Google Com Sg (Singapore) Search Video & Situs Tanpa VPN

Peter Ariansyah June 9, 2024

Sebagai pengguna internet, tentunya kita semua sudah mengetahui bahwa Google merupakan salah satu mesin pencari terbaik yang dapat memberikan berbagai hal secara mudah, cepat, dan instan. Namun belakangan ini juga muncul istilah Google Com Sg atau Google khusus untuk negara Singapura dengan kelengkapan unik.

Hal ini disebabkan karena sifat Google yang memang mengikuti aturan-aturan setiap negara yang membatasi sejumlah konten-konten negatif dan sensitif yang tidak boleh ditampilkan pada negara tertentu. Tentu hal ini membuat banyak orang terutama masyarakat Indonesia menjadi penasaran dengan kelengkapan unik yang ada didalamnya.

Timbulnya rasa penasaran ini juga dikarenakan pemerintah Indonesia memang memberikan aturan berinternet yang cukup ketat. Sehingga masyarakat Indonesia terus mencari cara untuk tetap menggunakan platform untuk mendapatkan akses konten-konten yang mungkin tidak diperbolehkan untuk ditampilkan di Indonesia.

Tentunya Google versi Singapura ini memang sangat cocok digunakan oleh masyarakat Indonesia karena didalamnya akan ada banyak sekali hal yang tidak disediakan pada Google Indonesia. Untuk mengetahui secara lengkap mengenai Google versi Singapura ini, maka kami mengajak untuk menyimak artikel ini hingga selesai agar lebih paham.

Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Masuk Kedalam Google Com Sg

Google Com Sg sendiri adalah mesin pencari Google yang mengikuti aturan khusus negara Singapura dan memberikan beberapa kueri yang tidak disediakan atau ditampilkan apabila mencari kata kunci tersebut pada mesin pencari Google di region Indonesia.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa inilah penyebab yang membuat banyak masyarakat Indonesia ingin menggunakannya. Terlebih, dengan kebutuhan-kebutuhan bersosial media yang mungkin harus menggunakan jaringan informasi yang sangat luas.

Selain itu, banyak juga masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi Google versi Singapura ini untuk menonton video maupun film yang tidak bisa diakses melalui aplikasi Google.co.id maupun Google.com karena adanya batasan-batasan kueri mesin pencari.

Oleh karena itu banyak orang yang mencari-cari cara masuk kedalam Google.com.sg yang memang masih jarang diketahui tentang cara masuknya. Nah, pada artikel ini, kami sudah memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk masuk kedalamnya.

Dengan begitu, para pengguna dari Indonesia tidak perlu merasa khawatir dan repot-repot lagi untuk mencari cara masuk kedalamnya. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk masuk kedalam Google Singapura.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Uang (DANA) Terbaru 2023, 100 Ribu Perhari!

1. Melalui Menu Pengaturan Google

Melalui Menu Pengaturan

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melakukan sedikit perubahan pada menu pengaturan Google. Dimana nantinya para pengguna diharuskan untuk mengatur Setelan Penelusuran akun Google ke wilayah atau region Singapura.

Cara pertama ini bisa lakukan langsung para perangkat Android, iOS, maupun PC dengan catatan tidak semua perangkat support pengaturan ini. Nah, dibawah ini kami sudah menyediakan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengaturnya.

Langkah Untuk PC

  1. Langkah pertama yaitu buka Google Chrome pada PC atau Laptop yang dimiliki.
  2. Buka menu Setelah Penelusuran dan pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat menggunakan akun Google.
  3. Selanjutnya, carilah menu Region Settings, lalu ubah dari Indonesia menjadi Singapore dengan klik Save.
  4. Setelah semua berhasil, maka pengguna bisa membuat tab baru dan menelusuri kata kunci apapun.

Langkah Untuk Android & iOS

  1. Buka aplikasi Google Chrome pada perangkat smartphone yang dimiliki.
  2. Klik tombol Menu dengan ikon tiga garis, lalu pilih opsi Setelan.
  3. Cari opsi untuk mengubah wilayah hasil penelusuran.
  4. Lakukan perubahan dari Indonesia menjadi Singapura.
  5. Apabila sudah, klik Simpan, dan browser sudah berubah region Singapura.

2. Ubah Settings Homepage

Ubah Settings Homepage

Cara kedua yaitu dengan melakukan pengubahan Homepage browser ke domain Google.com.sg. Dengan melakukan cara ini, maka setelan default wilayah perangkat pengguna akan berubah total menjadi setelan seperti Google Singapura.

Cara ini juga terbilang mudah karena bisa dilakukan di berbagai perangkat langsung seperti PC, Android, dan iOS. Dengan begitu, para pengguna bisa langsung mengoperasikannya dengan mengikuti langkah-langkah seperti yang dibawah ini.

Langkah Untuk PC & Laptop

  1. Pertama, kembali buka Google Chrome pada PC atau Laptop.
  2. Klik Menu ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih Settings.
  3. Setelah masuk, pilih opsi Appearance.
  4. Selanjutnya aktifkan tombol Home dengan klik Show home button.
  5. Terakhit, isi kolom URL dengan link https://google.com.sg/.

Langkah Untuk Android & iOS

  1. Langkah pertama, buka Google Chrome pada perangkat smartphone.
  2. Klik tombol dengan ikon titik tiga yang ada pada bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih menu Setting lalu pilih Beranda atau Homepage.
  4. Apabila fitur ini belum aktif, maka aktifkan terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, isi kolom URL dengan link https://google/com.sg/.

