Tempat Wisata di Jogja Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Emir Al March 23, 2023

Berlibur di jogja, tentu akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan oleh setiap pengunjung yang hadir disana. Nah untuk itulah suaramuda.co.id akan memberikan informasi terkait tempat wisata di Jogja yang bisa dijadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat dekat lainnya.

Jogja memang terkenal sebagai kota wisata yang menawarkan berbagai macam destinasi menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam yang memukau, wisata sejarah yang kaya akan budaya, hingga kuliner yang lezat dan pastinya memanjakan lidah setiap penikmatnya.

Di pembahasan kali ini para pengunjung akan menemukan berbagai rekomendasi tempat wisata di Jogja yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari destinasi wisata populer hingga tempat wisata yang masih tersembunyi dan jarang diketahui oleh wisatawan.

Wisata Alam di Jogja

Kita sudah sama-sama mengetahui kalau di Jogja memiliki keindahan alam yang luar biasa indahnya. Di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai, gunung, dan air terjun yang menawan. Wisata alam memang kerap sekali dijadikan pilihan untuk mengisi waktu libur baik bersama teman ataupun keluarga.

Jika memang tujuan berlibur utama yaitu wisata alam, maka kami sudah mempersiapkan beberapa tempat yang bisa di kunjungi. Nah jika diantara pengunjung ingin menikmati wisata alam yang ada di kota ini, berikut daftar nya.

Baca Juga: Tempat Wisata di Bandung Yang Tidak Menguras Kantong [Viral]

1. Pantai Parangtritis

pantai parangtritis

Untuk destinasi wisata alam pertama yang bisa di kunjungi di Jogja yaitu pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Pantai ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena keindahan alamnya yang mempesona.

Selain itu, pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing karst yang menjulang tinggi, dan memiliki pasir putih yang luas dan ombak yang cukup besar. Hal ini membuat pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk berselancar, berenang, dan menikmati keindahan alam bersama orang terdekat.

2. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut terletak di Kabupaten Gunungkidul. Tempat wisata ini memang tidak sepopuler pantai Parangtritis, tetapi keindahan alam yang dimilikinya tak kalah mempesona. Di sini pengunjung bisa menikmati udara segar dan suara gemericik air terjun yang menenangkan.

Di sekitar air terjun, terdapat pepohonan rindang yang memberikan keteduhan dan kesejukan. Selain itu, batu-batu kapur yang menjulang tinggi menjadi pemandangan yang sangat indah. Kolam alami yang berisi air jernih dan dingin juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berenang atau sekadar berendam.

3. Gunung Merapi

gunung merapi

Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang masih aktif dan terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Pengunjung bisa mendaki gunung ini untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Namun, pastikan untuk mengikuti panduan dari pemandu gunung yang sudah berpengalaman.

Pasalnya jika pengunjung tidak mengikuti panduan, ini bisa sangat menghawatirkan bagi pengunjung. Nah untuk itu jika memutuskan untuk mengunjungi destinasi wisata ini, harus lebih berhati-hati ya ketika berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.

Wisata Sejarah dan Budaya di Jogja

Jogja juga memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Budaya disini sudah sangat terkenal baik dari dalam maupun luar negeri. Sangking terkenalnya, banyak sekali wisatawan yang menjadikan tempat wisata sejarah ini menjadi pilihan utamanya. Nah berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata sejarah dan budaya di Jogja

1. Keraton Yogyakarta

keraton jogja

Keraton Yogyakarta merupakan tempat wisata sejarah yang paling terkenal di Jogja. Di sini kamu bisa melihat keraton yang masih terjaga keasliannya serta menyaksikan berbagai pertunjukan seni tradisional seperti tari Jawa dan gamelan.

Inilah yang menyebabkan keraton yogyakarta banyak sekali pengunjungnya. Pasalnya dengan mengunjungi keraton ini maka para pengunjung akan merasakan sesuatu hal yang berbeda. Pengalaman mengunjungi destinasi ini akan membuat para pengunjungnya tidak bisa melupakan tempat ini.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Tempat wisata di jogja berikutnya yaitu Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dan juga menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Di sini para pengunjung bisa melihat keindahan arsitektur bangunan candi yang sangat indah dan megah.

Selain itu, para pengunjung juga bisa mengetahui sejarah dan filosofi yang terkandung di dalam setiap relief candi. Bahkan yang lebih menariknya lagi para pengunjung bisa melakukan foto bersama dengan berlatarkan candi yang sangat terkenal ini.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja

Jika membahas tempat wisata di jogja maka tidak lepas dengan yang namanya kuliner. Pasalnya Jogja merupakan salah satu kota yang terkenal dengan kulinernya. Di sini para pengunjung bisa menemukan berbagai macam kuliner yang lezat dan menggugah selera. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat kuliner di Jogja:

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Siapa yang tidak mengenal menu makanan yang bernama Gudeg. Tentu hampir sebagian besar masyarakat mengetahui jenis makan ini berasal dari Jogja. Nah jika para wisatawan ingin mencoba gudeg yang terkenal, maka bisa mengunjungi Gudeg Yu Djum.

Gudeg Yu Djum merupakan salah satu tempat kuliner yang paling terkenal di Jogja. Di sini pengunjung bisa menikmati gudeg yang sangat lezat dan nikmat. Di jamin pasti akan ketagihan dengan makanan yang satu ini.

2. Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito

Jika para pengunjung merupakan pecinta bahan makanan mie, maka Bakmi Jawa Mbah Gito merupakan salah satu tempat yang harus di kunjungi. Pasalnya Bakmi Jawa Mbah Gito ini merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal di Jogja.

Bakmi Jawa-nya yang sangat lezat dan nikmat tentu akan memanjakan lidah setiap penikmatnya. Di sini kamu bisa menikmati bakmi Jawa yang disajikan dengan kuah yang kental dan gurih. Pokok nya dijamin akan membuat siapa saja yang memakannya menjadi ketagihan.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait