tidak jujur, maka riwayat hidup kamu tidak akan sah. Selain itu, nantinya curriculum vitae ini akan mempersulit kamu dalam melakukan pekerjaan karena ya ada data yang tidak sesuai dengan curriculum vitae kamu.

Pada dasarnya curriculum vitae atau daftar riwayat hidup ini dapat dikatakan sebagai gambaran yang sangat detail tentang kehidupan seseorang. Oleh karena itu, nantinya kamu bisa langsung menuangkan banyak hal ke dalam curriculum vitae kamu.

Untuk menulis riwayat hidup, kamu harus melakukannya atau menulisnya dengan benar. Penggunaan resume ini tidak diperbolehkan untuk ditulis sembarangan. Tentunya kamu harus tahu cara menulis resume yang baik.

Sekedar informasi, curriculum vitae ini dapat ditulis dengan dua cara, yaitu diketik dan tulisan tangan. Cara menulis resume kamu tergantung pada persyaratan perusahaan tempat kamu melamar. Jika perusahaan mengharuskan kamu menulis dengan tangan, kamu harus menulis dengan tangan dan sebaliknya.

Baca juga: Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah & Lulus (Word, PDF)

Cara Membuat Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan Umum

Cara Membuat Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan Umum

Dalam membuat daftar riwayat hidup juga memiliki caranya agar menghasilkan yang terbaik dan dapat dilirik oleh perusahaan yang kamu daftarkan nantinya. Adapun Cara Membuat daftar riwayat hidup Untuk Melamar Pekerjaan Umum, sebagai berikut :

1. Identitas Diri

Identifikasi pribadi kamu seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon atau nomor ponsel dan alamat email harus disertakan dalam daftar riwayat hidup kamu. Pastikan nomor ponsel yang kamu cantumkan adalah nomor aktif yang kamu gunakan saat ini. Tentu akan menjadi masalah jika nomor ponsel yang kamu gunakan tidak bisa terhubung saat perusahaan menelepon kamu.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam menyelesaikan proses pembuatan daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan lain adalah mencantumkan alamat email, kalaupun sudah mencantumkan alamat email, gunakan alamat email dengan nama asli, jangan yang aneh-aneh. nama. kamu juga dapat menyertakan foto paspor untuk membuat daftar riwayat hidup kamu lebih menarik.

2. Pendidikan

Cara membuat curriculum vitae untuk melamar pekerjaan yang kedua adalah dengan mencantumkan pendidikan. menahan pendidikan terakhir yang kamu miliki dan jurusan yang telah kamu ambil. kamu juga dapat mencantumkan IPK yang kamu inginkan jika kamu mau. Kesalahan dalam menulis riwayat pendidikan pada daftar riwayat hidup adalah menuliskan semua tahapan pendidikan yang dijalani, padahal hanya perlu menuliskan jenjang terakhir.

3. Keahlian yang Dimiliki

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat membuat IPK yang tinggi belum tentu menjamin kamu akan lulus kualifikasi yang dicari oleh perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan keahlian yang harus dimiliki baik dari yang ringan sampai yang berat.

Dalam proses pembuatan curriculum vitae untuk melamar pekerjaan, kamu harus mencantumkan keahlian yang kamu miliki, misalnya saat kamu melamar menjadi desain grafis di sebuah perusahaan. Kemudian tuliskan perangkat apa saja yang kamu gunakan, seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan lainnya.

Bukan hanya kemampuan lainnya yang saat ini diperhatikan oleh sebuah perusahaan, tetapi juga keahlian seperti leadership, kreativitas, manajemen waktu yang baik dan lain-lain. Cara membuat curriculum vitae untuk melamar pekerjaan, harus menuliskan keahlian yang dimiliki. Ingat kamu harus menulisnya sejujur mungkin, tidak mengada-ada dan juga tidak melebih-lebihkan.

4. Pengalaman Kerja dan Deskripsi

Cara membuat curriculum vitae untuk melamar pekerjaan selanjutnya adalah dengan menuliskan pengalaman kerja dan kemampuan kamu. Ini bisa menjadi kunci bagi HRD untuk menilai apakah kamu sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan atau tidak.

Sebagai fresh graduate yang biasanya belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa memberikan pengalaman magang jika pernah melakukan magang di sebuah perusahaan. Namun jika tidak, kamu juga dapat menuliskan organisasi yang pernah kamu ikuti.

Misalnya, pengalaman di dunia jurnalistik di Pers Mahasiswa (Persma) sangat dibutuhkan saat melamar posisi content writer. Berbekal pengalaman kerja, atau organisasi yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar, tentunya akan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan tersebut.

Perusahaan juga akan membatasi berapa lama kamu bekerja di posisi tersebut. Semakin lama kamu berada di posisi itu, semakin berpengalaman kamu. Begitu juga tuliskan sudah berapa lama kamu magang atau bergabung dengan organisasi tersebut.

Hal yang sering dilupakan saat menuliskan pengalaman kerja adalah jangan mendeskripsikannya, padahal menjelaskan pekerjaan apa yang kamu lakukan akan membantu HRD untuk mengetahui keahlian kamu. Misalnya, kamu magang di sebuah stasiun televisi untuk menjadi seorang reporter.

menarik setiap pekerjaan yang kamu lakukan selama magang, misalnya seperti menulis 3 berita dalam satu hari. Tentunya hal ini akan menjadi pertimbangan kuat untuk merekrut HRD kamu.

5. Cek Daftar Riwayat Hidup

Cara membuat daftar riwayat hidup melamar kerja yang terakhir adalah dengan mengecek kembali curriculum vitae yang sudah kamu buat. Jangan sampai ada kesalahan yang belum sempat kamu perbaiki, seperti salah ketik atau typo. Lihat kembali informasi yang kamu tulis di lembar CV. Jangan sampai informasi tersebut tidak relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Lebih tepatnya, gunakan juga jenis tulisan yang profesional dan tidak aneh-aneh, termasuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Tujuannya untuk memudahkan tim rekrutmen memahami curriculum vitae yang telah kamu tulis.

Contoh dan Cara Membuat Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja Supaya Mudah Diterima

Contoh & Cara Membuat Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja Supaya Mudah Diterima

Untuk kamu yang masih bingung harus bagaimana dalam membuat CV yang menarik dan bagus. Dan bingung apa saja isinya kamu bisa gunakan contoh cara membuat riwayat hidup yang baik dan benar, sebagai berikut:

1. Contoh Riwayat Hidup Bahasa Indonesia

Contoh Riwayat Hidup Bahasa Indonesia

Berikut contoh dari daftar riwayat hidup dalam bentuk bahasa indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi dalam menulis daftar riwayat hidup kamu.

2. Contoh Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Contoh Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh dari daftar riwayat hidup dalam bahasa inggris yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi untuk kamu yang ingin membuat daftar riwayat hidup.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait