Pengertian Sales Menurut Para Ahli dan Jenis Pekerjaannya

Jumalia Khusna June 5, 2024

Pengertian Sales atau penjualan adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau individu untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. Aktivitas penjualan merupakan salah satu fungsi utama dalam sebuah organisasi atau perusahaan karena keberhasilannya akan mempengaruhi keberhasilan bisnis secara keseluruhan.

Proses penjualan biasanya dimulai dengan mencari prospek, yaitu orang atau organisasi yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan. Proses ini melibatkan penjelajahan pasar dan pengumpulan informasi tentang calon pelanggan, serta mencari peluang bisnis yang dapat diambil.

Setelah prospek ditemukan, dilakukan kualifikasi prospek untuk memastikan bahwa prospek tersebut memang memiliki kebutuhan yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Setelah prospek terkualifikasi, proses penjualan dilanjutkan dengan presentasi produk atau jasa. Pada tahap ini, sales executive atau sales representative menjelaskan keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan serta memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pengertian Sales

Setelah itu, dilakukan negosiasi harga dan kondisi, yang mencakup perundingan mengenai harga, persyaratan pembayaran, pengiriman, dan garansi.

Jika negosiasi berhasil, proses penjualan akan dilanjutkan dengan penutupan penjualan. Pada tahap ini, sales executive atau sales representative akan mengajukan penawaran secara tertulis dan menunggu persetujuan dari pelanggan. Jika penawaran diterima, maka dilakukan penandatanganan kontrak atau perjanjian penjualan.

Setelah penjualan dilakukan, pelayanan purna jual diberikan untuk memastikan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang. Pelayanan purna jual ini meliputi pengiriman produk, instalasi, pelatihan, dukungan teknis, perbaikan, dan layanan pelanggan lainnya.

Profesi dalam bidang penjualan memainkan peran penting dalam menjalankan proses penjualan. Seorang sales executive atau sales representative bertanggung jawab untuk menjalankan proses penjualan dengan mengidentifikasi peluang bisnis, menjalin hubungan dengan pelanggan, menawarkan produk atau jasa, dan menegosiasikan kontrak penjualan.

Mereka juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan, serta kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Marketing? Berikut Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Beberapa Istilah-Istilah Umum Dalam Pengertian Sales Marketing

Istilah-Istilah Umum Dalam Pengertian Sales

Orang atau organisasi yang memiliki potensi untuk menjadi pelanggan. Seorang prospek dapat ditemukan melalui berbagai sumber, seperti referensi dari pelanggan yang ada, internet, media sosial, atau acara bisnis. Berikut adalah beberapa istilah umum dalam dunia penjualan atau sales beserta penjelasannya :

  1. Kualifikasi prospek – proses mengumpulkan informasi tentang prospek untuk menentukan apakah dia cocok sebagai pelanggan. Kualifikasi prospek meliputi penentuan kebutuhan dan budget prospek, serta menilai apakah prospek tersebut memiliki kemampuan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Presentasi – kegiatan menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan dan mengajukan solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Presentasi dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti tatap muka, telepon, atau video konferensi.
  3. Negosiasi – proses perundingan mengenai harga, persyaratan pembayaran, pengiriman, dan garansi. Tujuan dari negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.
  4. Penutupan penjualan – tahap akhir di mana penawaran secara tertulis diajukan dan kontrak penjualan ditandatangani. Penutupan penjualan merupakan tanda bahwa proses penjualan telah berhasil.
  5. Pelayanan purna jual – memberikan layanan atau dukungan setelah penjualan untuk memastikan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang. Pelayanan purna jual meliputi pengiriman produk, instalasi, pelatihan, dukungan teknis, perbaikan, dan layanan pelanggan lainnya.
  6. Pelatihan penjualan – kegiatan untuk meningkatkan keterampilan penjualan dan pengetahuan produk atau jasa yang ditawarkan. Pelatihan penjualan dapat dilakukan melalui pelatihan internal perusahaan atau pelatihan eksternal yang diselenggarakan oleh pihak ketiga.
  7. Quota – target penjualan yang harus dicapai oleh seorang sales executive atau sales representative. Quota biasanya ditetapkan oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi penjualan.
  8. Prospekting – kegiatan mencari prospek baru untuk meningkatkan penjualan. Prospekting dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti cold calling, email marketing, atau sosial media marketing.

Berbagai Macam Jenis Pekerjaan yang Bisa Ditekuni Dalam Dunia Sales

Jenis-Jenis Pekerjaan Dalam Pengertian Sales

Sales atau penjualan merupakan salah satu posisi pekerjaan yang penting dalam sebuah perusahaan karena bertanggung jawab untuk menjual produk atau layanan perusahaan kepada pelanggan. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan dalam bidang penjualan atau sales:

1. Sales Executive atau Sales Representative

orang yang bertanggung jawab menjalankan proses penjualan dengan mengidentifikasi peluang bisnis, menjalin hubungan dengan pelanggan, menawarkan produk atau jasa, dan menegosiasikan kontrak penjualan. Seorang sales executive atau sales representative dapat bertugas di berbagai sektor industri, seperti retail, manufaktur, atau layanan profesional.

