8 Aplikasi Pengukur Tinggi Badan Viral TikTok (Lewat Hp)

Jumalia Khusna May 18, 2024

Aplikasi pengukur tinggi badan adalah aplikasi yang dirancang untuk mengukur tinggi badan seseorang dengan menggunakan sensor yang terpasang pada perangkat smartphone atau tablet.

Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui tinggi badan mereka dengan lebih akurat dan mudah tanpa harus menggunakan alat pengukur manual seperti penggaris atau meteran.

Aplikasi pengukur tinggi biasanya menggunakan teknologi yang disebut sebagai “altimeter”, yang berfungsi untuk mengukur ketinggian benda dari permukaan tanah dengan menggunakan tekanan udara.

Dalam hal ini, aplikasi pengukur tinggi mengukur tinggi badan seseorang dengan cara mengukur jarak antara puncak kepala pengguna dan permukaan lantai tempat pengguna berdiri.

Untuk melakukan pengukuran, pengguna hanya perlu memasukkan informasi tentang jenis kelamin, umur, dan berat badan ke dalam aplikasi. Serta menempatkan perangkat pada permukaan datar untuk memulai pengukuran.

Baca juga: Aplikasi Sadap WhatsApp Jarak Jauh For Android dan iOS

Memangnya Mengukur Tinggi Badan Bisa Lewat Aplikasi?

Aplikasi Pengukur Tinggi Badan Memangnya Bisa

Perlu diketahui bahwa aplikasi pengukur tinggi badan ini tidak sepenuhnya akurat dan dapat memiliki tingkat kesalahan yang cukup besar, terutama jika tidak digunakan dengan benar.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi akurasi pengukuran adalah keadaan kaki pengguna yang mungkin tidak rata, permukaan lantai yang tidak datar, atau adanya gangguan udara seperti angin atau AC.

Selain itu, aplikasi pengukur tinggi badan juga tidak dapat mengukur tinggi dengan akurasi yang sama dengan alat pengukur manual yang biasa digunakan di klinik atau rumah sakit.

Oleh karena itu, aplikasi ini sebaiknya digunakan sebagai alat bantu tambahan yang dapat memberikan perkiraan kasar tentang tinggi seseorang, bukan sebagai pengganti alat pengukur manual yang lebih akurat.

Tetapi, sebaiknya aplikasi ini tidak digunakan sebagai acuan utama dalam menentukan status tinggi badan seseorang, terutama jika digunakan untuk keperluan medis atau olahraga profesional.

Berikut 8 Aplikasi Pengukur Tinggi Badan Viral TikTok yang Bisa Dilakukan Lewat Hp

Macam - Macam Aplikasi Pengukur Tinggi Badan

Dalam penggunaannya, aplikasi pengukur tinggi badan dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin mengetahui perkembangan tinggi badan mereka secara berkala, terutama pada masa pertumbuhan anak-anak dan remaja.

Aplikasi ini juga dapat membantu mereka yang ingin memantau perubahan tinggi badan setelah melakukan diet atau olahraga tertentu.

1. Aplikasi Pengukur Tinggi Badan Ruler App

Aplikasi Pengukur Tinggi Badan Ruler App

Ruler App adalah aplikasi pengukur tinggi yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini menggunakan kamera pada perangkat smartphone atau tablet untuk mengukur tinggi badan seseorang.

Pengguna cukup menempatkan perangkat pada permukaan datar, dan kemudian memiringkannya sedikit ke arah dirinya sendiri sehingga kamera dapat menangkap seluruh tubuh pengguna.

Setelah itu, aplikasi akan menampilkan tinggi badan pengguna dalam satuan sentimeter atau inci.

2. Height Ruler

Height Ruler

Height Ruler adalah aplikasi pengukur tinggi yang menggunakan teknologi altimeter untuk mengukur tinggi badan seseorang. Aplikasi ini meminta pengguna untuk memasukkan informasi tentang jenis kelamin, umur, dan berat badan.

Kemudian mengukur tinggi badan pengguna dengan menghitung jarak antara puncak kepala pengguna dan permukaan lantai tempat pengguna berdiri.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menyimpan data pengukuran dan memantau perubahan tinggi badan pengguna dari waktu ke waktu.

3. MyHeight

MyHeight

MyHeight adalah aplikasi pengukur tinggi yang menggunakan teknologi altimeter dan pengukuran sudut untuk mengukur tinggi badan seseorang dengan lebih akurat.

Aplikasi ini meminta pengguna untuk berdiri dengan posisi tegak dan menempatkan perangkat pada permukaan datar, dan memiringkan perangkat ke arah pengguna sehingga sensor pada perangkat dapat mengukur tinggi badan dengan lebih akurat.

Aplikasi ini juga menyediakan grafik dan statistik untuk memantau perubahan tinggi badan pengguna dari waktu ke waktu.

