Tes MBTI Online Gratis Paling Akurat Untuk Kenali Kepribadianmu

Jumalia Khusna March 30, 2023

Tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah sebuah tes kepribadian yang digunakan untuk mengukur preferensi kepribadian seseorang berdasarkan teori kepribadian yang di kembangkan oleh Carl Jung. Tes ini mengukur preferensi individu dalam empat dimensi utama, yaitu Extraversion (E) vs Introversion (I), Sensing (S) vs Intuition (N), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P).

Tes kepribadian digunakan untuk membantu individu memahami diri mereka sendiri dan orang lain, serta memberikan wawasan tentang cara terbaik untuk berinteraksi dan bekerja dengan orang lain dalam berbagai situasi. Hasil dari tes kepribadian dapat memberikan pemahaman tentang preferensi kepribadian individu dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi interaksi sosial mereka.

Tes kepribadian ini telah digunakan dalam berbagai konteks, seperti dalam pengembangan pribadi, peningkatan efektivitas kerja tim, seleksi karir, serta dalam penelitian sosial dan psikologis. Namun, perlu diingat bahwa hasil tes kepribadian bukanlah penilaian yang mutlak dan harus dipertimbangkan dalam konteks yang lebih luas.

Hasil tes MBTI tidak dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan atau kecerdasan seseorang, dan tidak boleh dijadikan dasar tunggal dalam membuat keputusan penting dalam kehidupan.

4 Dimensi Utama Penting Dalam Menentukan Kepribadian Hidup

4 Dimensi Utama Penting Untuk Menentukan Kepribadian

Tes ini didasarkan pada empat dimensi utama yang dianggap penting dalam menentukan jenis kepribadian seseorang, dan dapat menjadi tolak ukur untuk bersosialisai terhadap orang lain, yaitu :

Baca juga: Leadership: Pengertian, Jenis, Keuntungan Dan Contohnya

1. Extraversion (E) vs Introversion (I)

Dimensi ini mengukur sejauh mana seseorang cenderung untuk fokus pada dunia luar atau dunia dalam. Orang yang lebih memilih extraversion cenderung lebih ekstrovert dan menikmati interaksi sosial, sedangkan orang yang lebih memilih introversion cenderung lebih introvert dan lebih memilih untuk memikirkan sendiri.

2. Sensing (S) vs Intuition (N)

Dimensi ini mengukur sejauh mana seseorang cenderung memperhatikan informasi yang konkret dan faktual atau informasi yang lebih abstrak dan konseptual. Orang yang lebih memilih sensing cenderung lebih fokus pada hal-hal konkret, sedangkan orang yang lebih memilih intuition cenderung lebih fokus pada konsep dan ide.

3. Thinking (T) vs Feeling (F)

Dimensi ini mengukur sejauh mana seseorang cenderung membuat keputusan berdasarkan logika dan analisis atau berdasarkan nilai-nilai dan perasaan. Orang yang lebih memilih thinking cenderung lebih logis dan analitis dalam membuat keputusan, sedangkan orang yang lebih memilih feeling cenderung lebih mempertimbangkan nilai-nilai dan perasaan.

4. Judging (J) vs Perceiving (P)

Dimensi ini mengukur sejauh mana seseorang cenderung untuk mengatur hidup mereka dan memutuskan hal-hal atau lebih fleksibel dan terbuka terhadap perubahan. Orang yang lebih memilih judging cenderung lebih teratur dan terstruktur dalam hidup, sedangkan orang yang lebih memilih perceiving cenderung lebih fleksibel dan terbuka terhadap perubahan.

Setiap dimensi memiliki dua pilihan, sehingga terdapat 16 jenis kepribadian yang mungkin dihasilkan dari kombinasi empat dimensi tersebut. Tes kepribadian dapat membantu individu memahami preferensi kepribadian mereka sendiri dan orang lain, serta memberikan wawasan tentang bagaimana mereka dapat bekerja dan berinteraksi dengan efektif dalam berbagai situasi.

Bagaimana Cara Untuk Melakukan Tes MBTI?

Tes MBTI biasanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau formulir tes yang terdiri dari serangkaian pernyataan atau pertanyaan tentang preferensi kepribadian seseorang. Tes ini dapat dilakukan secara daring (online) atau secara langsung di tempat yang telah disediakan oleh penyedia tes MBTI.

