HRD Adalah: Simak Tujuan, Tugas dan Kemampuan yang Dimiliki Disini!

Jumalia Khusna March 16, 2023

HRD adalah kependekan dari Human Resources Development atau pengembangan sumber daya manusia. HRD merupakan bidang atau fungsi di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) sehingga mampu memberikan kontribusi yang optimal dalam mencapai tujuan organisasi.

Dalam lingkup tugasnya, HRD dapat melakukan berbagai hal seperti merancang agenda pelatihan dan pengembangan karyawan, mengelola kinerja karyawan, melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan baru, merancang kebijakan dan prosedur SDM, serta memastikan kepatuhan organisasi terhadap peraturan perundangan yang berlaku.

Tujuan dari HRD adalah untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas organisasi melalui pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan. HRD juga berperan dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif, serta memastikan bahwa karyawan merasa dihargai dan didukung dalam mencapai tujuan karir mereka.

Dalam era digital dan teknologi saat ini, HRD juga memiliki peran dalam mengembangkan keahlian dan kompetensi digital karyawan serta memastikan adanya budaya inovasi dan adaptasi di dalam organisasi.

Apa Saja Tugas yang Biasa Dilakukan Sebagai Seorang HRD

Tugas Untuk Seorang HRD

Tugas HRD (Human Resources Development) adalah mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam suatu organisasi agar mampu memberikan kontribusi yang optimal dalam mencapai tujuan organisasi. Berikut ini adalah penjelasan panjang mengenai tugas-tugas yang dilakukan oleh HRD:

1. Tugas HRD adalah Perencanaan SDM

HRD bertanggung jawab dalam merencanakan jumlah dan jenis SDM yang dibutuhkan oleh organisasi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam melakukan perencanaan ini, HRD harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti pertumbuhan bisnis, perubahan teknologi, dan kebutuhan kompetensi karyawan.

2. Rekrutmen dan Seleksi

HRD juga bertugas untuk melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan baru yang sesuai dengan kebutuhan dan standar kualifikasi yang ditetapkan oleh organisasi. Tugas ini meliputi menyusun iklan lowongan kerja, menyeleksi berkas lamaran, melakukan wawancara, dan melakukan tes tertulis atau tes keterampilan lainnya.

3. Pelatihan dan Pengembangan

HRD juga bertanggung jawab untuk merancang agenda pelatihan dan pengembangan karyawan agar mereka dapat mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan dalam pekerjaan mereka. Pelatihan dan pengembangan dapat berupa pelatihan teknis, pelatihan keterampilan, atau pelatihan manajerial.

4. Pengelolaan Kinerja

HRD harus memastikan bahwa kinerja karyawan diukur dan dievaluasi secara teratur untuk memastikan bahwa mereka memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi. Hal ini meliputi penyusunan key performance indicators (KPI), pelaksanaan penilaian kinerja, dan pemberian feedback dan coaching kepada karyawan.

5. Pengelolaan Kompensasi dan Benefit

HRD juga bertanggung jawab dalam mengelola sistem kompensasi dan benefit bagi karyawan. Hal ini meliputi penentuan gaji, bonus, tunjangan, serta fasilitas lainnya yang diberikan kepada karyawan.

6. Manajemen Perubahan

HRD harus memastikan bahwa karyawan siap dan mampu menghadapi perubahan dalam organisasi. Tugas ini meliputi merancang agenda pengembangan organisasi, melakukan change management, dan membantu karyawan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

7. Penegakan Kebijakan dan Prosedur SDM

HRD juga bertugas untuk memastikan bahwa organisasi mematuhi kebijakan dan prosedur SDM yang telah ditetapkan. Tugas ini meliputi pengembangan dan penerapan kebijakan SDM, serta memastikan bahwa karyawan memahami dan mematuhi kebijakan tersebut.

8. Pengembangan Budaya Organisasi

HRD bertanggung jawab dalam mengembangkan budaya organisasi yang sehat, produktif, dan inovatif. Tugas ini meliputi merancang agenda pengembangan budaya organisasi, memfasilitasi komunikasi antara karyawan dan manajemen, serta mempromosikan nilai-nilai organisasi yang diinginkan.

