Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word dan Excel (Terlengkap)

Emir Al June 13, 2024

Ukuran kertas F4 adalah merupakan salah satu ukuran kertas yang digunakan di beberapa negara, seperti Indonesia, Taiwan, dan Filipina. Ukuran kertas F4 memiliki dimensi yang sedikit berbeda dengan ukuran kertas standar yang lebih umum digunakan, seperti A4 atau letter size.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap dan panjang mengenai ukuran kertas F4, termasuk satuan dan perbedaannya dengan ukuran kertas standar lainnya.

Ukuran kertas F4 memiliki dimensi 210 mm x 330 mm, dengan rasio aspek 1:1,57. Ukuran kertas F4 merupakan ukuran yang lebih besar dari ukuran kertas A4, yang memiliki dimensi 210 mm x 297 mm.

Di negara-negara yang menggunakan ukuran kertas F4, seperti Indonesia, ukuran kertas F4 umumnya digunakan untuk dokumen-dokumen yang memerlukan lebih banyak ruang daripada ukuran kertas standar, seperti laporan, proposal, atau dokumen-dokumen yang berisi tabel atau diagram.

Satuan yang digunakan untuk mengukur ukuran kertas F4 adalah milimeter (mm). Satuan ini merupakan satuan standar internasional yang digunakan untuk mengukur panjang, lebar, atau tinggi suatu benda. Dalam kasus ukuran kertas, satuan milimeter digunakan untuk mengukur panjang dan lebar kertas.

Perbedaan antara size kertas F4 dengan ukuran kertas standar lainnya terletak pada dimensi dan rasio aspeknya. Ukuran kertas standar yang paling umum digunakan di dunia adalah ukuran kertas A4, yang memiliki dimensi 210 mm x 297 mm dan rasio aspek 1:1,41. Selain itu, terdapat pula ukuran kertas letter size yang digunakan di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, yang memiliki dimensi 8,5 in x 11 in atau sekitar 216 mm x 279 mm.

Berikut Penjelasan Untuk Mengetahui Ukuran Kertas F4 Di Microsoft Word Dan Excel

Dapat di ketahui ukuran pada f4 pada Microsoft word dan juga excel juga sangat mudah. Yuk, langsung saja cek informasi lebih nya di bawah ini. Telah kami sajikan secara ringkas berikut ini.

Baca juga: 15+ Cara Menenangkan Pikiran dan Hati Menurut Psikologi

1. Berapa Ukuran Kertas F4 Didalam Word?

Berapa Ukuran Kertas F4 Didalam Word

Ukuran kertas dengan format ini dapat digunakan pada pengolah kata seperti Microsoft Word. Berikut adalah penjelasan tentang cara mengatur size kertas di Microsoft Word :

  1. Buka dokumen di Microsoft Word : Buka dokumen yang ingin Anda ubah ukuran kertasnya.
  2. Buka menu Page Layout : Klik tab Page Layout di bagian atas halaman Word.
  3. Pilih ukuran kertas : Klik Size di grup Page Setup, kemudian pilih More Paper Sizes di bagian bawah opsi ukuran kertas.
  4. Atur ukuran kertas : Pilih f4 dari daftar opsi ukuran kertas yang tersedia. Anda juga dapat mengatur margin dan orientasi kertas di sini.
  5. Simpan pengaturan kertas : Setelah Anda mengatur ukuran kertas, klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

2. Bagaimana Cara Mengatur Size F4 Di Excel?

 Bagaimana Cara Mengatur Size F4 Di Excel

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah tersebut, size akan diterapkan pada file Excel Anda. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan isi file dengan ukuran kertas baru yang telah diatur.

Jika isi file Excel terlalu besar untuk ukuran, maka Anda dapat memperkecil isi file atau menyesuaikan margin untuk memperluas area cetak.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur di Excel:

  • Buka dokumen Excel: Buka file Excel yang ingin Anda atur ukuran kertasnya.
  • Buka menu Page Layout: Klik tab Page Layout di bagian atas halaman Excel.
  • Pilih ukuran kertas: Klik Size di grup Page Setup, kemudian pilih More Paper Sizes di bagian bawah opsi ukuran kertas.
  • Atur ukuran kertas: Pilih kertas dari daftar opsi ukuran kertas yang tersedia. Anda juga dapat mengatur margin dan orientasi kertas di sini.
  • Simpan pengaturan kertas: Setelah Anda mengatur ukuran kertas, klik OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Perihal Seperti Apa yang Membuat Kertas ini memiliki Nama dan Jenis F4?

