Cara Cek Penerima BSU Dengan Aplikasi Pospay Secara Online

Emir Al July 3, 2024

Naiknya harga BBM memberikan dampak yang begitu besar bagi masyarakat di Indonesia. Banyak sekali yang mengeluhkan hal tersebut, lantaran biaya semuanya menjadi meningkat. Namun pemerintah kita tidak tinggal diam, mereka bergerak untuk memberikan BSU bagi yang membutuhkannya. Nah untuk itu kami akan bagikan Cara Cek Penerima BSU untuk kamu yang belum mengetahuinya.

Semenjak pandemi covid-19 banyak sekali kerugian yang di dapat, ditambah lagi dengan kenaikan harga BBM yang menyebabkan harga lainnya juga ikutan naik. Ini mengakibatkan daya beli masyarakat menjadi menurun. Dengan begitu roda ekonomi di Indonesia menjadi sangat lemah.

Nah disini pemerintah memberikan langkah berani untuk memberikan Bantuan Subsidi Upah atau yang biasa kita dengar dengan BSU. Lantas siapa saja sih yang berhak menerima BSU ini? Nah buat kamu yang penasaran dengan informasinya, yuk langsung saja simak pembahasan nya berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai BSU atau Bantuan Subsidi Upah

Cara Cek Penerima BSU

BSU atau Bantuan upah subsidi merupakan sebuah agenda bantuan yang di berikan oleh pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk melakukan pemulihan pada sektor ekonomi akibat kenaikan harga BBM dan juga pandemi covid 19. Kedua hal tersebut yang memicu turunnya daya beli masyarakat di Indonesia saat ini.

Banyak sekali pihak terkait dari diberikannya BSU ini, misalnya saja seperti Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementrian BUMN, Kemnaker, Kemenkeu, sampai dengan BPJS Ketenagakerjaan melakukan koordinasi dalam menentukan besaran bantuan yang akan di berikan.

Yah bantuan ini sejumlah Rp. 600.000 per orang dalam satu periode penerimaan. Tujuan utama dari BSU ini adalah mempertahankan dan menjaga kestabilan ekonomi yang ada di Indonesia. Selain itu bantuan ini juga diharapkan bisa menjadi faktor meningkatnya daya beli masyarakat guna pemulihan ekonomi yang ada di negara kita.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) berucap bahwa BSU ini akan diberikan mulai tanggal 25 Agustus 2020 yang juga dikukuhkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Untuk jumlah penerima pada tahap satu ini sejumlah 15,7 juta orang dan angka yang akan dikeluarkan senilai 37,7 Triliun Rupiah. Sedangkan untuk jumlah penerima bantuan akan di tingkatkan menjadi 13,8 juta orang.

Tapi disayangkan tidak semua masyarakat bisa menikmati BSU ini. Pasalnya pemerintah telah menetapkan peraturan dan syarat bagi penerima bantuan. Nah maka dari itu, informasi mengenai syarat yang akan diberikan ini wajib kamu ketahui. Untuk itu simak syarat-syarat nya berikut ini.

Syarat Menjadi Penerima BSU

Banyak yang menanyakan siapa saja yang berhak menerima bantuan BSU ini. Nah jika hal serupa yang ingin kamu ketahui, maka kami akan segera memberi tahu nya untuk kamu. Penerima yang berhak menerima bantuan subsidi upah ialah pekerja yang terus aktif dalam agenda BPJS Ketenagakerjaan yang terus membayar iuran sampai dengan bulan juli tahun 2022 lalu.

Namun jika kamu termasuk salah satu buruh yang terkena dampak PHK setelah bulan juli 2022, maka kamu masih termasuk kedalam kategori penerima bantuan subsidi upah. Bantuan yang akan kamu terima adalah senilai Rp. 600.000 Rupiah. Nah untuk persyaratan lainnya bisa kamu cek di bawah ini ya.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Peserta BPJS Ketenagakerjaan dan membayar iuran sampai Juli 2022.
  • Memiliki gaji terbesar Rp. 3.500.000 atau memiliki upah minimum sejumlah itu.
  • Tidak bertugas sebagai PNS, TNI, Polri.
  • Kamu tidak termasuk kedalam penerima bantuan pemerintah lainnya.

Diatas merupakan syarat yang harus kamu penuhi apabila ingin memperoleh bantuan subsidi upah tersebut. Jika saat ini kamu yakin dengan persyaratan tersebut, maka bisa dipastikan kamu akan memperoleh nya.

Cara Cek Penerima BSU Pospay

Cara Cek Penerima BSU

Pastinya kamu sudah sedikit memahami ya mengenai bantuan subsidi upah ini. Untuk itu langkah yang mesti kamu lakukan saat ini adalah melakukan pengecekan apakah kamu termasuk penerima BSU atau tidak. Disini kami telah menyiapkan informasi yang berkaitan dengan cara cek penerima BSU pospay yang telah kami siapkan.

Untuk melakukan penecekan ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor pos. Pasalnya kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pospay yang ada di playstore maupun appstore. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana langkahnya, yuk simak tutorialnya sebagai berikut.

  • Pertama download aplikasi Pospay di playstore.
  • Ketika sudah berhasil melakukan unduhan, kamu bisa buka aplikasinya.
  • Kamu bisa memilih pilihan Beranda pada tampilan awa;, dan kamu bisa melakukan klik pada logo Kemnaker di bagian pojok kanan bagian bawah.
  • Setelah itu kamu bisa pilih pilihan BSU Kemnaker 1 di dalam kolom jenis bantuan.
  • Persiapkan KTP kamu.
  • Jika sudah siap, maka foto KTP kamu dan harus terlihat jelas.
  • Berikutnya kamu isi seluruh informasi yang di butuhkan dengan benar. Dan kamu bisa klik pilihan lanjutkan.
  • Apabila kamu termasuk kedalam penerima bantuan, maka akan ada kode QR di aplikasi tersebut.

Ketika kamu telah mendapatkan kode QR tersebut, maka kamu bisa mengunjungi kantor pos terdekat untuk melakukan pencairan untuk bantuan subsidi upah tersebut. Nantinya kamu akan di pandu oleh petugas pos yang ada disana. Selamat mencobanya ya.

Baca Juga:

Artikel Terkait