Contoh Pidato Persuasif, Singkat, Formal Tentang Covid-19

Emir Al May 8, 2024

Contoh Pidato adalah sebuah ucapan yang diberikan oleh seseorang di depan orang banyak. Pidato bisa disampaikan dalam berbagai macam acara, seperti acara resmi, perayaan, seminar, ataupun acara sosial lainnya.

Pidato bertujuan untuk menyampaikan pesan atau ide kepada orang yang mendengarkan, sehingga pidato harus disusun dan disampaikan dengan baik agar mudah dipahami oleh pendengar. Mari simak informasi lebih lanjut di bawah ini. Chek this out !

Penjelasan dan Contoh Singkat Pidato Informatif

Nah, Pidato informatif adalah pidato yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan tentang suatu topik kepada pendengar. Pidato informatif biasanya menggunakan fakta – fakta dan data yang valid untuk menjelaskan topik yang dibahas.

Dapat digunakan dalam berbagai macam acara, seperti seminar, workshop, ataupun acara resmi lainnya. Contoh Pidato informatif juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi, seperti pidato tentang bencana alam atau pidato tentang sejarah suatu tempat.

Kami juga menyiapkan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat pidato informative. Berikut ini silahkan simak informasi nya lebih lanjut.

Beberapa Hal yang Perlu Di Perhatikan Saat Membuat Pidato Informatif

Beberapa Hal yang Perlu Di Perhatikan Saat Membuat Pidato Informatif

Ada beberapa topic atau hal yang perlu di perhatikan di saat kamu akan membuat pidato informative. Untuk membuat pidato informatif yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

  • Pilih topik yang sesuai dengan audiens

Topik yang di pilih oleh mu harus sesuai dengan kepentingan dan minat audiens, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk mendengarkan pidato kamu.

  • Buat dan Susun dengan baik

Susunlah pidato dengan logis dan mudah dipahami, serta gunakan fakta – fakta dan data yang valid untuk menjelaskan topik yang dibahas. Gunakan contoh – contoh yang relevan untuk memperjelas ide yang ingin disampaikan.

  • Gunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat pemahaman audiens

Jangan menggunakan bahasa yang terlalu sulit atau terlalu sederhana, karena akan menyulitkan pendengar dalam memahami pidato kamu. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan etika.

  • Gunakan media yang tepat

Kamu juga dapat menggunakan media sesuai dengan tema dan tujuan pidato. Misalnya, jika kamu ingin menyampaikan pidato tentang teknologi, kamu dapat menggunakan slide presentasi atau video untuk memperjelas ide yang ingin disampaikan.

  • Berlatih menyampaikan pidato di depan mirror

Hal ini dapat membantu kamu untuk mengevaluasi ekspresi wajah dan gerak tubuh saat menyampaikan pidato. Ini juga dapat membantu kamu untuk mengetahui apakah pidato yang kamu sampaikan terlalu cepat atau terlalu lambat.

  • Jangan lupa untuk mengakhiri dengan kalimat penutup yang sopan

Akhiri pidato dengan kalimat penutup yang sopan, seperti mengucapkan terima kasih kepada pendengar atau memberikan kesimpulan dari pidato yang telah disampaikan. Ini akan memberikan kesan yang baik kepada pendengar dan menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap mereka.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kamu dapat menyusun dan menyampaikan pidato informatif dengan baik, sehingga mudah dipahami oleh pendengar. Dibawah ini juga terdapat contoh naskah pidato informative.

Berikut Contoh Naskah Pidato Informatif yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Referensi

Berikut Contoh Naskah Pidato Informatif yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Referensi

Jika kamu masih bingung sebenarnya bagaimana sih contoh naskah pidato informative. Kami di sini memberikan contoh pidato singkat tentang manfaat olahraga bagi kesehatan :

Tema : Manfaat Olahraga bagi Kesehatan

Pendahuluan :

Selamat pagi teman – teman. Pada hari ini, saya akan menyampaikan pidato tentang manfaat olahraga bagi kesehatan. Olahraga merupakan kegiatan yang penting bagi kesehatan tubuh, karena dapat menjaga berat badan ideal, meningkatkan kondisi fisik, dan mengurangi risiko terkena penyakit.

Tubuh pidato:

Olahraga dapat menjaga berat badan ideal

Olahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga berat badan ideal. Saat kita berolahraga, tubuh kita akan membakar kalori yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi. Dengan begitu, berat badan kita akan terjaga dan tidak terlalu berlebihan.

Olahraga dapat meningkatkan kondisi fisik

Olahraga juga dapat meningkatkan kondisi fisik kita, seperti kekuatan, kelenturan, dan daya tahan tubuh. Ketika kita rutin berolahraga, maka otot-otot tubuh kita akan terlatih dan menjadi lebih kuat. Selain itu, kelenturan tubuh kita juga akan meningkat, sehingga gerakan kita akan lebih lincah.

Olahraga dapat mengurangi risiko terkena penyakit

Olahraga juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit, seperti obesitas, hipertensi, dan penyakit jantung. Menurut penelitian, orang yang rutin berolahraga memiliki risiko terkena penyakit yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

Penutup:

Demikianlah teman-teman, itulah beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk rutin berolahraga agar tubuh kita selalu sehat.