Perihal Seperti Apa yang Membuat Kertas ini memiliki Nama dan Jenis F4

Ukuran kertas F4 sebenarnya merupakan salah satu size non-standar yang tidak termasuk dalam standar ISO 216 yang digunakan untuk menentukan ukuran di seluruh dunia. Kertas F4 pertama kali diperkenalkan di Jepang sebagai yang lebih besar dari kertas B5 namun lebih kecil dari kertas A4.

Nama “F4” sendiri diduga berasal dari kata “Folio” dan “Four”, yang berarti “setengah dari ukuran kertas Folio”. Sementara itu, jenis kertas F4 dapat diklasifikasikan sebagai kertas ukuran non-standard yang digunakan untuk keperluan khusus seperti cetak dokumen atau surat bisnis yang lebih besar dari kertas B5 namun lebih kecil dari kertas A4.

Baca juga: Cara Cek Penerima BSU Dengan Aplikasi Pospay Secara Online

Meskipun ukuran kertas F4 tidak termasuk dalam standar ISO 216, ukuran ini tetap digunakan di beberapa negara seperti Jepang dan Taiwan. Namun, jarang digunakan di luar Asia dan umumnya hanya terdapat pada pengolah kata dan lembar kerja yang didesain untuk pasar Asia.

Berbagau Macam Kegunaan Dari Kertas F4 yang Masih Sering Salah Diartikan

Kertas F4 adalah ukuran kertas yang lebih besar dari kertas B5 namun lebih kecil dari kertas A4. Jenis kertas F4 umumnya digunakan untuk keperluan khusus seperti:

  1. Cetak dokumen: Kertas F4 digunakan untuk mencetak dokumen atau laporan yang lebih besar dari kertas B5 namun tidak terlalu besar sehingga masih memungkinkan untuk membaca dengan mudah.
  2. Cetak surat bisnis: Kertas F4 juga digunakan untuk mencetak surat bisnis atau dokumen bisnis lainnya yang membutuhkan ruang cetak yang lebih besar.
  3. Desain grafis: Kertas F4 dapat digunakan untuk desain grafis seperti pembuatan poster, kartu nama atau brosur yang lebih besar dari kertas B5.
  4. Peta: Kertas F4 juga sering digunakan untuk cetakan peta atau tampilan visual yang lebih besar.

Meskipun tidak umum digunakan di luar Asia, namun kertas ini masih sering digunakan dalam beberapa bidang dan industri tertentu yang membutuhkan size yang lebih besar dari kertas B5 namun lebih kecil dari kertas A4.

Begini Cara Print Kertas F4 Khusus Dokumen Agar Terlihat Lebih Rapi

Begini Cara Print Kertas F4 Khusus Dokumen Agar Terlihat Lebih Rapi

Untuk mencetak dokumen menggunakan size F4, Anda harus memastikan bahwa printer yang Anda gunakan mendukung ukuran kertas tersebut. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut untuk mencetak dokumen dengan kertas F4:

  1. Buka dokumen yang ingin Anda cetak: Buka dokumen yang ingin Anda cetak di pengolah kata atau lembar kerja.
  2. Atur kertas: Pilih format tersebut pada menu Print atau Page Setup. Pada beberapa printer, ukuran ini dapat ditemukan di opsi Custom atau Other Size.
  3. Atur margin: Setelah Anda memilih ukuran, pastikan untuk menyesuaikan margin untuk memastikan bahwa isi dokumen sesuai dengan size kertas yang Anda pilih. Margin bisa diatur di menu Page Setup atau Printer Properties.
  4. Pilih printer: Pilih printer yang ingin Anda gunakan dan pastikan bahwa printer tersebut telah terhubung dengan komputer atau perangkat yang digunakan.
  5. Cetak dokumen: Klik Print atau Print Preview untuk memastikan bahwa dokumen telah teratur dengan benar dan siap dicetak. Setelah itu, klik OK atau Print untuk mencetak dokumen dengan.

Pastikan juga untuk memeriksa apakah printer Anda dapat mencetak di kedua sisi kertas atau hanya satu sisi saja. Jika Anda ingin mencetak dokumen di kedua sisi kertas, pastikan untuk memilih opsi Duplex atau Two-sided Printing pada menu printer.

Ukuran kertas F4 umumnya digunakan untuk dokumen-dokumen yang memerlukan lebih banyak ruang daripada size standar, seperti laporan, proposal, atau dokumen-dokumen yang berisi tabel atau diagram. Perbedaan antara format ini dengan ukuran kertas standar lainnya terletak pada dimensi dan rasio aspeknya.

Baca juga: Cek NISN Dengan Nama & Asal Sekolah Secara Online

Artikel Terkait