4. Height Measure

Height Measure

Height Measure adalah aplikasi pengukur tinggi yang menggunakan teknologi altimeter untuk mengukur tinggi seseorang.

Aplikasi ini meminta pengguna untuk berdiri dengan posisi tegak dan menempatkan perangkat pada permukaan datar. Kemudian memilih jenis kelamin dan usia pengguna untuk menghitung tinggi badan pengguna dengan lebih akurat.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menyimpan data pengukuran dan memantau perubahan tinggi badan pengguna dari waktu ke waktu.

Baca juga: Cara Download Video Pinterest Ke Galeri Mudah Tanpa Aplikasi

5. Smart Height

Smart Height adalah aplikasi pengukur tinggi yang menggunakan teknologi pengukuran sudut untuk mengukur tinggi seseorang dengan lebih akurat.

Aplikasi ini meminta pengguna untuk berdiri dengan posisi tegak dan menempatkan perangkat pada permukaan datar, dan kemudian memilih jenis kelamin dan usia pengguna untuk menghitung tinggi badan pengguna dengan lebih akurat.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menyimpan data pengukuran dan memantau perubahan tinggi badan pengguna dari waktu ke waktu.

6. RulerBox

RulerBox

RulerBox adalah sebuah aplikasi pengukur yang dapat digunakan untuk mengukur berbagai hal, termasuk ukuran benda atau jarak melalui kamera pada perangkat smartphone.

Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pengukuran tanpa harus membawa alat ukur fisik seperti penggaris atau pita pengukur.

RulerBox menggunakan teknologi augmented reality (AR) yang memungkinkan pengguna untuk mengukur benda secara real time melalui kamera pada perangkat smartphone.

Pengguna dapat mengukur panjang, lebar, dan tinggi benda dalam berbagai satuan pengukuran seperti milimeter, sentimeter, atau inci.

Cara penggunaan RulerBox sangat mudah. Pertama, pengguna hanya perlu membuka aplikasi dan mengaktifkan kamera pada perangkat smartphone.

Selanjutnya, pengguna dapat menempatkan perangkat pada posisi yang tepat untuk mengukur benda atau jarak yang diinginkan. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan, antara lain:

  • Pengukuran real time: Aplikasi ini menggunakan teknologi AR yang memungkinkan pengguna untuk mengukur benda secara real time melalui kamera pada perangkat smartphone.
  • Satuan pengukuran yang dapat disesuaikan: RulerBox dilengkapi dengan berbagai satuan pengukuran seperti milimeter, sentimeter, atau inci, sehingga pengguna dapat memilih satuan yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  • Perekaman hasil pengukuran: Aplikasi ini dapat menyimpan hasil pengukuran untuk referensi di masa mendatang.
  • Penggunaan yang mudah: Penggunaan RulerBox sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus dalam penggunaan teknologi.

7. Quick Height

Quick Height

Quick Height adalah sebuah aplikasi pengukur tinggi yang dapat digunakan pada perangkat Android. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pengguna dalam mengukur tinggi badan mereka dengan cepat dan mudah.

Cara penggunaan Quick Height sangat sederhana. Pertama, pengguna hanya perlu membuka aplikasi dan menempatkan perangkat di depan mereka dengan posisi tegak lurus.

Kemudian, pengguna dapat menekan tombol “Start” untuk memulai pengukuran. Aplikasi ini akan menghitung tinggi badan pengguna dalam hitungan detik.

Quick Height menggunakan sensor accelerometer pada perangkat Android untuk mengukur tinggi badan pengguna.

Baca juga: Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo Melalui Aplikasi MyIM3

Sensor accelerometer ini dapat mendeteksi perubahan posisi perangkat dan menghitung perbedaan jarak antara posisi awal dan posisi akhir perangkat.

Berdasarkan perhitungan ini, Quick Height dapat memberikan hasil pengukuran yang cukup akurat dalam hitungan detik.

8. Height Calculator

Height Calculator

Height Calculator adalah sebuah aplikasi pengukur tinggi yang digunakan untuk menghitung tinggi seseorang secara tepat dan akurat.

Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat Android atau iOS dan dapat diunduh secara gratis di toko aplikasi. Cara penggunaan Height Calculator sangat sederhana.

Pertama, pengguna harus memasukkan data tinggi orang tua atau keluarga terdekat, baik dalam satuan sentimeter atau inci. Kemudian, pengguna harus memasukkan usia mereka saat ini dan jenis kelamin mereka.

Setelah semua data terisi, aplikasi akan menghitung tinggi badan ideal pengguna berdasarkan data yang telah dimasukkan.

Fitur utama dari Height Calculator adalah kemampuannya untuk memberikan hasil pengukuran tinggi badan ideal yang akurat dan tepat berdasarkan data yang telah dimasukkan.

Aplikasi ini didasarkan pada perhitungan statistik dan formula matematika yang dikembangkan oleh para ahli kesehatan dan kebugaran. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat!

Artikel Terkait