Simak Jenis Pidato yang Di Bedakan Berdasarkan Tujuan Dari Pembuatannya

Simak Jenis Pidato yang Di Bedakan Berdasarkan Tujuan Dari Pembuatannya

Pada artikel ini juga kami memberikan yang di bedakan berdasarkan tujuan yang bisa kamu pahami di bawah ini.  Ada beberapa jenis pidato yang dibedakan berdasarkan tujuan, diantaranya :

  • Pidato persuasi

Pidato persuasi adalah pidato yang bertujuan untuk mempengaruhi pendengar agar memiliki pandangan yang sama dengan pembicara atau bersedia melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan pembicara. Pidato persuasi biasanya menggunakan argumentasi dan contoh-contoh yang relevan untuk menyakinkan pendengar.

  • Tipe Informatif

Bertujuan untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan tentang suatu topik kepada pendengar. Pidato informatif biasanya menggunakan fakta-fakta dan data yang valid untuk menjelaskan topik yang dibahas.

  • Motivasi

Yang bertujuan untuk memberikan motivasi atau inspirasi kepada pendengar. Pidato motivasi biasanya menggunakan cerita-cerita sukses atau perjuangan seseorang untuk memberikan semangat kepada pendengar.

Akhir dari artikel ini juga merupakan informasi tentang bagian- bagian penting yang harus ada di dalam pidato. Silahkan simak info nya lebih lanjut.

Bagian-Bagian Penting yang Harus Ada Di Dalam Pidato

Bagian-Bagian Penting yang Harus Ada Di Dalam Pidato

Bagian-bagian penting yang harus ada di dalam pidato, merupakan penghantar bagi kamu yang baru mengetahui struktur cara pembuatan pidato. Inilah bagian bagian penting antara lain :

1. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian pertama dari pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian pendengar dan memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibahas. Dalam pendahuluan, biasanya terdapat kalimat pembuka yang menyambut pendengar, serta tujuan pidato yang akan dibahas.

2. Tubuh pidato

Tubuh pidato merupakan bagian utama dari pidato yang berisi informasi dan argumentasi tentang topik yang akan dibahas. Pidato harus disusun dengan logis dan mudah dipahami, serta menggunakan contoh yang relevan untuk menjelaskan ide yang ingin disampaikan.

3. Penutup

Penutup merupakan bagian terakhir dari pidato yang bertujuan untuk mengakhiri pidato dan memberikan pesan yang ingin disampaikan oleh pembicara. Dalam penutup, biasanya terdapat kalimat penutup yang mengucapkan terima kasih kepada pendengar dan memberikan kesimpulan dari pidato yang telah disampaikan.

4. Perincian Topik

Merupakan bagian dari tubuh pidato yang berisi informasi lebih detail tentang topik yang akan dibahas. Perincian topik harus disusun dengan logis dan mudah dipahami, serta menggunakan contoh yang relevan untuk menjelaskan ide yang ingin disampaikan.

5. Penggunaan Bahasa Yang Sesuai

Pemakaian bahasa yang sesuai merupakan bagian penting dari pidato karena bahasa yang digunakan harus mudah dipahami oleh pendengar. Selain itu, penggunaan bahasa yang sesuai juga harus sesuai dengan etika dan sopan santun.

6. Penggunaan Intonasi Yang Tepat

Penggunaan intonasi yang tepat merupakan bagian penting dari pidato karena intonasi yang tepat dapat membantu pendengar untuk lebih memahami maksud yang ingin disampaikan oleh pembicara.

Berikutnya kamu juga perlu mengetahui tentang tujuan spesifik contoh pidato yang di sampaikan kepada khalayak ramai.

Tujuan Spesifik Dari Pidato Yang Di Sampaikan Kepada Khalayak Ramai

Tujuan spesifik dari pidato yang disampaikan kepada khalayak ramai bisa bermacam – macam, tergantung dari topik dan tujuan yang ingin disampaikan oleh pembicara. Beberapa tujuan spesifik dari pidato yang disampaikan kepada khalayak ramai antara lain:

  • Menyampaikan informasi dan pengetahuan

Pidato dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan tentang suatu topik kepada khalayak ramai. Misalnya, pidato tentang kebijakan pemerintah.

  • Memberikan motivasi atau inspirasi

Pidato juga dapat digunakan untuk memberikan motivasi atau inspirasi kepada khalayak ramai. Misalnya, pidato tentang kesuksesan seseorang atau pidato tentang perjuangan seseorang dalam mencapai tujuan.

  • Menyampaikan pesan sosial

Pidato juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan sosial kepada khalayak ramai, seperti pidato tentang keberlanjutan, hak asasi manusia, atau pidato tentang kekerasan.

  • Menjual atau mempromosikan produk atau layanan

Pidato juga dapat digunakan untuk menjual atau mempromosikan produk atau layanan kepada khalayak ramai. Misalnya, pidato tentang keunggulan produk atau layanan yang ingin dijual, atau pidato tentang cara menggunakan produk atau layanan tersebut.

  • Menyampaikan sindiran atau kritik

Pidato juga dapat digunakan untuk menyampaikan sindiran atau kritik kepada khalayak ramai, seperti pidato tentang kelemahan sistem atau pidato tentang kebijakan yang dianggap tidak adil.

Baca juga: Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman yang Baik

Artikel Terkait