15+ Cara Menenangkan Pikiran dan Hati Menurut Psikologi

Emir Al June 12, 2024

Cara menenangkan pikiran yang tepat sangat dibutuhkan untuk menghilangkan stres dan meningkatkan produktivitas. Misalnya menenangkan pikiran saat suasana hati tidak menentu atau kacau, ingin cepat tidur, dan mengurangi stres. Ada berbagai cara untuk menumbuhkan rasa tenang dan rileks dalam pikiran.

Metode ini telah diuji oleh para peneliti untuk menunjukkan energi, kreativitas, dan perhatian untuk diatasi. Beberapa orang mengalami kecemasan, stres, dan terlalu banyak berpikir. Stres dapat berdampak pada tubuh dan energi.

Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi kecerdasan emosional dalam pengambilan keputusan. Ada berbagai cara untuk menenangkan pikiran yang kacau. Menurut penelitian cara ini bisa memunculkan ide dan kreatifitas saat tidak fokus. Berikut beberapa cara untuk menenangkan hati dan pikiran.

Berikut Cara Menenangkan Pikiran & Hati Agar Bisa Tidur Menurut Para Ahli

Ada banyak cara menenangkan hati dan pikiran yang bisa kamu coba di sela-sela kesibukan bekerja.
saya mengerti bahwa kamu tidak punya banyak waktu luang, bukan? Apalagi saat beban kerja semakin besar dan tekanan semakin tinggi. Namun, jika kamu selalu melepaskan kekhawatiran dan kecemasan kamu, kualitas pekerjaan kamu juga akan baik. Berikut cara menenangkan pikiran sebagai berikut:

Baca juga: Kata-Kata Motivasi, Pengertian, Tujuan, Beserta Contohnya

1. Meditasi

Meditasi

Menurut Verywell Mind, meditasi sangat bermanfaat untuk mengurangi pikiran negatif dan membantu kamu lebih rileks. Untuk pemula, kamu bisa mencoba melakukan sesuatu yang sehat dengan cara berikut:

  • Temukan tempat yang jauh dari kebisingan dan jauhkan semua perangkat elektronik kamu. kamu bisa memilih posisi duduk di lantai atau di kursi.
  • Tetapkan batas waktu sesuai keinginan kamu. Bisa 5, 10, atau bahkan 20 menit.
  • Tarik napas dan fokuskan pada apa yang kamu rasakan pada tubuh kamu.
  • Saat pikiran kamu mulai mengembara, perhatikan dan perlahan alihkan fokus kamu kembali ke napas.

2. Beri Tahu Masalah Pada Orang Lain

Beri Tahu Masalah Pada Orang Lain

Cara menenangkan hati dan pikiran selanjutnya adalah dengan menceritakan apa yang sedang kamu rasakan. kamu bisa memilih siapa saja yang kamu percayai, baik itu orang tua, teman, rekan kerja, mentor, atasan, atau terapis jika diperlukan. Dengan bercerita, kamu bisa mendapatkan sudut pandang lain yang bisa membuat kamu tenang, atau paling tidak, kamu bisa meletakkan beban dan kekhawatiran yang ada di hati dan pikiran kamu.

3. Menulis

Menulis

Jadi, jika kamu tidak nyaman bercerita kepada orang lain, menulis bisa menjadi alternatif solusi yang tepat. kamu tidak perlu memperhatikan tata bahasa atau ejaan, yang terpenting adalah kamu dapat mencurahkan hati dan pikiran kamu ke dalam tulisan. Namun, agar kesedihan atau kekhawatiranmu tidak berlarut-larut, kamu juga bisa mengatur batas waktu menulis sekitar 20-30 menit.

4. Coba Pernapasan Kotak

Coba Pernapasan Kotak

Teknik pernapasan ini, juga dikenal sebagai pernapasan 1:1, banyak digunakan dalam latihan yoga.
Cara melakukannya sangat mudah, kamu hanya perlu menarik nafas lalu mengisi daya dengan durasi yang sama. Misalnya, tarik napas selama 7 detik lalu buang napas selama 7 detik. Teknik ini sangat membantu untuk memperlambat detak jantung sehingga bisa mengurangi kecemasan. Itu sebabnya pernapasan kotak bisa menjadi cara untuk menenangkan hati dan pikiran.

5. Olahraga

cara menenangkan pikiran dengan Olahraga

Dilansir dari Harvard Health Publishing, olahraga dapat memengaruhi sistem saraf yang dapat membantu mengurangi stres. Tidak perlu olahraga berat, jalan kaki selama 30 menit sudah cukup membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, jalan kaki juga bisa membuat kamu lebih peka terhadap lingkungan dan menikmatinya. Poin plusnya, tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

6. Dengarkan Musik

Saat kamu memiliki banyak pikiran yang mengganggu, musik bisa menjadi pengalih perhatian yang membantu. Menurut Web MD, musik juga bisa menenangkan aktivitas di otak. Hal inilah yang membuat musik dapat membantu menenangkan hati dan pikiran.
Namun, kamu harus mendengarkan dan merasakan musiknya, sehingga kamu benar-benar dapat teralihkan. Jika kamu bisa memainkan alat musik, kamu juga bisa mencoba memainkannya untuk menjernihkan pikiran yang bingung.

