Daftar Nama Nama Negara Beserta Sejarah Pergantian Namanya

Emir Al April 2, 2024

Nama nama negara merupakan bagian penting dari identitas suatu negara. Masing-masing negara memiliki nama yang unik yang mewakili sejarah, budaya, dan geografinya. Beberapa juga dapat mencerminkan hubungannya dengan negara lain. Misalnya, “Belgia” berasal dari kata “Belgae”, yang merujuk pada suku kuno yang tinggal di wilayah tersebut.

Banyak negara memiliki nama yang berasal dari bahasa asli atau bahasa yang digunakan secara luas di negara tersebut. Namun, ada juga beberapa halyang memiliki yang diambil dari sejarah atau tokoh yang dikenal luas. Mari simak lebih lanjut untuk mengetahui detailnya.

Penjelasan Detail Nama Nama Negara yang Ada Diseluruh Dunia

Sementara itu, “Jerman” berasal dari kata “Germani”, yang merujuk pada suku yang tinggal di wilayah tersebut pada abad ke-1 Masehi. Namun, ada juga beberapa negara yang memiliki nama yang diambil dari sejarah atau tokoh terkenal, seperti “Amerika Serikat” yang diambil dari tokoh Amerigo Vespucci.

Setelah ini kamu dapat membaca tentang nama dan asal usul sejarahnya di bawah ini, termasuk Negara Indonesia tercinta. Kami telah memberikan penjelasan singkatnya. Simak lebih lanjut ya.

Berikut Nama Nama Negara Dan Asal Usul Sejarahnya

Berikut Nama Nama Negara Dan Asal Usul Sejarahnya

Merupakan suatu identitas yang memberikan informasi tentang negara tersebut, termasuk lokasi geografisnya, sejarahnya, dan kebudayaannya. Beberapa juga dapat menggambarkan hubungan yang terjadi antara negara tersebut dengan lain di dunia. Berikut ini adalah beberapa penjelasan detail nya :

1. Nama Nama Negara Indonesia

Indonesia berasal dari kata “Indus” yang merujuk pada sungai Indus di India, dan “nesos” yang berarti “pulau” dalam bahasa Yunani. Sehingga, Indonesia secara harfiah berarti “pulau-pulau di sekitar sungai Indus”.

Pertama kali digunakan oleh seorang penulis Belanda, J.L.A. Brandes, pada tahun 1850. Indonesia kemudian diadopsi oleh para pemimpin nasional Indonesia sebagai nama resmi negara pada tahun 1945.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga asal mula dari Amerigo Vespucci dan seorang penjelajah Italia yang banyak di ketahui karena perannya dalam mengidentifikasi wilayah baru di Amerika. Amerika Serikat sendiri merupakan singkatan dari “United States of America”, yang secara harfiah berarti “negara-negara bersatu Amerika”.

3. Jepang

Jepang berasal dari kata “Jipang”, yang merupakan nama yang diberikan oleh suku Ainu, suku asli Jepang, pada abad ke-9. Jepang kemudian diadopsi oleh para pemimpin dan rakyat Jepang sebagai di resmikan tahun 1868.

4. Italia

Italia “Italia”, yang merupakan nama yang diberikan oleh bangsa Romawi pada abad ke-2 SM. Italia kemudian diadopsi oleh para pemimpin dan rakyat Italia resmi di adakan tahun 1861. Italia adalah negara di Eropa yang kesedian, fashion dan masakan. Italia juga merupakan salah satu negara yang paling di kenali di dunia, dan telah menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Baca juga: Rekomendasi Apk Live Bar Bar Indonesia Mod Tanpa Lock Room

5. Jerman

Selanjutnya adalah Negara Jerman berasal dari kata “Deutschland”, yang merupakan nama yang diberikan oleh bangsa Jerman pada abad ke-9. Jerman kemudian diadopsi oleh para pemimpin dan rakyat Jerman resmi pada 1871.