Berikut adalah langkah – langkah umum yang dilakukan untuk melakukan tes MBTI :

  1. Memilih penyedia tes MBTI yang terpercaya : Tes MBTI harus dilakukan dengan bantuan penyedia tes yang terpercaya, seperti psikolog, konsultan HR, atau institusi pendidikan yang memiliki sertifikasi sah dari penerbit MBTI.
  2. Mengisi kuesioner atau formulir tes : Setelah memilih penyedia tes, peserta akan diminta untuk mengisi kuesioner atau formulir tes yang terdiri dari serangkaian pernyataan atau pertanyaan tentang preferensi kepribadian mereka. Pernyataan atau pertanyaan tersebut biasanya terkait dengan keempat dimensi utama MBTI.
  3. Memproses hasil tes : Setelah mengisi kuesioner atau formulir tes, penyedia tes akan memproses hasil tes dan menghasilkan profil kepribadian peserta berdasarkan preferensi mereka dalam keempat dimensi utama kepribadian.
  4. Pemberian interpretasi hasil tes : Setelah hasil tes diterima, penyedia tes akan memberikan interpretasi tentang profil kepribadian peserta. Interpretasi ini dapat membantu peserta memahami preferensi kepribadian mereka, serta memberikan wawasan tentang cara terbaik untuk berinteraksi dan bekerja dengan orang lain dalam berbagai situasi.

Penting untuk diingat bahwa hasil tes MBTI tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya penilaian tentang kepribadian seseorang dan harus dilihat dalam konteks yang lebih luas. Hasil tes MBTI sebaiknya digunakan sebagai alat untuk pemahaman diri dan orang lain, serta sebagai dasar untuk memperbaiki keterampilan komunikasi dan interaksi sosial.

Apakah Tes MBTI Ini Sangat Di Perlukan Di Dalam Kehidupan Bersosialisasi?

Apakah Tes MBTI Ini Sangat Di Perlukan Di Dalam Kehidupan Bersosialisasi

Tes kepribadian dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sosial dan interaksi dengan orang lain, terutama dalam lingkungan kerja dan tim kerja. Dalam lingkungan kerja yang semakin kompleks dan beragam, pemahaman tentang preferensi kepribadian dapat membantu individu memahami cara terbaik untuk berinteraksi dan bekerja dengan orang lain.

Namun, penting untuk diingat bahwa tes kepribadian bukan satu-satunya cara untuk memahami kepribadian dan preferensi seseorang. Ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kepribadian dan preferensi seseorang, seperti pengalaman hidup, nilai-nilai, dan lingkungan sosial. Oleh karena itu, hasil dari tes MBTI harus dianggap sebagai salah satu faktor dalam memahami seseorang, bukan sebagai satu-satunya penilaian.

Selain itu, ada juga kritik terhadap tes MBTI, termasuk keakuratan dan validitas tes, serta ketidakmampuannya untuk mengukur dimensi kepribadian yang kompleks. Oleh karena itu, tes MBTI sebaiknya digunakan dengan hati-hati dan dalam konteks yang tepat.

Secara keseluruhan, tes kepribadian dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sosial dan interaksi dengan orang lain, tetapi tidak dianggap sebagai satu-satunya cara untuk memahami kepribadian seseorang. Hasil dari tes kepribadian harus dianggap sebagai salah satu faktor dalam memahami seseorang, dan harus digunakan dengan hati-hati dan dalam konteks yang tepat.

Berikut Platform Terbaik Untuk Tes MBTI Secara Online Dan Gratis

Tes kepribadian dapat dilakukan secara online melalui berbagai platform atau situs web yang menyediakan tes kepribadian. Beberapa contoh platform dan situs web yang dapat digunakan untuk melakukan tes kepribadian online antara lain:

  1. Myers-Briggs Foundation : Situs web sah dari penerbit MBTI yang menyediakan tes kepribadian online berbayar.
  2. 16Personalities : Situs web yang menyediakan tes kepribadian gratis dan dilengkapi dengan deskripsi yang mudah dipahami untuk setiap jenis kepribadian.
  3. Truity : Situs web yang menyediakan tes kepribadian gratis dan dilengkapi dengan deskripsi yang terperinci untuk setiap jenis kepribadian.
  4. HumanMetrics : Situs web yang menyediakan tes kepribadian gratis dan dilengkapi dengan deskripsi untuk setiap jenis kepribadian serta rekomendasi karir dan profesi yang sesuai dengan setiap jenis kepribadian.
  5. Personality : Situs web yang menyediakan tes kepribadian berbayar dan dilengkapi dengan analisis mendalam tentang setiap jenis kepribadian serta rekomendasi strategi dan teknik untuk mengoptimalkan potensi diri.

Tes kepribadian online mungkin tidak selalu akurat dan dapat memiliki keterbatasan dalam mengukur dimensi kepribadian yang kompleks. Oleh karena itu, hasil tes kepribadian online sebaiknya digunakan sebagai referensi awal dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya penilaian tentang kepribadian seseorang.

Artikel Lainnya:

Artikel Terkait