7 Contoh Kewajiban Dan Hak Di Sekolah Maupun Masyarakat

Salmakhan Gustoro May 31, 2024

Berbagai macam hak di sekolah yang bisa didapatkan, selain dari pendidikan banyak yang bisa diambil dari sebagian hak siswa maupun guru. Setiap guru dan siswa tentunya memiliki hak yang harus didapatkan, serta menjalankan kewajiban sebagai mana mestinya. Semua sudah teragenda sesuai dengan kebutuhan, untuk menunjang ilmu pengetahuan terhadap siswa.

Begitupun sebaliknya, jika siswa tidak bisa merasakan atau mendapatkan hak yang harus mereka terima. tentunya dapat menimbulkan berbagai dampak, yang bisa mempengaruhi kenyamanan para siswa.

Berbagai Dampak Negatif Apabila Hak Siswa Tidak Pernah Terpenuhi

Berbagai Dampak Hak Siswa Tak Terpenuhi

Wah, kira kira apa saja ya dampak dari hak siswa yang tak terpenuhi? Berikut ini merupakan beberapa hak yang harus diketahui oleh tenaga pengajar baru, agar selalu memenuhi hak dari seorang siswa saat mereka berada di sekolah. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Konsentrasi belajar mengajar – Hal ini biasanya disebabkan oleh lingkungan sekitar yang tidak nyaman, sehingga para siswa akan merasa terganggu dan tidak nyaman.
  2. Siswa akan menjadi pasif – Saat hal ini terjadi, maka seorang siswa akan sulit untuk mengembangkan dirinya pada saat belajar, bermain, maupun menjalankan aktifitas lainnya.
  3. Siswa tidak naik kelas – Seharusnya jika hak dari siswa terpenuhi maka tidak akan terjadi hal seperti ini, maka para pengajar harus memperbaiki pola pengajaran untuk menjadi lebih baik.
  4. Kegiatan yang membosankan – hal ini biasanya disebabkan kurangnya fasilitas, ketidak cocokan pada lingkungan, ataupun tidak mendapatkan bimbingan serta perlindungan yang tepat.

Berbagai macam hal tersebut dapat membuat para siswa kurang nyaman melakukan segala aktifitas di sekolah, karena jika setiap hak yang harus didapatkan oleh siswa tidak mereka rasakan. Oleh karena itu siswa tentunya harus mendapatkan hak mereka di sekolah.

Apa Saja Sih Hak dari Seorang Siswa Di Sekolah? Berikut 7 Contohnya

Apa Saja Sih Hak dari Seorang Siswa

Berdasarkan pandangan umum, yang banyak diketahui oleh orang tua siswa. Oleh karena itu semua orang tua sangat mementingkan sebuah pengetahuan, untuk menunjang pengetahuan seorang anak. Beberapa hak dari para siswa yang menjalankan pendidikan di sekolah, dijelaskan sebagai berikut.

1. Hak Selesaikan Pendidikan

Hak Selesaikan Pendidikan

Salah satu hal ini merupakan sebuah keharusan yang didapat oleh para siswa, dimana sebuah hak yang harus diperoleh setelah menjalankan kewajiban bayar spp dan biaya lainnya. Setiap hak dan kewajiban tentunya harus sama sama berjalan sebagaimana mestinya, jangan sampai para wali murid telah melaksanakan kewajiban agar anaknya dapatkan hak untuk bersekolah selesaikan pendidikan.

Beberapa hak bagi siswa untuk bisa selesaikan pendidikan sampai tamat sekolah, pada beberapa poin berikut yang dijelaskan secara terperinci.

  1. Mendapatkan proses pengajaran yang baik – Dengan mendapatkan proses pengajaran yang baik, tentunya kualitas pendidikan dari siswa tersebut lebih cepat meningkat.
  2. Dapatkan fasilitas yang sesuai – Sebagai penunjang kenyamanan bagi siswa untuk melaksanakan pendidikan, tentunya siswa harus mendapatkan fasilitas layak dan sesuai dengan apa yang mereka keluarkan maupun ditangguhkan.
  3. Mendapatkan pendidikan yang sesuai – Menyesuaikan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Hak selesaikan pendidikan memiliki beberapa bentuk penjelasan, dan poin poin yang sangat kompleks. Diatur oleh dinas pendidikan di setiap kota, yang harapannya setiap jenjang pendidikan di sekolah dapat menghasilkan siswa berkualitas. Melalui proses pengajaran yang benar benar baik dilakukan oleh segala pihak, serta diberikan secara ikhlas agar lebih bermanfaat untuk semuanya.

2. Hak Mendapatkan Keadilan

Hak mendapatkan keadilan

Setiap siswa yang melakukan pendidikan layak diperlakukan dengan seadil mungkin oleh guru, sesama teman maupun setiap orang yang ada di sekolah. Keadilan yang harus didapat oleh siswa, merupakan sesuatu yang bisa membuat mereka selalu nyaman. Dengan berbagai macam bentuk perlakuan sesuai, tanpa ada pembeda dari satu dengan lainya. Dapat menjadikan setiap siswa berkembang secara bersama dan merata, tanpa ada kecemburuan sosial yang timbul antar sesama.

