Manfaat Hidup Rukun Baik di Rumah, Sekolah & Masyarakat

Emir Al June 9, 2024

suaramuda.co.id – Manfaat hidup rukun sangatlah banyak. Sebagai seorang manusia yang pada dasarnya adalah makhluk sosial, tentu memiliki kecenderungan untuk berkumpul dan saling berhubungan dengan manusia yang lain untuk melangsungkan kehidupan. dalam suatu ilmu sosial sendiri, keberadaan manusia yang saling berkumpul nantinya akan menghasilkan sebuah kebudayaan dan komunikasi diantaranta.

Kecenderungan ini yang membuat manusia membutuhkan hubungan yang baik antar sesamanya. Hal ini dilakukan karena pada dasarnya manusia memiliki tujuan untuk bertahan hidup untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dan harus didukung dengan kehidupan yang rukun.

Hidup berrdampingan memanglah bukan hal yang sederhana. Banyak sifat dan kultur yang harus disamakan atau ditolerir satu dengan yang lain agar menciptakan suatu kerukunan bersama. Dengan beragamnya suku, agama, budaya dan ras dalam satu lingkungan membentuk suatu keunikan tersendiri yang dalam prosesnya memerlukan waktu untuk membuat sebuah lingkungan yang rukun dan harmonis.

Apa yang Dimaksud Dengan Hidup Rukun?

Hidup rukun adalah salah satu pola hidup dari seseorang atau kelompok yang antara satu sama lainnya saling menghormati dna juga saling menyayangi. Menerapkan pola hidup yang rukun dalam sebuah kelompok atau perorangan dapat meningkatkan kualitas hubungan yang baik, harmonis dan rukun. Suasana yang nyaman ini tercipta dan kemudia menghasilkan lingkungan yang lebih nyaman dan layak untuk ditempati bersama.

Dengan tinggal di suatu lingkungan yang nyaman dan tentram, mak akan meningkatkan kualitas hidup seseorang juga, seperti terhindar dari stres dan kejenuhan. Hal ini merupakan pengaruh yang positif dari hidup yang rukun.

Dengan saling bantu membantu antar sesama dan tolong menolong, selain itu menjauhi adanya perselisihan, dan menghindari adanya petikaian serta saling menghormati antara pendapat yang satu dengan yang lain adlaah sebuah kondisi yang dihasilkan dari sebuah kehidupan berkesinambungan yang rukun.

Hidup yang rukun akan menimbulkan dampak positif tidak hanya bagi perorangan atau kelompok, melainkan lingkungan juga. Hidup yang rukun membuat lingkungan juga lebih terjaga dan tentunya terawat. Semua hal ini karena masyarakat yang tinggal di lingkngan menjadi kompak antar satu dengan yang lain karena hidup dalam kerukunan.

Baca juga: Contoh Cerita Inspiratif, Pengertian, Struktur, dan Ciri-Cirinya

Berikut Nilai-Nilai Hidup Rukun yang Harus Selalu Ada Pada Diri Manusia

Berikut Nilai-Nilai Hidup Rukun yang Harus Selalu Ada Pada Diri Manusia

Ada beberapa nilai-nilai yang bisa kamu rasakan dengan menajlani hidup bertetanga yang rukun. Hidup dengan kebersamaan dan juga kekompakan memiliki banyak sisi posistif. berikut nilai-nilai yang bisa kamu dapatkan dalam kehidupan yang rukun :

1. Nilai Kebersamaan

Hidup yang rukun akan menghasilkan kekompakan dan juga kebersamaan yang tumbuh ari setiap tindakan antar kelompok maupun antar individu. Pola hidup rukun ini membuat orang-orang yang hidup di dalam lingkungantersebut memiliki kesamaan sehingga cenderung lebih kompak antar satu dengan yang lain dan merasa bahwa senasib.

2. Nilai Kekuatan

Hidup rukun juga berarti menyatukan seluruh kekuatan individu menjadi suatu kekuatan bersama. Hidup yang rukun akan memperkuat kekuatan antar individu dan juga kelompok karena memiliki rasa kebersamaan dan yakin bahwa tidak sendiri.

3. Toleransi Tinggi

Dengan berkumpulnya bermacam-macam orang pada satu lingkungan yang sama yang kemudia hidup dalam suatu lingkup yang rukun membuat masyarakat menajdi lebih toleransi terhadap berbagai perbedaan. Sepeti toleransi dengan berbagai acara keagamaan yang diadakan tetangga yang berbeda agama.

Macam-Macam Manfaat Hidup Rukun di Rumah Beserta Contohnya

Macam-Macam Manfaat Hidup Rukun di Rumah Beserta Contohnya

Dengan hidup rukung di lingkungan rumah, ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan. Manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Mencegah Penuaan Dini

Pola hidup rukun membuat kamu menjadi minim perkelahian. Keluarga pu menjadi lebih harmonis dan nyaman. Karena jarang menaikkan emosi dengan marah-marah, maka akan membuat kamu aman dari penuaan dini karena lingkungan yang mendukung kamu untuk tetap rileks.