7. Bantu Orang Lain

Salah satu alasan mengapa kamu tidak tenang adalah merasa sepi dan sendiri. Saat membantu orang lain, perasaan kesepian akan hilang. Apalagi ketika kamu juga berhasil membahagiakan orang lain. Perasaan bahagia itu juga akan menular pada kamu. Kapan pun kamu mendapat kesempatan dan kapan pun kamu bisa, tawarkan untuk membantu rekan kerja yang tampaknya mengalami kesulitan.
Tidak ada salahnya menjalin hubungan baik dengan rekan kerja kamu, karena kamu akan selalu berhubungan dengan mereka.

8. Jalan-Jalan

Nah, cara yang satu ini pasti ampuh untuk memenangkan hati dan pikiran, apalagi saat kamu benar-benar penat dari pekerjaan. Destinasi liburan apa saja yang ada di bucket list kamu? Setiap orang pasti memiliki preferensinya masing-masing mengenai tempat liburan seperti apa yang bisa membawa ketenangan. Mulai dari pantai, pegunungan, galeri seni, atau bahkan staycation menginap di hotel tanpa melakukan apapun juga bisa membuat kamu lebih tenang dan bahagia.

9. Yoga

Manfaat yoga untuk kesehatan jasmani dan rohani adalah menjadi salah satu dari 15+ cara menenangkan pikiran, berikut manfaat nya :

  • meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan tubuh
  • melemaskan tubuh
  • membantu memperbaiki pola tidur
  • mengurangi stres
  • menambah energi dan mengangkat mood

Untuk pemula, kamu bisa mengikuti kelas yoga khusus pemula yang diadakan setiap akhir pekan atau di luar jam kerja. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa berlatih di rumah dengan menonton video tutorial di internet.

10. Membuat karya seni

Ternyata melakukan sesuatu yang memicu kreativitas juga bisa membantu menenangkan hati dan pikiran lho. kamu dapat mencoba banyak hobi baru, seperti:

  • melukis
  • mengukir
  • membuat scrapbook
  • Buat tas

Kini, kamu tidak perlu repot mencari bahan secara terpisah karena banyak toko online yang menjual bahan dan perlengkapan dalam satu paket, seperti bordir kit atau scrapbook kit. Mirip dengan mendengarkan musik, membuat karya seni bisa mengalihkan pikiran kamu ke hal-hal yang lebih seru. kamu tidak perlu khawatir dengan hasil akhirnya, karena nantinya kamu tidak akan bisa menikmati proses pembuatannya.

11. Bersihkan tempat tidur

kamu mungkin tidak menyadarinya, tapi lingkungan di sekitar kamu sangat mempengaruhi fokus bahkan mood kamu lho. Jangankan ruangan yang berantakan, warna dinding saja sudah bisa mempengaruhi mood seseorang. Menurut Healthline, saat kamu membersihkan, kamu mengembalikan barang ke tempatnya semula. Hal ini dapat membantu menyegarkan proses berpikir kamu dan membuat kamu lebih nyaman beraktivitas.

12. Melakukan aktivitas di luar ruangan

15+ Cara menenangkan pikiran dan hati selanjutnya adalah dengan menghirup udara segar. Artinya, kamu bisa melakukan aktivitas outdoor di tempat-tempat yang menyegarkan. Contohnya seperti di taman kota atau tempat wisata alam lainnya. Namun, kamu juga bisa melakukan aktivitas luar ruangan di rumah, seperti mulai berkebun di pekarangan rumah. Saat mulai panen atau berbunga, pasti akan ada kenikmatan tersendiri yang kamu rasakan.

13. Buat jurnal rasa syukur

Gratitude journal adalah jurnal dimana kamu dapat mengungkapkan rasa syukur setiap hari, sehingga kamu dapat selalu mengingat hal-hal baik yang terjadi. Saat kamu mengalami masa-masa sulit, jurnal rasa syukur ini dapat memberi kamu harapan. Apa yang kamu tulis tidak selalu harus berupa acara atau permintaan besar. Pada waktu-waktu tertentu, hal-hal kecil bisa sangat berarti.

14. Konsumsi banyak nutrisi

Makanan memiliki pengaruh besar tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga pada tingkat energi dan suasana hati. Salah satu cara menenangkan hati dan pikiran adalah dengan pergi membeli makanan favorit. Namun, kamu juga perlu memperhatikan pola makan kamu. Pola makan yang tidak sehat pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Bukannya tenang malah menambah beban pikiran.

15. Membaca

Beberapa orang dapat menemukan kedamaian saat membaca. Tidak harus selalu buku dengan topik yang berat, kamu bisa membaca apapun yang kamu suka. Seperti novel fiksi, cerpen, atau bahkan puisi. Selain menyenangkan dan mengasyikkan, tidak jarang kamu mendapatkan banyak pelajaran saat membaca.

16. Istirahat

Itulah cara menenangkan pikiran hati yang terakhir adalah dengan beristirahat. Alasan mengapa kamu selalu merasa gelisah bisa jadi karena kamu lelah. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja. Ingat, kamu bukan robt. Tubuhmu pasti ada batasnya, jangan sampai kamu ambruk duluan. Periksa kembali pola dan kualitas tidur kamu dan bersiaplah untuk perbaikan.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait