Apa itu Big Data? Serta Contoh Penerapan dan Manfaat

Emir Al February 25, 2024

Berbagai jenis aktifitas yang kalian lakukan di internet, nantinya akan memaksakan kalian untuk menemukan big data pada perangkat yang digunakan. Dalam kehidupan sehari-seharinya, pastinya aktifitas yang sering kita lakukan selalu dibarengi dengan penggunaan akses internet.

Baik itu melakukan pekerjaan, bermain media sosial, sampai melakukan sosialisasi pun bisanya kalian selalu memanfaatkan internet. Banyaknya aktivitas yang kalian lakukan inilah, menyebabkan hadirnya gangguan yang kalian alami terutama disaat sedang melakukan pekerjaan.

Dengan inilah kalian perlu memahami konsep dari big data, karena hadirnya konsep yang seperti ini kalian akan diberikan dukungan terhadap suatu aktivitas. Konsep ini sendiri mungkin belum banyak diantara kalian yang mengetahuinya, oleh sebab itu kalian perlu menyimak ulasan kali ini.

Pengertian Dari Big Data

Walaupun secara tidak langsung kalian sering merasakan kehadirannya, namun kalian sendiri pastinya belum memahami tentang hal tersebut.

Big data adalah sebuah kumpulan data yang sangat besar, dan ini sifatnya sangat kompleks beserta akan selalu bertambah setiap waktunya. Hal semacam ini dapat terjadi, lantaran adanya kegiatan yang kalian lakukan dengan memanfaatkan internet baik dalam segi kebutuhan maupun bisnis.

Seluruh data yang kalian hasilkan ini, nantinya akan selalu bertambah sejalan dengan para pengguna lain di seluruh dunia.

Oleh sebab itu kalian harus memahami betul tentang ini, agar seluruh aktifitas kalian dalam kehidupan dan bisnis akan selalu terdukung.

Terlebih beberapa media pernah menyatakan, bahwa pengelolaan terhadap big data ini sangatlah penting untuk beberapa tahun ke depan.

Manfaat Big Data Dalam Perusahaan

pemanfaatan big data dapat mempengaruhi perusahaan

Sebuah hal yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang ini, memiliki konsep yang perlu dipahami oleh semua orang.

Nah, konsep ini sendiri adalah pengumpulan semua data yang telah dihasilkan lalu mengolahnya dengan sangat tepat demi mendapatkan value yang diinginkan.

Setidaknya ada 3 jenis konsep yang perlu kalian ketahui, dan untuk mengetahui penjelasannya mak kalian bisa simak rangkuman berikut.

1. Integrasi Data

integrasi data adalah proses yang digunakan untuk mengumpulkan semua jenis yang telah dibuat hingga menjadi sebuah file. Seiring dengan berjalannya waktu, semua data tersebut akan selalu tersimpan atau tercatat pada proses yang selanjutnya.

2. Pengelolaan Data

Untuk melakukan pengolahan data, tentunya diperlukan ruang penyimpanan yang besar serta dapat diakses kapan saja.

Sehingga buat kalian yang menggunakan website dalam menjalankan bisnis, maka disitu kalian perlu memiliki hosting yang sekiranya mumpuni.

3. Analisis Data

Dan yang terakhir adalah analisis data, dimana tujuannya sendiri untuk mengelola yang disimpan lalu mengelompokkannya agar bisa dianalisa.

Sehingga ketika semua konsep ini dapat kalian terapkan kepada konsumen, maka semua penjualan yang keluar pastinya akan terkelola dengan baik bukan?

Karakteristik dan Jenis Big Data

tips untuk membuat usaha bisa lebih maju

Untuk menerapkan semua konsep ini dengan baik, maka kalian juga perlu memahami beberapa karakteristik pendukung. Setidaknya ada 5 jenis karakteristik yang perlu kalian ketahui, supaya semua proses dalam memanfaatkan hal ini bisa berjalan dengan mulus.

Nah, kami pun sudah memberikan alasannya kepada kalian, jadi kalian bisa melihat beberapa karakteristik dalam ringkasan berikut :

1. Volume

Pada sebuah ulasan yang sedang kita bahas ini, pastinya volume menjadi karakteristik utama yang akan kalian dapatkan nanti.

Dan hal ini tergantung dengan jenis platform yang kalian gunakan, sebab dari masing-masing platform pastinya memiliki penyimpanan personal.

2. Velocity

Kecepatan dalam suatu produksi juga, termasuk dalam karakteristik big data yang perlu kalian ketahui sekarang ini.

Dan dengan adanya koneksi internet, kini kini prosesnya dapat berlangsung dengan sangat mudah serta memiliki perubahan yang realtime.

3. Variety

Setiap jenis platform yang kalian gunakan, pastinya memiliki data personal yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Nah, hal ini bisa kalian bayangkan, apabila terdapat beberapa jenis platform media sosial yang kalian gunakan, Tentu jumlahnya akan lebih banyak lagi.

