Niat Sholat Tahajud Beserta Doa dan Keutamaannya

Emir Al May 6, 2024

Ibadah Sholat tahajud menjadi salah satu ibadah yang memiliki derajat yang cukup tinggi dibandingkan dengan sholat sunah yang lainnya. Tentu banyak sekali masyarakat yang beragama muslim untuk berlomba-lomba untuk mendapatkan pahalanya. Nah untuk itu dikesempatan kali ini suaramuda.co.id akan akan membagikan informasi mengenai niat sholat tahajud dan hal lainnya yang berkaitan dengan keistimewaan Sholat tahajud.

Memasuki bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan ini membuat siapa saja umat muslim ingin berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Pasalnya ketika suatu ibadah dikerjakan di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Salah satu ibadah yang bisa dilakukan oleh umat muslim yaitu Sholat tahajud. Nah jika diatara umat muslim masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan Shaalat tahajud dan juga niat shalat tahajud nya, maka bisa melihat pembahasan kami berikut ini.

Apa Itu Sholat Tahajud?

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat islam yaitu Sholat tahajud. Ibadah ini tidak wajib untuk dilakukan oleh umat muslim, namun jika dilaksanakan tentu akan mendapatkan berbagai manfaat untuk umat muslim itu sendiri.

Sholat Tahajud merupakan ibadah sunnah yang dilakukan di malam hari setelah tidur. Banyak yang mengenal Sholat tahajud ialah sholat malam, pasalnya waktu pelaksanaannya pada malam hari.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan sholat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir, namun jika tidak memungkinkan, sholat tahajud juga bisa dilakukan sebelum waktu subuh.

Sholat tahajud memiliki banyak manfaat, seperti mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, dan memohon ampunan dan rahmat Allah. Sholat tahajud termasuk ke dalam kategori sholat sunnah muakkad, yaitu sholat sunnah yang sangat dianjurkan.

Baca Juga: Awal Puasa Ramadhan 2023 1444 H Dari Berbagai Versi

Cara Melakukan Sholat Tahajud?

niat sholat tahajud

Dibulan ramadhan yang penuh keberkahan ini tentu banyak sekali yang ingin memperbanyak amalan pahala untuk bekal di kehidupan selanjutnya. Amalan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala yaitu dengan melaksanakan Sholat tahajud. Nah buat umat muslim yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan Shalat tahajud, berikut tata cara yang harus dilakukan.

  1. Wudhu atau mandi junub terlebih dahulu.
  2. Berbaring dan tidur terlebih dahulu.
  3. Bangun di sepertiga malam terakhir atau sebelum waktu subuh.
  4. Ambil Wudhu.
  5. Memulai sholat tahajud dengan membaca niat.
  6. Lakukan sholat tahajud seperti sholat biasa, dengan membaca surat pendek atau panjang setelah Al-Fatihah pada setiap rakaatnya.
  7. Setelah selesai sholat tahajud, membaca doa tahiyat akhir dan salam.
  8. Membaca doa tahajud

Niat Sholat Tahajud

Sama seperti melaksanakan ibadah Sholat lainnya, ibadah Sholat tahajud juga memiliki niatnnya sendiri. Jika ada diantara umat muslim yang belum mengetahui niat untuk melaksanakan Sholat nya, berikut niat Sholat Tahajud nya:

“Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta’aalaa.”

Arti dari niat: Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala.

Doa Tahajud Dilengkapi Dengan Artinya

Jika sudah selesai melaksanakan Sholat tahajud, maka umat muslim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Pastinya setiap umat muslim memiliki hajat yang berbeda dari melaksanakan ibadah malam tersebut.

Namun ada doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah melakasanakan ibadah sholat malam ini. Sebelum umat muslim menympaikan hajat kepada sang pencipta, berikut kami bagikan doa Sholat tahajud dan juga dilengkapi dengan artinya.

“Allaahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqaa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naaru haq. Wan nabiyyuuna haq. Wa Muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haq. Was saa’atu haq. Allaahumma laka aslamtu. Wa bika aamantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khaashamtu. Wa ilaika haakamtu. Fagfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihi minnii. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Laa ilaaha illaa anta. Wa laa haula, wa laa quwwata illâ billaah.”

Artinya: Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar.

Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai.

Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.

Baca Juga: Niat Puasa Ganti Ramadhan Karena Haid & Puasa Senin Kamis

Keutamaan Sholat Tahajud

niat sholat tahajud

Sholat tahajud memang banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan. Selain bisa mendapatkan pahala, Sholat tahajud ini memiliki beberapa keutamaan jika dilaksanakan. Berikut keutamaan dari Sholat tahajud:

1. Mendekatkan Diri Untuk Mendapatkan Kemulian Dari Allah SWT

Sholat tahajud merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dan dapat memperkuat kedekatan kita dengan Allah SWT. Dalam sholat tahajud, kita dapat berbicara secara langsung dengan Allah SWT, memohon ampunan, dan meminta berbagai kebutuhan kita.

Menurut hadis riwayat Al-baihaqi, Rasulullah SAW bersabda, “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah sholat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain.” (H.R. Al-Baihaqi).

2. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Sholat tahajud juga dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Dalam sholat tahajud, kita dapat lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah. Dengan kualitas ibadah yang lebih baik, maka kehidupan kita juga akan menjadi lebih baik.

3. Mendapatkan Pahala yang Besar

Sholat tahajud merupakan salah satu amalan yang pahalanya sangat besar di sisi Allah SWT. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa “Sholat tahajud adalah sholat yang paling utama setelah sholat wajib, dan lebih utama daripada sholat sunnah yang lainnya.”

4. Menghapus Dosa-dosa

Sholat tahajud juga dapat menghapus dosa-dosa kita. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa “Lakukanlah sholat tahajud, karena ia dapat menghapus dosa-dosa, dan membuat badan menjadi sehat.”

Sedangkan menurut hadis riwayat Ahmad “Dirikanlah salat malam, karena sesungguhnya sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (salat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu (Allah), (sholat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk (dosa), mencegah perbuatan dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.”

Artikel Terkait