Contoh Motivation Letter Untuk Karir dan Beasiswa

Jumalia Khusna April 1, 2024

Contoh Motivation Letter adalah sebuah surat yang ditulis oleh seseorang untuk menjelaskan alasan mereka tertarik dengan suatu posisi, serta mengapa mereka merasa cocok dan berkompeten untuk mendapatkan posisi tersebut.

Tujuan dari Motivation Letter adalah untuk meyakinkan pihak yang menerima lamaran bahwa pelamar adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar.

Contoh Motivation Letter biasanya meliputi informasi tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja pelamar, keterampilan yang dimiliki, dan alasan mengapa mereka tertarik dengan posisi atau pendidikan yang dilamar.

Surat tersebut juga dapat mencakup deskripsi tentang visi dan misi perusahaan atau institusi yang dilamar, serta bagaimana pelamar dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan atau institusi tersebut.

Contoh Motivation Letter biasanya dijadikan sebagai bagian dari dokumen lamaran kerja atau aplikasi untuk agenda pendidikan, dan sangat penting untuk meyakinkan pihak yang menerima lamaran bahwa pelamar memang memiliki minat dan motivasi yang kuat untuk mendapatkan posisi atau agenda yang diinginkan.

Surat motivasi yang baik harus ditulis dengan gaya bahasa yang jelas dan persuasif, serta menunjukkan keahlian, pengalaman, dan kemampuan pelamar yang relevan dengan posisi atau agenda yang dilamar.

Berikut Struktur Dalam Membuat Motivation Letter yang Baik Dan Benar

Pada umumnya, Motivation Letter merupakan dokumen yang panjangnya antara satu sampai dua halaman. Meskipun panjangnya bervariasi tergantung pada jenis posisi atau agenda yang dilamar, surat motivasi harus mencakup beberapa elemen kunci, termasuk :

  • Pengenalan Diri : Pada awal surat, kita perlu memperkenalkan diri dengan memberikan informasi mengenai nama lengkap, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja yang dimiliki.
  • Alasan Melamar : Setelah memperkenalkan diri, kita perlu menjelaskan mengapa kita tertarik pada posisi atau agenda tersebut. Beberapa hal yang dapat disebutkan di sini antara lain keinginan untuk mengembangkan keterampilan, minat pada bidang yang sama, atau ambisi untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Kualifikasi : Setelah menjelaskan alasan tertarik, kita perlu membuktikan bahwa kita memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi atau agenda tersebut. Hal ini dapat mencakup kemampuan teknis, keterampilan interpersonal, atau pengalaman yang relevan.
  • Kontribusi : Selain membuktikan kualifikasi, kita juga perlu menjelaskan bagaimana kita dapat memberikan kontribusi pada perusahaan atau agenda tersebut. Hal ini dapat mencakup ide-ide kreatif yang dapat membantu meningkatkan produktivitas atau inisiatif yang dapat meningkatkan kinerja organisasi.
  • Kesimpulan : Pada akhir surat, kita perlu menyimpulkan dengan menyatakan kembali minat dan motivasi kita untuk posisi atau agenda tersebut, serta menyatakan kesediaan untuk memberikan informasi lebih lanjut dalam wawancara atau proses seleksi selanjutnya.

Dalam penulisan surat motivasi, penting untuk menjaga konsistensi dan ketepatan informasi yang disampaikan. Selain itu, pastikan untuk memeriksa tata bahasa dan ejaan untuk memastikan surat terlihat profesional dan mudah dipahami.

Baca juga: Motivasi Kerja Untuk Karyawan Lengkap Dengan Jawabannya

Contoh Motivation Letter Untuk Urusan Karir yang Singkat

Contoh 1 Motivation Letter Dalam Karir

Berikut ini adalah contoh Motivation Letter untuk melamar sebuah posisi sebagai Marketing Executive :

[Alamat Anda] [Tanggal]

Kepada Yth, [Perusahaan/Institusi yang Dilamar] [Alamat Perusahaan/Institusi]

Dengan Hormat,

Saya, [Nama Lengkap], sangat tertarik dan antusias dengan posisi Marketing Executive yang sedang dibuka di [Perusahaan/Institusi yang Dilamar]. Dalam surat ini, saya ingin menjelaskan alasan saya tertarik dengan posisi tersebut dan mengapa saya merasa cocok untuk menjadi bagian dari perusahaan Anda.

Saya memiliki latar belakang pendidikan di bidang Pemasaran dengan gelar sarjana dari [Universitas], serta pengalaman bekerja sebagai Marketing Coordinator di [Perusahaan Sebelumnya] selama 2 tahun terakhir. Selama masa kerja saya di perusahaan tersebut, saya berhasil meningkatkan penjualan produk sebesar 20% melalui strategi pemasaran online dan offline yang saya terapkan.

Saya tertarik dengan posisi Marketing Executive di perusahaan Anda karena saya percaya bahwa perusahaan Anda memiliki produk yang inovatif dan berkualitas tinggi, serta memiliki visi dan misi yang sejalan dengan nilai-nilai saya. Selain itu, saya sangat antusias dengan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang terdiri dari individu yang berbakat dan memiliki pengalaman dalam industri ini.