Baca juga: Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo Melalui Aplikasi MyIM3

3. Langsung Masuk Ke Dalam Situs Google Com Sg

Langsung Masuk Ke Dalam Situs Google Com Sg

Selain cara yang sudah kami berikan sebelumnya, pengguna juga bisa menggunakan cara simple dengan langsung masuk ke dalam situs Google Com Sg. Dengan begitu, maka pengguna tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan beberapa langkah yang terbilang tabu.

Cara yang satu ini bisa digunakan dengan mengetik kata kunci Google Singapore dan klik domain paling atas yang langsung diarahkan ke situs terkait. Atau pengguna juga bisa langsung melakukan beberapa langkah yang sudah kami berikan seperti yang dibawah ini.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi browser seperti Chrome pada PC, Laptop, atau Smartphone.
  2. Ketik URL https://www.google.com.sg pada kolom pencarian, lalu klik Enter.
  3. Tunggu hingga proses loading selesai dan pengguna akan langsung diarahkan ke dalam Google Singapura.
  4. Setelah masuk, maka para pengguna bisa mengetik kata kunci apapun pada kolom pencarian Google Com Sg tersebut.

Perlu diingatkan bahwa cara yang satu ini mungkin tidak dapat bekerja secara optimal di beberapa perangkat. Sehingga memungkinkan mesin pencari akan tetap menampilkan hasil penelusuran yang sama dengan region atau wilayah asli penggunanya.

4. Menggunakan VPN

Menggunakan VPN

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan alat bantu bernama Virtual Private Network atau sering disebut dengan VPN. Alat ini berfungsi untuk menyembunyikan identitas alamat IP pengguna melalui enkripsi pada lalu lintas penjelajahan internet.

Alat ini sendiri harus diakses menggunakan aplikasi tambahan yang sudah banyak tersedia pada platform toko layanan aplikasi. Nah, untuk cara penggunaannya sendiri sudah kami berikan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengaksesnya.

  1. Carilah aplikasi VPN terbaik yang ingin dipasang pada perangkat.
  2. Apabila ingin mencari VPN gratis, maka lakukan pencarian dengan kata kunci aplikasi VPN gratis atau Free VPN Singapore.
  3. Lakukan pengunduhan dan install aplikasi VPN terkait.
  4. Setelah terpasang, buka aplikasi VPN dan sambungkan ke IP Singapura.
  5. Jika sudah terhubung, maka pengguna bisa langsung mengakses Google Singapura dengan koneksi tersebut.

Untuk cara ini sendiri biasanya akan sangat bekerja dengan optimal dengan syarat koneksi internet yang dimiliki pengguna stabil. Apabila koneksi internet pengguna tidak stabil, maka memungkinkan terjadinya kendala ketika berselancar pada Google Singapura.

5. Ganti DNS Public

Ganti DNS Public

DNS sendiri merupakan singkatan dari Domain Name System yang berfungsi dalam menerjemahkan domain situs web ke IP Address dan sebaliknya. Dengan adanya DNS, maka pengguna tidak diharuskan mengetahui alamat IP dari situs web tertentu.

Bahkan para pengguna hanya perlu mengetikkan nama domain, maka website sudah dapat diakses. Nah, dibawah ini merupakan beberapa alternatif serta cara untuk mengganti DNS public yang bisa langsung dipraktekkan pada perangkat pengguna.

Baca juga: Persamaan Kolase, Montase Aplikasi dan Mozaik

Alternatif DNS yang bisa digunakan

  • Google :
    Primary – 8.8.8.8
    Secondary – 8.8.4.4
  • OpenDNS :
    Primary – 208.67.222.222
    Secondary – 208.67.220.220
  • CloudFlare :
    Primary – 1.1.1.1
    Secondary – 1.0.0.1

Langkah Mengganti DNS Untuk PC & Laptop

  1. Pertama, klik ikon WiFi pada taskbar PC/Laptop Windows yang dimiliki.
  2. Kemudian klik kanan pada jaringan yang terhubung, lalu klik Properties.
  3. Setelah masuk, klik Edit di bagian DNS Assignment.
  4. Ganti setelah Edit Network DNS Settings yang sebelumnya Automatic (DHCP) menjadi Manual.
  5. Setelah itu, aktifkan IPv4 dan masukkan DNS alternatif yang sudah diberikan sebelumnya pada bagian Preferred DNS dan Alternate DNS.

Langkah Mengganti DNS Untuk Android & iOS

  1. Buka Google Chrome pada perangkat yang dimiliki.
  2. Klik menu ikon titik tiga pojok kanan atas, lalu pilih Setelan.
  3. Masuk ke dalam pilihan Privasi dan Keamanan, lalu klik Gunakan DNS Aman.
  4. Gantilah DNS yang sebelumnya dari penyedia layanan menjadi penyedia lain.
  5. Setelah itu, Sesuaikan dengan memilih Google (Public DNS).

Setelah melakukan penggantian DNS maka proses berselancar pengguna nantinya akan terasa jauh lebih lancar tanpa adanya gangguan. Namun, perlu diingatkan bahwa cara-cara yang sudah kami berikan harus digunakan dengan sebaik-baiknya.

Artikel Terkait