Resep Ayam Goreng Bawang Putih Crispy yang Lagi Viral

Emir Al February 24, 2024

Ibu-ibu dirumah pasti sudah tahu, kalau masakan ayam goreng yang ibu buat, menjadi hidangan paling favorit bagi semua keluarga dirumah. Apalagi kalau tahu resep ayam goreng bawang putih yang lagi viral di TikTok, pastinya masakan ayam goreng yang dibuat akan menjadi lebih nikmat dan bikin nagih seisi keluarga yang menikmatinya.

Tentu disini banyak yang sudah tahu, bahwasannya membuat ayam goreng itu bisa dilakukan dengan mudah dan juga simple oleh semua orang. Terlebih ada banyak sekali bumbu siap saji di pasaran yang mampu memberikan rasa nikmat tersendiri kepada racikan ayam goreng yang akan dihidangkan semua keluarga.

Namun pada dasarnya, bumbu siap saji pasti akan memiliki kandungan pengawet yang membuat cita rasanya akan sedikit berbeda dengan racikan bumbu sendiri. Sehingga akan jauh lebih baik, apabila memasak ayam goreng yang disajikan untuk keluarga dimasak dengan menggunakan bumbu penyedap buatan sendiri dirumah.

Nah, apabila permasalahan yang ibu-ibu alami dirumah yaitu tidak tahu cara membuat bumbunya, maka kali ini berada di dalam artikel yang tepat. Karena untuk pembahasan kali ini, admin sudah menyediakan sebuah tutorial dan juga bocoran resep resep ayam goreng bawang putih yang sudah disediakan dengan lengkap dibawah ini.

Resep Ayam Goreng Bawang Putih

Dengan mengetahui resep ayam goreng bawang putih yang lagi viral di TikTok berikut ini, pastinya ibu-ibu dirumah akan selalu berhasil menyajikan hidangan yang nikmati buat keluarga. Jadi tanpa perlu berlama-lama lagi, sekarang juga simak list resep ayam goreng bawang putih crispy enak yang telah admin cantumkan dalam daftar berikut:

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam potong
  • 1 bonggol bawang putih
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt kaldu jamur / penyedap
  • ½ sdt lada putih bubuk

Bumbu halus :

  • 10 siung bawang putih
  • 6 siung bawah merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 100 ml air

Agar dapat menciptakan hasil masakan ayam goreng yang nikmat, tentu ibu-ibu dirumah perlu memperhatikan baik-baik setiap resep yang sudah dituliskan diatas. Jadi jangan sampai kekurangan ataupun kelebihan, karena hal tersebut kan sangat berpengaruh sekali terhadap rasa dari ayam goreng yang ibu buat dirumah.

Gunakan beberapa alat ukur masakan yang sekiranya diperlukan, atau lakukan perkiraan yang matang dalam penyajian bumbu yang akan dibuat. Dan kalau semua racikan dikira sudah sesuai, maka ibu-ibu pun bisa melanjutkan ke tahapan masak ayam goreng crispy agar masakan bisa langsung disantap oleh keluarga dirumah.

Baca juga: Tes Potensi Akademik (TPA): Berikut Jenis, Contoh dan Tips

Berikut Cara Membuat atau Memasak Ayam Goreng Bawang Putih

Berikut Cara Membuat atau Memasak Ayam Goreng Bawang Putih

Selain menciptakan resep atau racikan yang enak, tentu ibu-ibu dirumah juga perlu mengetahui tahapan yang baik dalam membuat ayam goreng bawang putih. Hal semacam ini memang sangat diperlukan, sebab tujuannya agar ayam yang digoreng memiliki tingkat kematangan yang sempurna dan layak untuk dimakan.

Di kesempatan kali ini juga, admin akan menyediakan sebuah tutorial mengenai cara memasak ayam goreng bawang putih yang baik dan benar. Jadi langsung saja ibu-ibu simak caranya, atau supaya lebih mudah lagi ibu bisa mengikuti setiap tahap demi tahapan yang telah tersedia dalam list berikut:

  1. Langkah awal campurkan lebih dulu ayam potong dengan bumbu halus, kemudian tambahkan tepung tapioka, telur, garam, kaldu jamur atau bisa juga dengan penyedap dan lada putih bubuk.
  2. Kemudian aduk rata ayam dan marinasi kurang lebih selama 1 jam atau lebih agar bumbu dapat meresap dengan sempurna.
  3. Geprek 1 bonggol bawang putih yang sudah disediakan tanpa perlu dikupas kulitnya.
  4. Siapkan penggorengan dengan menuangkan minyak yang cukup banyak, selepas itu matangkan minyak yang sudah dituang.
  5. Lanjut menggoreng ayam dengan api sedang hingga ayam matang dan warnanya berubah menjadi golden brown.
  6. Setelah itu angkat ayam yang sudah matang, lalu besarkan api dan goreng kembali ayam yang sudah matang beserta racikan bawang putih yang sebelumnya telah di geprek selama 3 hingga 4 menit.
  7. Dan yang terakhir angkat ayam beserta bawang putih yang sudah digoreng kemudian tiriskan.

Memasak dengan tahapan yang simple, tentu bukan berarti masakan yang dibuat tersebut tidak enak untuk dimakan oleh semua orang yang mencicipinya. Contohnya seperti resep ayam goreng bawang putih ini yang memiliki cara pembuatan simple namun memiliki rasa yang enak untuk disantap oleh keluarga dirumah maupun dalam acara besar.

Inilah Tips Membuat Ayam Goreng Bawang Putih Crispy yang Enak

Inilah Tips Membuat Ayam Goreng Bawang Putih Crispy yang Enak

Masakan ayam goreng sendiri, memang memiliki cita rasa yang begitu nikmat untuk disantap oleh semua kalangan seperti apapun. Karena rasa yang ada di dalam makanan ini, memiliki ciri khas yang begitu unik dan cukup memanjakan lidah ketika makanan sudah ada di mulut kita.

Namun yang membuat ayam goreng biasanya sudah tidak nikmat untuk disantap, yaitu disaat ayam goreng yang dimasak sudah mulai dingin dan tidak gurih lagi. Dan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan membuat ayam goreng menjadi crispy agar ayam goreng bisa terus gurih untuk dinikmati.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membuat ayam goreng bawang putih menjadi crispy, dimana hal tersebut juga bisa dilakukan dengan begitu mudah. Tapi supaya ibu-ibu dirumah bisa lebih paham dengan semua tips-tipsnya, maka beberapa list yang ada di bawah ini bisa ibu-ibu simak dan diikuti dengan baik.

  • Perhatikan dengan baik cara penggorengannya.
  • Gunakan teknik 2 kali penggorengan supaya potongan ayam yang dihasilkan menjadi super crispy.
  • Penggorengan pertama sangat wajib menggunakan api yang sedang, kemudian penggorengan kedua bisa dilakukan dengan menggunakan api yang besar serta minyak yang ada.
  • Selain itu, pastikan juga bahwa ayam sudah dimarinasi minimal 1 jam atau lebih sebelum dilanjutkan ke tahap penggorengan.

Artikel lainnya: 

Artikel Terkait