4. Veracity

Selanjutnya kalian juga bisa menemukan karakteristik veracity, karena hal ini juga termasuk dalam aspek personal yang perlu kalian ketahui.

Sebab data besar yang seperti ini bukan hanya tentang yang dihasilkan, tapi juga tentang identifikasi dengan sangat tepat.

5. Value

Data yang seperti ini juga memiliki value di dalamnya, khususnya untuk mempermudah para pengguna dalam mengakses informasi dengan cepat.

Jadi itulah tadi lima jenis karakteristik yang bisa kalian temukan, dan lagi=lagi bahwa hal ini cukup penting buat personal kalian.

Simak Juga :

Memanfaatkan dalam mengelola bisnis, nantinya kalian juga perlu mengetahui beberapa jenis data yang dibutuhkan. Terdapat tiga jenis yang harus kalian pahami, dan beberapa diantaranya itu adalah terstruktur, semi terstruktur, serta tidak terstruktur.

Nah, kalau kalian ingin tahu lebih detail mengenai ketiga jenis ini, maka sekarang juga kalian bisa lihat rangkuman di bawah ini.

6. Data Terstruktur

Untuk jenis data yang satu ini, nantinya bisa kalian proses, disimpan, dan juga diambil dalam format yang sifatnya tetap.

Dan tujuan nya sendiri agar informasi pada suatu hal bisa lebih terorganisir dan bisa dengan mudah diakses dalam satu database.

7. Data Semi-Terstruktur

Data semi-terstruktur adalah salah satu jenis yang dimasukan ke dalam tabel, akan tetapi skema dalam tabel tersebut tidak terdiri dari baris dan kolom.

Nah, untuk data semi-terstruktur ini juga dibedakan menjadi dua bagian, tepatnya format terstruktur dan juga format tidak terstruktur.

8. Data Tidak Terstruktur

Mendengar dari namanya saja mungkin kalian sudah tahu, bahwa hal yang sejenis ini memiliki pengelolaan yang tidak teratur.

Sehingga dapat dipastikan untuk menyimpan datanya pun pasti sangat rumit, karena disini kalian harus membuat database dari awal.

Contoh Penggunaan Big Data Analytics

contoh penggunaan big data analytics dalam kehidupan

Big data analytics sendiri, memiliki pengertian yang sedikit berbeda dari beberapa pengertian yang sudah kita bahas sebelumnya. Jadi suatu proses yang bisa biasanya sering digunakan untuk mengekstrak wawasan yang jauh lebih bermakna.

Beberapa diantaranya itu seperti mengetahui trend pasar, preferensi pelanggan, dan juga korelasi yang tidak diketahui sampai menyebabkan pola tersembunyi. Sehingga sampai disini kita dapat menyimpulkan, bahwasannya bisa diartikan seperti perpustakaan yang menyediakan segudang informasi.

Dan ketika kita melihat dari prosesnya, jauh lebih fokus ketimbang proses pada pengolahan big data yang kita bahas sebelumnya. Namun semua manfaatkan yang diberikan dari kedua ospek ini, nantinya akan sangat berguna perusahaan yang sering mengakses internet dalam pengelolaannya.

Berbagai macam pengelolaan yang sudah kalian pahami dan diterapkan di atas, tentunya akan menghasilkan sebuah manfaat yang besar.

Dan pastinya manfaat tersebut bisa kalian temukan pada bisnis kalian, ataupun untuk mendukung segala aktivitas yang kalian lakukan di internet.

Di dalam artikel ini, kami pun sudah berhasil menemukan beberapa manfaat yang bisa kalian rasakan nanti, dan semuanya sudah tertulis di bawah ini.

1. Mengembangkan Produk Dengan Mudah

Kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, memang memberikan keuntungan tersendiri bagi setiap perusahan yang ingin mengembangkan produknya.

Terlebih lagi dengan adanya hal seperti ini, maka setiap perkembangan produk yang kalian dapatkan pasti bisa dikelola dengan baik.

2. Menghindari Manipulasi Data

Jika suatu produk dapat dikembangakan dan dikelola dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa semua yang sudah di catat pun akan selalu terdeteksi.

Dengan demikian, tindakan dari seseorang yang tidak bertanggung jawab dan ingin memanipulasi data, dapat dihindari dengan sangat mudah.

3. Meraih Peluang Bisnis Yang Lebih Luas

Seperti yang kami sampaikan tadi, bahwasannya penggunaan hal ini yang sangat berkaitan sekali dengan layanan media sosial. Dan dengan kalian memanfaatkannya dalam bisnis kalian, maka dapat dipastikan bahwa peluang bisnis kalian kedepannya akan jauh lebih luas.

Artikel Terkait