9. Penyelesaian Masalah dan Konflik

HRD juga bertugas untuk menangani masalah dan konflik yang terjadi di antara karyawan atau antara karyawan dan manajemen. Hal ini meliputi melakukan mediasi dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah atau konflik tersebut.

11. Pemantauan Regulasi SDM

HRD harus memastikan bahwa organisasi memenuhi persyaratan hukum dan regulasi yang terkait dengan SDM. Hal ini meliputi pemantauan peraturan perundang-undangan, termasuk kebijakan ketenagakerjaan dan kesehatan dan keselamatan kerja.

12. Manajemen Hubungan Industri

HRD juga bertanggung jawab dalam membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan serikat pekerja atau organisasi lain yang terkait dengan ketenagakerjaan. Hal ini meliputi negosiasi dengan serikat pekerja, penyelesaian sengketa hubungan industrial, dan memastikan kepatuhan organisasi terhadap peraturan ketenagakerjaan.

13. Pelaporan SDM

HRD harus memastikan bahwa informasi tentang SDM dilaporkan secara akurat dan tepat waktu kepada manajemen dan pemangku kepentingan lainnya. Hal ini meliputi penyusunan laporan keuangan dan laporan tahunan, serta pengumpulan data SDM yang diperlukan oleh organisasi.

14. Pengembangan Sistem SDM

HRD harus memastikan bahwa sistem SDM yang digunakan oleh organisasi sesuai dengan kebutuhan dan standar kualitas yang ditetapkan. Tugas ini meliputi pengembangan sistem penggajian, sistem manajemen kinerja, dan sistem manajemen talenta yang efektif.

Dalam era digital dan teknologi saat ini, HRD juga harus memastikan bahwa organisasi memiliki keahlian dan kompetensi digital yang diperlukan dalam berbagai bidang.

HRD harus merancang agenda pelatihan dan pengembangan yang memenuhi kebutuhan digital karyawan dan mempromosikan budaya inovasi dan adaptasi di dalam organisasi. Selain itu, HRD juga harus memahami dan mengelola potensi terkait dengan teknologi seperti keamanan data dan privasi karyawan.

Berbagai Macam Keahlian yang Harus Di Miliki Sebagai Seorang HRD

kemampuan

Sebagai seorang HRD, terdapat beberapa keterampilan atau kemampuan yang harus dimiliki agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif. Berikut adalah beberapa keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang HRD:

  • Kemampuan komunikasi Seorang

HRD harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan, agar dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan karyawan dan manajemen. Kemampuan komunikasi yang baik juga diperlukan untuk membangun hubungan kerja yang baik dan memfasilitasi negosiasi dan diskusi.

  • Kemampuan menjaga kerahasiaan

HRD seringkali berurusan dengan informasi sensitif dan rahasia tentang karyawan dan organisasi. Oleh karena itu, HRD harus dapat menjaga kerahasiaan dan kepercayaan karyawan dan manajemen dengan memastikan bahwa informasi tersebut hanya digunakan untuk tujuan yang tepat dan tidak disalahgunakan.

  • Kemampuan mengembangkan strategi SDM

HRD harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan strategi SDM yang efektif dan strategis untuk memastikan bahwa organisasi memiliki talenta yang tepat untuk mencapai tujuan bisnisnya. Kemampuan ini meliputi kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan SDM, mengembangkan rencana aksi, dan mengukur dampaknya pada organisasi.

  • Kemampuan networking

HRD harus dapat membangun jaringan yang baik dengan karyawan, manajemen, dan pihak-pihak eksternal, seperti institusi pendidikan dan organisasi HR lainnya. Kemampuan networking yang baik juga diperlukan untuk memperoleh informasi dan sumber daya yang dapat digunakan untuk pengembangan SDM dan manajemen organisasi.

Demikianlah beberapa keterampilan atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang HRD. Namun, selain keterampilan-keterampilan tersebut, seorang HRD juga harus memiliki sikap yang positif dan integritas yang tinggi, seperti kejujuran, etika, dan rasa tanggung jawab yang kuat.

Artikel lainya:

Artikel Terkait