Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi Lengkap Dengan Contohnya

Salmakhan Gustoro March 31, 2024

Apasih pengertian seni rupa 3 dimensi? Dimana karya tersebut merupakan sebuah seni yang memiliki bidang dari segala arah, seperti panjang tinggi dan lebar setiap objeknya. Banyak sekali jenis karya seni yang dibentuk dalam sebuah olahan tangan, gambar maupun tiruan yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan aslinya. Para pekerja seni merupakan seseorang yang sangat detail, dalam mengerjakan sesuatu dengan ketelitian yang tinggi.

Tidak semua orang bisa melakukan berbagai macam karya seni dari berbagai bidang, rata rata setiap orang memiliki keahliannya masing masing. Hal tersebut merupakan lahir dari bakat dan kebiasaan seseorang, sehingga bisa dijadikan sebuah profesi untuk dijalani. Terutama pengertian karya seni rupa 3 dimensi, yang memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

Ketrampilan dalam membuat seni rupa akan terus berkembang dari masa ke masa, karena keahlian yang dimiliki merupakan asli dari keterampilan yang dimiliki pribadi sendiri.

Berikut 8 Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni terbagi menjadi beberapa golongan yang masing masing memiliki jenis jenis untuk membedakan hasil karya tersebut. Dimana intinya seni karya seni rupa 3 dimensi, dapat dilihat dari berbagai macam sisi yang berbeda. Berikut beberapa contoh karya seni yang pernah kamu temukan, dirangkum dalam setiap golongan dengan berbagai jenis karya seni tersebut.

Baca juga: Besaran Turunan, Satuan, Dimensi Lengkap Dengan Contohnya

1. Seni Arsitektur

Seni Arsitektur

Karya seni yang dituangkan dari sebuah gambar yang memiliki perspektif tiga dimensi walaupun sebenarnya hanya merupakan sebuah coretan. Kemudian gambar tersebut dijadikan sebuah bangunan yang lebih nyata. Karya ini memiliki berbagai macam jenis tahapan dimana setiap sisinya menjelaskan setiap pengerjaan yang akan dilakukan.

Adapun tahapan tersebut dijelaskan dari berbagai macam golongan pengerjaan, sebelum menjadi sebuah bangunan yang sempurna. Diantaranya:

1. Tahap Pondasi – Menjelaskan berbagai macam ukuran dan tata letak dari bangunan tersebut. Berfungsi sebagai tumpuan dari bangunan tersebut agar lebih kokoh dan tahan lama, karena sebuah bangunan akan digunakan seumur hidup.

2. Bentuk Fisik – Bagian ini membentuk sebuah bagunan inti yang akan dibangun, terdiri dari ruangan dan bentuk dari bangunan tersebut. Dimana terdapat gambar potongan potongan setiap bagian yang menjelaskan lebih detail dari pengerjaan yang dilakukan.

3. Bagian Finishing – bagian yang menjabarkan tentang struktur keindahan dari bangunan tersebut, yang menghadirkan berbagai macam pola seni arsitektur.

Itulah bagian bagian yang biasa dibuat oleh para seniman arsitektur, untuk menjadikan karya seni bangunan yang sangat menarik.

2. Seni Rupa Kriya

Seni Rupa Kriya

Karya seni ini adalah sebuah karya yang dibentuk dari tangan manusia, langsung dijadikan sebuah karya menarik yang memunculkan keindahan. seni kriya juga identik dengan gambaran nusantara, karena di penjuru nusantara tentunya memiliki identitas dan ciri khas sendiri. Berikut contoh dari karya yang dihasilkan dari seni rupa karya.

  1. Seni ukir pahat – bahan utama dari seni ini menggunakan berbagai macam jenis kayu, yang dibuat berbagai macam bentuk barang seperti, kursi, hiasan yang mengisi interior rumah, dan yang lainnya.
  2. Anyaman tangan – karya seni ini dengan menggunakan ketrampilan tangan, menggunakan berbagai macam media merajut hingga membentuk sebuah karya seperti topi, songket dan lainnya.
  3. Pembutsiran – Teknik ini mengubah sebuah bahan yang memiliki tekstur lembut, sehingga dapat dibentuk menjadi berbagai macam benda.
  4. Anyaman – merakit sebuah bahan untuk dijadikan macam karya yang dibuat berbagai pola sehingga membuatnya menjadi indah dan memiliki kegunaan. Seperti alat rumah tangga yang terbuat dari anyaman.
  5. Bordir – Membuat sebuah sulaman menggunakan sebuah benang yang dijadikan sebuah objek pada media kain.

Itulah berbagai macam seni rupa kriya dengan berbagai macam jenis, yang tergolong pada sebuah seni membuat suatu produk.

3. Seni Rupa Patung

Seni Rupa Patung

Patung adalah sebuah seni yang menggambarkan manusia, dengan memiliki tujuan tertentu. Dimana patung patung yang biasa dibuat menggambarkan sebuah tokoh masyarakat, ataupun perjuangan pahlawan untuk mengenang jasa mereka pada saat membela tanah air dari para penjajah. Adapun patung patung yang dibuat oleh para seniman yang di berbagai kota diantaranya.