Saya memiliki keterampilan dalam mengembangkan strategi pemasaran online dan offline, serta memiliki kemampuan analisis data yang kuat untuk mengoptimalkan pengeluaran dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran. Dan saya memiliki keterampilan dalam mengelola proyek, serta memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak yang terkait.

Saya percaya bahwa dengan pengalaman dan keterampilan yang saya miliki, saya akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan Anda dalam mencapai tujuan pemasaran dan bisnis yang diinginkan. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim perusahaan Anda sebagai Marketing Executive.

Demikianlah surat motivasi ini saya sampaikan. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Saya sangat senang dan siap untuk membahas lebih lanjut mengenai lamaran ini dalam wawancara selanjutnya.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Contoh Motivation Letter Perekrutan Di Bidang Kerja

Contoh Motivation Letter Perekrutan

Kepada [manajer perekrutan],

Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya yang kuat pada peran [Posisi] di [Perusahaan]. Dengan [Jumlah tahun] pengalaman bertahun-tahun di [Bidang Terkait], saya percaya bahwa keterampilan dan keahlian saya menjadikan saya kandidat yang sangat baik untuk posisi ini.

Sepanjang karir saya, saya telah mengembangkan hasrat untuk [Keterampilan/Industri Terkait], dan saya selalu bersemangat untuk mempelajari lebih lanjut tentang tren dan teknologi terbaru di lapangan. Hasilnya, saya bisa [Pencapaian 1], [Pencapaian 2], dan [Pencapaian 3].

Dalam peran saya saat ini sebagai [Posisi Saat Ini], saya memiliki kesempatan untuk [Menjelaskan proyek atau pencapaian yang menunjukkan keahlian Anda]. Pengalaman ini telah memberi saya kepercayaan diri dan keahlian untuk menghadapi tantangan baru dan terus berkembang dalam karir saya.

Saya sangat tertarik dengan [Nama Perusahaan] karena reputasinya untuk [Nilai atau kekuatan Perusahaan yang sejalan dengan Anda]. Saya percaya bahwa keterampilan dan pengalaman saya selaras dengan misi dan nilai-nilai perusahaan, dan saya senang dengan kemungkinan untuk berkontribusi pada tim.

Terima kasih telah mempertimbangkan aplikasi saya. Saya ingin mendiskusikan kualifikasi saya lebih lanjut dan mempelajari lebih lanjut tentang peluang yang tersedia di [Perusahaan].

Sungguh-sungguh,

[Namamu]

Contoh Motivation Letter Untuk Beasiswa Cocok Buat Siswa dan Mahasiswa

Contoh 3 Untuk Beasiswa

[Namamu]

[Alamat Anda]

[Kota, Negara]

[Alamat email]

[Tanggal]

[Nama Panitia Beasiswa]

[Alamat Panitia Beasiswa]

[Kota, Negara]

Komite Beasiswa yang terhormat,

Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya yang kuat untuk melamar [Nama Beasiswa] yang ditawarkan oleh [Nama Penyedia Beasiswa]. Sebagai siswa [Tingkat Pendidikan Saat Ini] yang mengejar gelar di [Bidang Studi Anda], saya percaya bahwa beasiswa ini akan memberi saya dukungan keuangan dan sumber daya yang tak ternilai untuk mencapai tujuan akademik dan karier saya.

Tumbuh di [Negara Anda], saya telah menyaksikan dampak kemiskinan dan kurangnya akses ke pendidikan pada individu dan komunitas mereka. Pengalaman ini telah memicu semangat saya untuk mengejar karir di [Bidang Studi Anda] dengan tujuan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Namun, mahalnya biaya pendidikan menjadi kendala yang signifikan bagi saya. Beasiswa ini akan memungkinkan saya untuk melanjutkan pendidikan dan fokus pada studi saya tanpa khawatir tentang kendala keuangan.

Saya telah mempertahankan IPK [IPK] sepanjang karir akademik saya dan telah aktif terlibat dalam [Aktivitas dan/atau Pengalaman Kerja Anda yang Relevan]. Pengalaman ini telah membantu saya mengembangkan keterampilan seperti [Cantumkan Beberapa Keterampilan yang Relevan]. Saya yakin bahwa dengan beasiswa ini, saya dapat terus unggul dalam studi saya dan memberikan kontribusi yang berarti di bidang saya.

Selain dukungan keuangan, saya sangat tertarik dengan peluang yang ditawarkan beasiswa ini, seperti [Daftar Beberapa Peluang Relevan yang Ditawarkan oleh Beasiswa]. Saya percaya bahwa kesempatan ini tidak hanya akan meningkatkan pengalaman akademik saya tetapi juga memberi saya platform untuk membuat dampak positif di komunitas saya.

Terima kasih telah mempertimbangkan aplikasi saya. Saya senang dengan kemungkinan menjadi penerima beasiswa ini dan menantikan kesempatan untuk mendiskusikan kualifikasi saya lebih lanjut dengan Anda.

Sungguh-sungguh,

[Namamu]

Artikel lainnya:

Artikel Terkait