Jerman berada di Eropa sangat famous dengan kemajuan teknologinya, serta industri dan ekspornya yang kuat. Dan telah menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia.

6. Rusia

Dari kata “Rus”, yang merupakan nama yang diberikan oleh bangsa Slavia pada abad ke-9. Rusia kemudian diadopsi oleh para pemimpin dan rakyat Rusia resmi thn 1721.

Negara Rusia merupakan negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya, dan dengan kekayaan sumber daya alamnya, seperti minyak dan gas. Dan juga membuat orang makin takjub dengan kehebatannya.

7. Brazil

“brasa”, Brazil kemudian diadopsi oleh para pemimpin dan rakyat Brazil sebagai resmi negara pada tahun 1815. Brazil merupakan negara di Amerika Selatan kekayaan sumber daya alamnya, seperti minyak, emas, dan kayu. Serta seperti samba dan futebol. Brazil juga merupakan salah satu yang paling terkenal di dunia, dan telah menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia.

8. Meksiko

México yang merupakan yang diberikan oleh bangsa Aztek pada abad ke-12. Meksiko kemudian diadopsi oleh para pemimpin dan rakyat Meksiko 1821 secara resmi.

Meksiko negara di Amerika Tengahsangat di ketahui akan budaya nya yang kaya, seperti seni, musik, dan masakan. Dari negara tersebut banyak juga hal yang unik serta banyak menginspirasi orang orang di dunia.

Demikianlah beberapa penjelasan detail tentang negara di dunia. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas tentang identitas negara tersebut, serta menambah pengetahuan kita tentang sejarah dan kebudayaan negara – negara tersebut.

Penjelasan Tentang Pergantian Nama Nama Negara

Penjelasan Tentang Pergantian Nama Nama Negara

Pergantian nama adalah suatu proses dimana sebuah negara mengganti nama resminya dengan yang baru. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti perubahan politik, perubahan struktur pemerintahan, atau perubahan sejarah negara tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh pergantian di dunia:

  • Uni Soviet menjadi Rusia

Pada tahun 1991, Uni Soviet, yang merupakan negara komunis terbesar di dunia, memutuskan untuk membubarkan diri dan membentuk negara baru yang disebut Rusia.

Disebabkan oleh perubahan politik yang terjadi di Uni Soviet, yang mengakibatkan negara tersebut kehilangan kekuasaannya di wilayah-wilayah lain di dunia.

  • Tanah Arab menjadi Uni Emirat Arab

Pada tahun 1971, Tanah Arab, yang merupakan sebuah federasi dari emirat-emirat di Teluk Persia, memutuskan untuk membentuk negara baru yang disebut Uni Emirat Arab.

Pergantian disebabkan oleh perubahan struktur pemerintahan yang terjadi di Tanah Arab, yang mengakibatkan negara tersebut menjadi lebih terorganisir dan terpadu.

  • Swaziland menjadi Eswatini

Pada tahun 2018, Swaziland, sebuah negara di Afrika Selatan, memutuskan untuk mengganti resminya menjadi Eswatini. Pergantian ini disebabkan oleh keinginan negara tersebut untuk lebih menghargai sejarah dan kebudayaannya yang unik, serta menghargai bahasa nasionalnya yang merupakan bahasa Swati.

  • Tanganyika menjadi Tanzania

Pada tahun 1964, Tanganyika, sebuah negara di Afrika yang terdiri dari beberapa pulau di Samudra Hindia, memutuskan untuk bergabung dengan Zanzibar dan membentuk negara baru yang disebut Tanzania. Pergantian ini disebabkan oleh keinginan negara tersebut untuk lebih terpadu dan membentuk satu kesatuan yang lebih kuat.

Demikianlah beberapa contoh pergantian di dunia. Pergantian ini merupakan suatu proses yang cukup umum terjadi di dunia, dan dapat mencerminkan perubahan politik, struktur pemerintahan, atau sejarah negara tersebut.

Baca juga: Doa Selamat Dunia Akhirat Arab & Latin yang Singkat

Artikel Terkait