2. Sales Manager

orang yang bertanggung jawab mengatur dan mengawasi tim penjualan dalam suatu perusahaan. Seorang sales manager harus memiliki keterampilan kepemimpinan, pengetahuan produk atau jasa yang ditawarkan, serta kemampuan untuk memotivasi tim penjualan.

3. Pengertian Sales Account Manager

orang yang bertanggung jawab menjalin hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan memastikan kepuasan pelanggan. Tugas seorang account manager meliputi pemeliharaan hubungan pelanggan, peningkatan penjualan, dan penyelesaian masalah yang terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Pengertian Sales Business Development Manager

orang yang bertanggung jawab mengembangkan strategi bisnis baru dan mencari peluang bisnis baru. Tugas seorang business development manager meliputi analisis pasar, penelitian produk atau jasa baru, dan pengembangan hubungan bisnis baru.

5. Telemarketer

orang yang bertanggung jawab untuk melakukan penjualan melalui telepon. Tugas seorang telemarketer meliputi membuat daftar prospek, menghubungi prospek, menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan, serta mengikuti proses penjualan sampai berhasil.

6. Sales Engineer

orang yang bertanggung jawab menjual produk atau jasa yang kompleks, seperti mesin atau peralatan industri. Seorang sales engineer harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam tentang produk atau jasa yang ditawarkan serta kemampuan untuk menjelaskannya dengan mudah.

7. Sales Trainer

orang yang bertanggung jawab untuk melatih dan meningkatkan keterampilan penjualan tim penjualan. Seorang sales trainer harus memiliki pengetahuan tentang teknik penjualan yang efektif serta kemampuan untuk mengajarkan keterampilan tersebut kepada orang lain.

8. Regional Sales Manager

orang yang bertanggung jawab mengawasi dan mengatur tim penjualan di suatu wilayah tertentu. Tugas seorang regional sales manager meliputi mengembangkan strategi penjualan regional, memantau kinerja tim penjualan, dan melaporkan hasil penjualan ke level manajemen yang lebih tinggi.

Inilah Macam-Macam Hal yang Harus Dikuasai dengan Baik Oleh Setiap Sales

Hal-Hal Yang Harus Dikuasai Oleh Sales

Seorang sales harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Tentunya memerlukan sebuah keterampilan yang harus di latih dan di pahami. Beberapa hal yang harus dikuasai oleh seorang sales antara lain:

  1. Produktif dalam mengelola waktu: Sales harus dapat mengelola waktu mereka dengan efektif, sehingga dapat memaksimalkan waktu yang tersedia untuk menjual produk atau layanan mereka.
  2. Memiliki pemahaman yang baik tentang produk atau layanan yang dijual: Sales harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk atau layanan yang mereka jual agar dapat memberikan informasi yang akurat dan membantu pelanggan untuk memilih produk atau layanan yang tepat.
  3. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik: Sales harus mampu berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan. Mereka harus dapat menjelaskan produk atau layanan dengan jelas, serta menjawab pertanyaan dari pelanggan dengan baik.
  4. Kemampuan untuk mendengarkan: Sales harus mampu mendengarkan dengan baik dan memahami kebutuhan pelanggan agar dapat memberikan solusi yang tepat.
  5. Keterampilan negosiasi: Sales harus memiliki keterampilan negosiasi yang baik untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dan menutup penjualan.
  6. Memiliki pengetahuan yang baik tentang pasar dan pesaing: Sales harus memiliki pengetahuan yang baik tentang pasar dan pesaing agar dapat menawarkan produk atau layanan yang lebih baik dan lebih menarik bagi pelanggan.
  7. Kemampuan untuk membangun hubungan: Sales harus mampu membangun hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan untuk memperkuat kepercayaan dan meningkatkan loyalitas.
  8. Kemampuan untuk bekerja dalam tim: Sales harus mampu bekerja dalam tim dengan baik dan berkolaborasi dengan anggota tim lainnya untuk mencapai tujuan bersama.
  9. Kreativitas: Sales harus memiliki kreativitas dalam mengembangkan strategi pemasaran dan promosi yang inovatif untuk menarik perhatian pelanggan.
  10. Kemampuan untuk mengelola stres: Sales harus mampu mengelola stres dengan baik dan tetap tenang dalam situasi yang menegangkan untuk tetap fokus pada tujuan dan mempertahankan kinerja yang baik.

Artikel lainnya:

Artikel Terkait