2. Menurunkan Tingkat Stres

Terlalu banyak marah adalah salah satu yang bisa menyebabkan stres. Tidak hanya itu, stres nantinya akan semakin memperburuk kondisi dan juga ambience di dalam rumah. namun dengan hidup yang rukun di lingkungan rumah, stres pun menjadi dapat dihindari.

semua bisa diselesaikan dengan kepala dingin. dengan kepala dingin, berbagai solusi lebih mudah ditemukan karena piki8rran lebih jernih dan hati juga lebih tenang.

3. Menyehatkan Mental

Dengan tingkat stress yang menurun dan aman dari penuaan dini, maka secara tidak langsung mental kamu juga akan menjadi semakin sehat. Kesehatan mental didukung oleh hidup yang rukun dan juga nyaman. Hal itu tentu bisa diwujudkan dengan bantuan dan usaha dari seluruh anggota keluarga.

4. Menguatkan Fisik

Hidup yang rukun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Semua aktifitas yang kamu lakukan di dalam rumah bisa menjadi suatu hal yang membahagiakan untuk dirimu sendiri. Keluarga yang harmonis dan rukun tentu memiliki pola hidup yang bisa dibilang sehat yang tentu digunakan untuk saling menjaga satu dengan yang lain.

5. Membantu Perkembangan Otak

Perkembangan otak yang dimaksudkan disini adalah perkembangan otak anak. Keluarga yang harmonis dan rukun memiliki habbits yang baik terutama dari orangtua yang disiplin dan cermat dalam mendidik anaknya di rumah.

Dari banyaknya penelitian, hampir seluruhnya mengatakan bahwa perkembangan otak anak berpengaruh dari interaksi dalam keluarga yang posotof. dengan hidup yang rukun di dalam rumah akan membantu perkembangan otak anak menuju ke arah yang lebih baik.

Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Sekolah

Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Sekolah

Hidup rukun bukan hanya harus kamu lakukan di lingkungan rumah, namun juga di lingkungan sekolah. Kerukuna di lingkungan sekolah akan membantu kamu dalam bersosialisasi dan meningkatkan mutu pembelajaran dan nilai-nilai yang kamu dapatkan. Berikut manfaat-manfaatnya :

1. Suasana yang Menjadi Lebih Nyaman

Apabila kamu rukun dengan teman di sekolah, maka kamu akan menajdi semakin nyaman untuk berada di sekolah. Apabila kamu memiliki teman ataupun sahabat yang baikd an dekat denganmu, tentu kehidupanmu di sekolah akan terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan walaupun terdapat banyak tugas, menemui guru yang galak atau belajar pelajaran yang sulit.

Dengan rukun dengan orang yang ada di sekitarmu akan menbuat kamu lebih nyama untuk berada di sekolah. Contohnya jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan seluruh anggota sekolah, kamu jadi bisa berbincang dengan semuanya tanpa memandang status satu sama lain.

2. Suasana Kondusif

Suasana yang kondusif akan tercipta jika kamu menerapkan hidup yang rukun di sekolah. kondisi ini akan membuat kamu dan teman-temanmu menajdi lebih nyaman utnu kbelajar sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih baik selama pelajaran dan mendapatkan nilai yang lebih baik ketika ujian.

3. Materi Menjadi Mudah Dipahami

Seperti suasana yang kondusif, dengan hidup rukun maka pelajaran akan semakin mudah dan lebih mudah diserap juga. Nantinya tidak ada lagi pelajaran yang sulit atau pelajaran menakutkan yang biasanya menghasilkan nilai-nilai yang buruk. Hal itu karena dibantu dengan lingkungans ekolah yang kondusif.

4. Hidup Menjadi Damai

Hidup di lingkungan sekolah menaji lebih damai karena minimnya pertikaian dan perselisihan. Dengan kedamaian ini tentunya juga membantu kamu dan siswa lain untuk menjadi lebih baik dalam belajar dan maksimal dalam menyerap ilmu yang telah diberikan oleh para guru di sekolah.

Contoh Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Masyarakat

Contoh Manfaat Hidup Rukun di Lingkungan Masyarakat

Di lingkungan masyarakat juga kamu harus selalu menjaga kerukunan. Dengan menjaga kerukuna di lingkungan masyarakan tentunya ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan. Berikut diantaranya :

1. Hidup jadi Lebih Tenang

Jika manjalankan kehidupan yang rukun khususnya di masyarakat, maka kehidupan kamu juga akan menajdi lebih tenang dan juga harmonis tentunya. Kehidupan ini membuat kamu dan masyarakat menjadi lebih harmonis dan juga saling menghargai dan menghormati antar satu dengan yang lain.

2. Ada Rasa Saling Membantu

Rukun antar sesama khususnya tetangga tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan kamu. Dengan masyarakan yang damai dan rukun, maka akan terjadi budaya saling tolong menolong yang mengakibatkan minimnya kesulitan yang akan dirasakan di masyarakat tesebut.

3. Lingkungan Menjadi Aman

Tidak hanya itu, lingkungan pun menjadi lebih aman karena adanya rasa kebersamaan di dalamnya sehingga dalam satu lingkungan tersebut saling melindungi sesama. Dengan saling menjaga tentunya lingkungan akan menjadi semakin aman.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait