Pengertian Teks Ulasan, Struktur, Jenis Dan Contohnya

Salmakhan Gustoro February 17, 2024

Adapun pengertian teks ulasan adalah sebuah tulisan yang mengkritisi, dari penelitian berdasarkan pengamatan pada pemeriksaan dan pertimbangan secara terperinci. Terhadap sebuah karya fiksi maupun non fiksi seperti, novel, buku, film, musik dan yang lainnya. Biasanya teks ulasan terdapat pada suatu film yang sering menghadirkan banyak ulasan, untuk memperjelas cerita film tersebut.

Teks ini berisikan berbagai opini yang berbentuk sebuah cerita fiktif, memberikan gambaran sebuah cerita tersebut dengan mengulas cerita menggunakan teks. Dilihat dari sebuah alur cerita film yang selalu menghadirkan teks ulasan, digunakan untuk memancing sebuah khayalan oleh setiap orang yang menonton berbagai karya film.

Teks ulasan memiliki beberapa tujuan, sehingga memiliki beberapa alasan adanya teks ulasan dalam sebuah cerita :

  1. Memancing khayalan setiap orang yang menyaksikan, sehingga menghadirkan diskusi antar sesama.
  2. menghadirkan pertimbangan saat memilih sebuah karya.
  3. memberi gambaran tentang kekurangan dan kelebihan dari karya tersebut.
  4. Memahami sebuah karya yang bisa agar menjadi pembanding terhadap karya lain.
  5. Menerangkan informasi umum.
  6. memberikan alasan terhadap sebuah cerita kepada para penikmat.
  7. memperjelas isi sebuah cerita.

Dengan adanya tujuan dari sebuah teks, akan membuat teks tersebut lebih jelas dan memiliki arah yang jelas pada sebuah teks cerita. Setiap bentuk cerita tentunya memiliki tujuan yang sebagai awal pembuatan cerita tersebut, kemudian diakhiri dengan berbagai macam kesimpulan menjadi sebuah rangkuman agar lebih mudah di pahami.

Berbagai Jenis Jenis Teks Ulasan yang Paling Sering Dibuat

Jenis Jenis dari Teks Ulasan

Berbagai macam jenis dari sebuah teks ulasan, yang menjelaskan sebuah bentuk ulasan yang dihadirkan. Menjelaskan berbagai macam dengan prinsip tampilan yang berbeda, yang dirangkum dengan masing masing ciri khas yang dimiliki oleh teks ulasan. Berikut beberapa jenis dari teks ulasan berdasarkan pengertian teks ulasan tersebut yang dijelaskan secara terperinci.

  • Informatif – Menerangkan informasi umum secara singkat padat dari sebuah karya, menjelaskan sebuah momen paling penting beserta kekurangan dan kelebihan sebuah cerita.
  • Deskriptif – Menjelaskan secara umum dari sebuah fiksi untuk menjelaskan sebuah manfaat.
  • Kritis – Menjelaskan sebuah informasi terperinci dari sebuah karya sastra, pada sebuah ilmu pengetahuan secara objektif.

Itulah berbagai macam bentuk penjelasan jenis dari pengertian teks ulasan, dengan berbagai macam tipe yang memiliki kriteria masing masing pembahasan berbeda dan memiliki poin poin tersendiri. Dengan itu, saat membaca cerita dari sebuah novel kamu dapat mengetahui teks ulasan yang digunakan pada cerita tersebut. Selain dari tujuan dan jenis terdapat juga struktur pembuatan untuk diketahui.

Baca juga: Contoh Cerita Inspiratif, Pengertian, Struktur, dan Ciri-Cirinya

Berikut Struktur Dalam Pembuatan Teks Ulasan yang Perlu Diapahami dengan Baik

Struktur Pembuatan Teks Ulasan

Setiap pembentukan sebuah teks yang memiliki struktur, untuk mengarahkan pengarang membuat cerita fiksi maupun non fiksi, dari berbagai macan berbagai macam karya cerita. Tanpa adanya struktur pembahasan, akan menghadirkan sebuah cerita yang kurang jelas dan tidak terperinci. Setiap struktur memiliki bagian masing masing, yang meliputi berbagai isi cerita yang dihasilkan.

Berikut berbagai bagian struktur dari teks ulasan yang digunakan untuk membuat struktur dari berbagai macam bagian cerita dari awal sampai akhir.

1. Orientasi (Latar Belakang)

Orientasi (Latar Belakang)

Dalam sebuah istilah pada sebuah pendidikan orientasi sering dijadikan sebuah pembuka pada awal pendidikan yang dijalani. Orientasi adalah pengenalan sebuah cerita yang dibentuk sedemikian rupa pada teks ulasan. Dihadirkan pada latar belakang suatu cerita, untuk memberikan kepada pembaca agar dapat mengenal lebih dalam isi cerita tersebut. Sehingga dapat menarik khayalan dari cerita selanjutnya yang akan mereka baca.

