Cek Penerima PIP Melalui Aplikasi SIPINTAR & Secara Online

Emir Al September 29, 2023

Jika kamu termasuk salah satu siswa yang masih belum menerima bantuan dari Indonesia pintar, ada baiknya melakukan Cek Penerima PIP melalui tutorial yang suaramuda.co.id akan bagikan sesaat lagi.

Kita sebagai masyarakat patut berterimakasih kepada pemerintah yang terus melakukan upaya memberikan bantuan yang lebih terarah. Salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia yaitu bantuan untuk anak sekolah yang akan sangat membantu mereka.

Bantuan ini berupa uang yang bisa dimanfaatkan oleh para pelajar untuk membeli berbagai keperluan sekolah seperti buku, seragam, alat tulis dan berbagai keperluan lainnya. Namun kami banyak menerima informasi kalau ada sebagian siswa yang masih belum menerima bantuan tersebut.

Jika salah satu yang belum menerima bantuan PIP itu adalah kamu, maka bisa melakukan pengecekan nama yang bersangkutan termasuk daftar penerima bantuan PIP atau tidak. Untuk tutorial lengkapnya akan kami bagikan untuk mempermudah para siswa untuk dalam proses pengecekannya.

Mengulas Tentang (PIP)

Cek Penerima PIP

Apakah diantara siswa ada yang belum mengetahui apa itu PIP? Jika benar demikian adanya, maka kami akan coba mengulasnya secara terperinci. Ini sangat penting untuk diketahui, pasalnya hal ini akan menambah wawasan dan pengetahuan para siswa dan masyarakat umum lainnya.

PIP merupakan sebuah agenda yang dibuat oleh pemerintah untuk para siswa. Bantuan yang diberikan dari pemerintah ini bertujuan untuk membantu para siswa dari keluarga yang kurang mampu. Jadi tidak semua siswa bisa mendapatkan bantuan seperti ini ya.

PIP akan memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu berupa uang tunai, kesempatan dalam belajar, dan masih banyak lagi akses lainnya. Untuk kategori siswa yang menerima bantuan ini pun berasal dari tingkat dasar.

Jadi dari SD, SMP, SMK, dan SMA pun akan mendapatkan bantuan ini sesuai dengan kategori dari keluarga mampu atau tidak mampu. Dengan bantuan ini maka akan sangat merata dari tingkat dasar sampai dengan tingkat atas. Tentunya dengan bantuan yang merata ini diharapkan dapat memberantas kemiskinan yang ada saat ini.

Selain itu besar harapan pemerintah agar bantuan untuk para siswa ini membuat para siswa semangat dalam belajar dan tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan sekolah. Nah jika penasaran apakah pembaca termasuk salah satu penerima bantuan atau tidak, maka langsung saja melihat pembahasan berikut.

Besaran Dana dan Kuota Siswa Penerima PIP

Pembahasan singkat mengenai PIP telah kami bagikan diatas. Kini tiba saatnya kami akan bagikan informasi mengenai besaran dan dan kuota siswa penrima bantuan PIP. Pastinya sudah tidak sabar bukan ingin mengetahuinya?

Informasi ini juga tidak kalah pentingnya, dengan begitu akan ada sedikit bayangan terkait berapa jumlah penerima di seluruh indonesia. Ok kita langsung bahas saja yang melalui penjelasan singkat dibawah ini.

Besaran Dana Yang di Berikan Untuk Siswa Berdasarkan Jenjang Pendidikan

Untuk besaran dana yang akan di terima dari masing-masing jenjang pendidikan akan berbeda. Jadi kalau ada diantara pembaca yang beranggapan kalau besarannya akan sama, maka itu salah besar ya. Sampai disini sudah paham ya?

Informasi penting lainnya yang perlu diketahui adalah bantuan untuk siswa ini akan bisa dicairakan persemester ya. Jadi bantuan ini bukan berlaku untuk setiap bulannya. Untuk besaran yang akan di dapatkan dari bantuan PIP ini adalah sebagai berikut.

  • Untuk tingkat SD bantuan yang di berikan senilai Rp450.000 per semester.
  • Tingkat SMP bantuan yang di berikan senilai Rp750.000 per semester.
  • Sedangkat tingkat SMA/SMK bantuan yag di berikan senilai Rp1.000.000 per semester.

Kuota Siswa Penerima PIP

Untuk selanjutnya yaitu kuota siswa penerima PIP, yah kami akan bagikan jumlah siswa yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah dari tingkat SD sampai dengan SMA. Dibawah ini merupakan banyaknya jumlah siswa yang berhak menerima bantuan PIP.

  • SD = 10.360.614 siswa
  • SMP = 4.369.968 siswa
  • SMA = 1.367.559 siswa
  • SMK = 1.829.167 siswa

Tutorial Cek Penerima PIP Terbaru 2023 Online Dengan Mudah

Cek Penerima PIP

Pastinya pengetahuan para pembaca sudah semakin bertambah ya. Untuk selanjutnya ini kami akan membagikan totorial cek penerima PIP secara online. Ini menjadi bagian terpenting di pembahasan kali ini. Bagi para siswa yang merasa belum menerima bantuan, ada baiknya melakukan pengecekan ini.

Proses untuk melakukan pengecekan ini pun tidak terlalu rumit. Pasalnya hanya menggunakan smartphone ataupun komputer akan bisa melakukan pengecekan bantuan PIP ini. Nah untuk langkahnya, ikuti saja cara ini ya.

  • Pastikan memiliki jaringan internet.
  • Buka browser yang ada di perangkat yang di gunakan.
  • Isi data pada kolom yang tersedia. Data yang diperlukan yaitu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), tanggal lahir peserta, nama ibu kandung.
  • Isi datanya dengan benar.
  • Ketika semuanya sudah terisi dengan benar, klik cari pada tombol yang tersedia.
  • Saat tombol cari sudah di klik, maka akan muncul nama kamu sebagai penerima bantuan atau tidak.

Cek Penerima PIP Melalui Aplikasi SIPINTAR

Untuk cara cek penerima PIP selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bernama SIPINTAR. Yah aplikasi yang di luncurkan oleh puslapdik memang dirancang untuk melakukan pengecekan terhadap nama penerima PIP.

Selain bisa melakukan pengecekan nama penerima PIP, aplikasi SIPINTAR ini juga bisa melakukan pemantauan terhadap data dari penyaluran dana PIP itu sendiri. Dengan begitu masyarakat akan mampu mencari berbagai informasi penting dengan aplikasi ini.

Nah untuk penggunaan nya sendiri apabila pengguna melakukan login melalui NSPN, maka gunakanlah usernama NSPN dan juga kode registrasi dapodik ini dipergunakan sebagai pasword nya. Namun jika melakukan login single on dapodik, gunakan saja password yang biasanya digunakan pada saat registrasi dapodik.

Jadi itulah pembahasan lengkap mengenai Cek Penerima PIP ini. Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang sedang kebingungan dalam mencari nama kamu terdaftar atau tidak sebagai penerima bantuan.

Baca Juga:

Artikel Terkait