  1. Patung Jendral Sudirman – Seorang Jendral perang yang terkenal dengan perang gerilya.
  2. Patung Soekarno – Seorang promotor kemerdekaan republik Indonesia.
  3. Patung Jendral Ahmad Yani – Salah satu Jendral Dari Tentara Negara Indonesia.
  4. Patung Para Jenderal Korban G30S PKI – Pejuang yang difitnah oleh para gembong PKI.
  5. Patung Raden Intan – Seorang pejuang yang memiliki dedikasi tinggi mempertahankan suatu daerah.

Terdapat banyak patung lainnya dibentuk oleh seniman seniman yang tersebar di indonesia, dengan berbagai macam kreatifitas membuat bentuk 3 dimensi yang hampir sama persis dengan tokoh yang dibuat.

5. Seni Rupa Diorama

Seni Rupa Diorama

Jenis karya seni yang satu ini menggambarkan sebuah kejadian yang menggambarkan sebuah peristiwa, dibuat sedemikian rupa mirip seperti cerita aslinya. Dituangkan ke dalam pola miniatur berbagai macam bentuk suasana yang terjadi. Seperti berbagai macam peristiwa yang dijelaskan pada sebuah museum museum di setiap daerah.

Masing masing museum memiliki berbagai macam cerita tersendiri, yang menceritakan berbagai macam kejadian yang terjadi disuatu daerah sejak zaman penjajahan.

  1. Diorama Kisah G30S PKI – Terletak di museum Kesaktian Pancasila yang terletak di Kec. Cipayung Jakarta timur.
  2. Supersemar – yang terdapat di museum monas yang berlokasi di ibu kota jakarta.
  3. Diorama Nusantara Museum Bale Panyawangan – Museum ini terletak di purwakarta.
  4. Sejarah Daerah pada Museum Lampung- Museum ini terletak di Kota bandar lampung yang terletak di bagian selatan pulau sumatera.
  5. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta – Diorama tentang berdirinya Universitas Gadjah Mada.

Masih banyak berbagai macam diorama yang berada di berbagai macam tempat, karya seni ini juga sangat menarik untuk disaksikan. Berbagai macam karya seni yang bisa menambah pengetahuan tentang peristiwa, sekaligus menjadi sarana hiburan dan tempat rekreasi yang cocok untuk sebuah komunitas dan organisasi.

6. Seni Rupa Keramik

Seni Rupa Keramik

Kerajinan yang merupakan karya seni yang memiliki jual mahal tinggi ini, banyak digemari oleh para konglomerat di berbagai daerah. Masalahnya karya seni rupa yang satu ini memiliki berbagai macam bentuk, yang bisa dijadikan koleksi penghias interior rumah.

Bentuk keramik yang dibuat sedemikian rupa, seperti guci, vas bunga. Kemudian bisa juga dijadikan sebuah karakter hewan seperti kuda, harimau, burung cendrawasih dan hewan lainnya yang memiliki keindahan saat diaplikasikan ke dalam sebuah seni rupa keramik. Semakin rumit pengerjaan maka harga jual yang ditawarkan akan semakin tinggi.

7. Seni Lingkungan (Taman)

Seni Lingkungan (Taman)

Seni ini biasanya hadir di setiap tempat rekreasi atau juga bisa menjadi pemanis halaman rumah. Environmental Art atau yang biasa disebut dengan seni lingkungan adalah sebuah keindahan suatu alam untuk menyampaikan suasana kenyamanan yang asri di suatu tempat.

Oleh karena itu karya seni lingkungan banyak sekali terdapat di setiap tempat rekreasi, ditambah dengan bangunan bangunan yang estetik untuk pelengkap spot tersebut.

8. Seni Replikasi

Seni Replikasi

Karya seni yang dibuat untuk mengalihkan sebuah benda menjadi bentuk, yang lebih kecil dengan bentuk yang serupa sebagai hiasan interior. menyampaikan informasi, lebih terperinci dari suatu tempat. Ataupun benda yang memiliki fungsi sebagai alat transportasi yang di duplikat menjadi mainan anak anak, dengan bentuk yang hampir sama persis.

Cara ini sering di kembangkan oleh pengusaha pengusaha di bidang seni, untuk menghasilkan berbagai macam bentuk benda yang bisa mereka jual. Setiap orang memiliki kemampuan seni yang berbeda beda, dimana hal tersebut masuk kedalam pilihan mereka yang akan menjadikan hal tersebut menjadi hobi atau sebagai mata pencaharian mereka.

Itulah berbagai macam pengertian seni rupa 3 dimensi yang bisa membuka wawasan, serta memberikan ilmu pengetahuan tambahan yang lebih menarik kepada anak anak.

Artikel lainnya:

Artikel Terkait