Lebih jelasnya dihadirkan dalam sebuah contoh cerita, yang membahas sebuah orientasi dari latar belakang yang di hadirkan. Berikut contoh dari sebuah film terkenal “ada apa dengan cinta”.

Awal mula tentang sebuah cerita, diawali dari sebuah kisah remaja di sekolahan. Memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda, sehingga dipertemukan akibat sebuah teks puisi yang sangat indah. Rangga merupakan seseorang yang sangat mahir merangkai kata puisi.

Dimana suatu hari puisi karya rangga, dikirimkan oleh bapak petugas kebersihan sekolah yang memiliki kedekatan dengan rangga. Saat berlangsungnya lomba tulis puisi sebagai seleksi peserta, untuk dikirim ke lomba tingkat nasional. Ternyata rangga berhasilkan menjadi penulis puisi terbaik, mengalahkan cinta yang sudah terkenal dengan tulisan puisi yang indah oleh teman temannya.

2. Tafsiran Cerita

Tafsiran Cerita

Menjelaskan sebuah pandang pribadi terhadap sebuah cerita, untuk menghadirkan sebuah ketertarikan maupun penolakan yang dihadirkan oleh seorang penulis teks ulasan. Pada sebuah cerita memiliki suatu hal yang menarik untuk dibahas. Tafsiran cerita biasa juga disebut dengan Interpretasi untuk menjelaskan tanggapan dari cerita tersebut, berikut ini dijelaskan secara contoh.

Melanjutkan sebuah cerita yang menjelaskan tafsiran cerita dari “ada apa dengan cinta” yang menghadirkan tanggapan terhadap ketertarikan.

Cerita film yang dihadirkan pada tahun 2000 an, sebuah kisah cinta dari sepasang kekasih yang memiliki berbagai macam problematika. Memiliki kebencian yang seketika berubah menjadi rasa kangen yang menimbulkan perasaan cinta.

Sesuai dengan perkataan yang sering terjadi, diambil dari kisah sepasang remaja. Semakin besar rasa benci yang dimiliki oleh lawan jenis, suatu saat akan berubah menjadi cinta. Oleh karena itu cerita ini menggambarkan sebuah perjalanan cerita yang menghadirkan pertemuan dan perpisahan, sepasang remaja semenjak duduk di bangku SMA. Sampai masing masing bertambah dewasa, yang masih saling mengenang cerita cinta lama.

3. Evaluasi Alur Cerita

Evaluasi Alur Cerita

Melihat dari cerita yang telah dinikmati oleh pembaca, menghadirkan berbagai macam ketertarikan. Dibandingkan dengan cerita lain yang memiliki alur cerita yang sama, sehingga akan timbul bahan evaluasi dari kedua cerita tersebut untuk menghadirkan sebuah perbandingan. Seperti yang dihadirkan dari cerita ada apa dengan cinta yang menghadirkan berbagai macam bentuk cerita cinta.

Seperti yang dihadirkan oleh cerita lainnya yang menggambarkan sebuah pilihan, untuk mengambil sebuah keputusan tentang berpisah atau kembali. Keputusan yang membingungkan ketika menghadapi situasi seperti itu, yang sering dialami oleh banyak orang pada momen tertentu.

4. Rangkuman

Rangkuman

Pada bagian terakhir ini merupakan kumpulan dari bagian bagian penting, dari berbagai macam cerita dari awal sampai akhir. Memudahkan para pembaca untuk mengulas kembali bagian pokok, sehingga kamu bisa mengingat cerita tersebut saat ingin mendiskusikannya. Dibentuk dalam kesimpulan dijadikan sebuah narasi, maupun dibentuk sebagai poin.

Seperti kesimpulan yang didapat dari rangkaian cerita “ada apa dengan cinta” seperti yang dicontohkan pada rangkaian struktur lainnya.

Dari cerita sebuah kisah asmara sepasang remaja di bangku SMA, yang berlanjut hingga dewasa. memiliki berbagai macam pesan tersirat dari alur cerita dari awal sampai akhir. Menyimpulkan bahwa sebuah kebencian terhadap seseorang janganlah terlalu lama dipendam, hingga berlarut larut dengan waktu yang lama. Karena hal tersebut dapat menjadi bumerang seperti yang terjadi pada cerita ini.

Seketika kebencian dapat berubah menjadi cinta yang tak pernah luput meski jarak terpisah hingga berlarut larut. Tak akan bisa terlupakan walau telah menjalani hubungan dengan orang lain, hal tersebut ditimbulkan dari benci yang menjadi benar benar cinta.

Itulah tadi pengertian teks ulasan yang dapat kami sampaikan, dimana untuk teks ulasan sendiri memiliki banyak sekali struktut yang perlu dipahami. Jadi disaat ada sebuah topik yang mengharuskan pengguna untuk membuat teks ulasan, maka artikel ini tentu akan sangat tepat untuk dijadikan sebagai referensi agar bisa membuat teks ulasan yang baik dan benar.

Artikel lainnya:

Artikel Terkait