Jika setiap siswa diperlakukan dengan adil sesuai dengan porsi masing masing, serta dilakukan dengan pengajaran yang maka mereka akan bertumbuh kembang secara baik pula. Hal ini memang sangat sulit dilakukan oleh semua pendidik. Namun keadilan merupakan hak dari seorang siswa, yang harus mereka terima ketika menjalani suatu pendidikan di sekolah.

3. Hak Menyampaikan Pertanyaan dan Pendapat

Hak Menyampaikan Pertanyaan dan Pendapat

Setiap orang tentunya mempunyai untuk bertanya dan juga memberikan pendapat, termasuk para siswa diluar mata pelajaran saat mereka di sekolah. Dengan tersampaikannya kedua hal ini, mereka juga dapat melatih kemampuan mereka berkomunikasi. berani melontarkan pertanyaan serta menanggapi berbagai persoalan dengan pendapat mereka masing masing.

Hak ini merupakan hak priografir siswa kepada teman, guru dan para karyawan yang ada di sekolah. Mereka berhak tampil berani untuk mengungkapkan semua ekspresi, dan juga pemikiran pemikiran hebat mereka yang sangat berguna di masyarakat.

4. Berhak Mendapat Kasih Sayang dari Guru dan Staf Lainnya

Berhak Mendapat Kasih Sayang dari Guru dan Staf Lainnya

Sekolah adalah wadah sebuah pendidikan di luar rumah tempat tinggal mereka, mendidik seorang siswa tentunya pasti disertai dengan kasih sayang. Dengan adanya kasih sayang, maka akan menimbulkan kedekatan antara siswa dan guru, sehingga membuat siswa merasa nyaman saat berada di sekolah. Sehingga sekolah bisa menjadi rumah kedua, bagi mereka setiap harinya.

Kasih sayang dari seorang guru, merupakan salah satu perlakuan yang menjadi hak mutlak dari seorang guru kepada muridnya. Dampak positif bisa sangat terasa oleh siswa, yang membuat mereka selalu betah dan ingin kembali datang ke sekolah dengan penuh semangat setiap harinya. Begitupun sebaliknya jika siswa tidak bisa mendapatkan hak kasih sayangnya, maka mereka tidak akan betah berlama lama di sekolah.

Sehingga dapat terlintas pemikiran pemikiran negatif, yang membuat mereka segera ingin pindah dan mencari sekolah yang lebih nyaman untuk mereka selesaikan pendidikan.

5. Berhak Menggunakan Fasilitas sekolah

Berhak Menggunakan Fasilitas sekolah

Fasilitas yang tersedia di sekolah adalah sarana pendukung bagi siswa untuk belajar, bermain, dan juga mengembangkan diri melalui berbagai macam kegiatan di sekolah. Setiap siswa berhak menggunakan fasilitas sekolah yang bisa manfaatkan untuk hal yang positif. Semakin banyak fasilitas mumpuni, maka mereka akan semakin betah untuk berlama lama di sekolah.

Dengan adanya fasilitas lengkap, tidak menutup kemungkinan akan bermunculan bakat dan kemampuan dari siswa tersebut sesuai dengan minat dan hobi mereka. Fasilitas seperti Lapangan olahraga, perpustakaan, ruangan musik, tempat bermain, dan fasilitas lainnya yang berada di sekolah.

6. Mendapatkan Bimbingan dan Perlindungan

Mendapatkan Bimbingan dan Perlindungan

Bimbingan serta perlindungan adalah kewajiban seorang guru, dan juga merupakan hak yang harus didapatkan oleh siswa. Oleh karena itu, pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi anak anak yang berada di indonesia. Setiap anak tentunya mereka membutuhkan bimbingan, serta perlindungan yang pas. Dimana akan berdampak untuk mendukung mereka lebih berkembang baik, dari segi ilmu pengetahuan ataupun menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Rasa aman dan nyaman juga dapat dirasakan oleh siswa, saat guru mereka secara ikhlas memberikan bimbingan serta perlindungan setiap mereka ada masalah di sekolah. Apalagi sampai berlanjut di luar sekolah, ketika mereka di tumburkan oleh suatu masalah persoalan,

7. Mendapatkan Waktu Istirahat Cukup

Mendapatkan Waktu Istirahat Cukup

Melakukan kegiatan belajar mengajar, tentunya akan ada waktunya untuk mereka merasa bosan. Oleh karena itu, mereka membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk sekedar bermain ataupun pergi ke kantin menyantap makanan favorit. Sehingga mereka bisa kembali bisa berfikir aktif, saat melanjutkan pelajaran yang diberikan.

Jangan sampai ketika waktunya istirahat telah tiba, karena tanggung dengan penjelasan yang guru berikan. Membuat waktu tambahan, yang bisa memotong waktu istirahat mereka, sehingga mereka tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Mendapatkan waktu istirahat yang cukup, adalah hak para siswa yang harus mereka dapatkan.

Artikel lainnya:

Artikel Terkait