Teknik Dasar Bola Basket, Sejarah, Aturan & Peraturannya

Peter Ariansyah March 3, 2024

Sebagai pemain bola basket, tentunya seseorang terlebih dahulu harus mengetahuinya teknik dasar dari permainannya terlebih dahulu. Permainan bola basket sendiri yaitu olahraga yang mempertandingkan dua tim dengan setiap timnya terdiri dari lima pemain yang akan saling merebutkan kemenangan.

Cabang olahraga ini melibatkan kelincahan, kecepatan, daya tahan, dan tentunya kerja sama tim. Tujuan utama bermain basket adalah menghasilkan poin sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke dalam ring. Sebelum mengikuti permainan ini, setiap pemain perlu mengetahui tentang teknik atau cara dasar memainkannya.

Teknik dasar sendiri merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memainkannya. Sebab tanpa mengetahui teknik dasar dalam suatu permainan, maka mungkin para pemainnya akan kebingungan dan asal-asalan ketika memainkannya. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui teknik dasar tersebut.

Banyak yang belum mengetahui tentang teknik dasar ini, bahkan seseorang yang sudah pernah memainkan bola basket saja mungkin belum mengetahuinya. Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai bola basket ini, simak pembahasan demi pembahasan dibawah ini hingga selesai.

Beberapa Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket yang Wajib Untuk Dipahami

Sebelum mengetahui teknik dasar dari permainan bola basket, para pemainnya juga harus mengenal terlebih dahulu tentang permainan ini. Bola basket sendiri adalah salah satu olahraga bola besar yang berlangsung dengan mempertandingkan dua tim yang berebut bola untuk dimasukkan kedalam ring lawan.

Skor yang didapatkan sangat tergantung dari cara memasukkan bola kedalam ring. Pemain yang berhasil memasukkannya akan mendapatkan skor untuk tim yang berkisar satu sampai tiga poin. Pada pertandingan bola basket terdapat batasan waktu untuk saling berhadapan satu sama lain.

Dalam aturan bola basket internasional, pertandingan bola basket menetapkan waktu sepuluh menit sebanyak empat babak. Namun khusus untuk National Basketball Association (NBA), pertandingan berlangsung selama empat babak dan setiap babaknya berdurasi dua belas menit.

Untuk menguasai permainan bola basket terdapat beberapa hal yang harus diketahui, seperti cara bermain melalui teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket. Lantas, apa saja teknik dasar dalam permainan ini? Berikut ini merupakan beberapa teknik dasar yang harus dikuasai sebelum memainkan pertandingannya.

Baca Juga : Contoh CV Bahasa Inggris Tulis Tangan Beserta Cara Membuatnya

1. Teknik Dasar Memegang Bola Basket

Teknik Dasar Memegang Bola Basket

Teknik utama dalam memainkan permainan bola basket adalah memegang bola. Gerakan ini merupakan hal yang paling mendasar, sebab merupakan induk dari segala teknik yang ada di dalam permainan itu. Bahkan hanya untuk memegang bola ini saja tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan semaunya.

Sebab memegang bola ini akan sangat berpengaruh dengan pengendalian bola ketika dalam pertandingan. Sehingga apabila bisa memegang bola dengan baik, maka permainan yang dimainkan akan jauh lebih berkualitas. Oleh karena itu, pelajari terlebih dahulu teknik dasar memegang bola basket ini.

Untuk cara memegang bola basket sendiri yaitu letakkan kedua tangan di bagian sisi kanan dan kiri bola. Jemari harus diregangkan atau dibuka lebar agar bola tidak mudah jatuh atau terlepas. Posisi tangan ini tentunya sangat penting, baik untuk menerima umpan bola ataupun akan melakukan operan dan tembakan.

2. Teknik Dasar Passing Bola Basket

Teknik Dasar Passing Bola Basket

Hal kedua yang harus dipelajari yaitu teknik dasar passing atau mengoper bola ke teman satu tim. Sebab dalam permainan bola basket pastinya akan melakukan operan kepada rekan demi kemenangan suatu tim. Teknik ini sendiri memiliki beberapa cara yang sesuai dengan fungsinya seperti berikut.

  • Operan Dada (Chest Pass)
    Cara operan ini merupakan teknik dasar yang sering dilakukan para pemain bola basket. Cara melakukannya yaitu dengan tangan memegang bola, siku menekuk, dan bola sejajar dengan dada. Untuk mempraktekkannya bisa melakukan dengan operan lurus ke arah tembok.
  • Operan di Atas Kepala (Overhead Pass)
    Operan berikut ini sangat cocok apabila sedang dijaga ketat oleh lawan yaitu dengan cara memposisikan tangan yang memegang bola diatas kepala dan siku menekuk. Cara ini bertumpu pada lekukan tangan, sehingga bola dilemparkan hingga posisi tangan menjadi lurus
  • Operan Memantul (Bounce Pass)
    Operan ini dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai yang bertujuan untuk melewati hadangan lawan yang ketat. Gerakan ini dilakukan dengan posisi badan tegak lurus dan siku dalam kondisi ditekuk ke samping badan dengan bola berada didepan badan dan didorong ke bawah.

Nah itulah beberapa gerakan dasar untuk pemula dalam teknik passing bola basket. Ada beberapa gerakan passing lainnya yang bisa dipelajari ketika sudah menguasai ketiga gerakan tersebut. Gerakan passing lainnya adalah operan belakang punggung atau Behind The Back Pass dan operan baseball atau Baseball Pass.

Baca Juga : Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Pendek & Mudah Dihafal

3. Teknik Dasar Menggiring Bola Basket

Teknik Dasar Menggiring Bola Basket

Menggiring bola atau yang sering disebut dribble dalam permainan bola basket ini dilakukan dengan tujuan untuk mengendalikan arah bola sambil memantulkan bola basket ke lantai berulang kali. Teknik ini berlaku jika kaki melangkah baik berjalan atau berlari dan bola harus dipantulkan ke lantai.

Berdasarkan ketinggian bola, gerakan ini terbagi menjadi dua jenis yaitu dribble tinggi yang dilakukan saat pemain berada dalam keadaan bebas dan dribble rendah yang sering digunakan saat pemain berada dalam pressure lawan. Teknik ini juga dapat dilakukan dengan satu maupun dua tangan.

Namun berdasarkan jenis trik, dribble terbagi menjadi lima gerakan yaitu crossover move, behind the back dribble, between the legs dribble, high or speed dribble, reserve dribble. Akan tetapi, bagi para pemula terlebih dahulu mempelajari dribble berdasarkan ketinggian bola untuk membiasakannya.

4. Teknik Dasar Bola Basket Pivot

Teknik Dasar Bola Basket Pivot

Teknik dasar ini merupakan gerakan memutar tubuh dengan menggunakan salah satu kaki sebagai poros sekaligus sebagai tumpuan tubuh. Gerakan pivot ini dilakukan dengan kedua tangan memegang bola untuk menghindari sergapan dari lawan yang ingin menghalangi pemain dalam melakukan serangan.

Pivot merupakan inovasi teknik yang menyesuaikan aturan bola basket, yaitu pemain yang memegang bola diharuskan melakukan dribble dan akan dinilai sebagai pelanggaran apabila bergerak tanpa melakukan dribble. Biasanya teknik ini dilakukan setelah menerima operan dari rekan satu tim.

Untuk mempelajari teknik ini diperlukan teman agar ketika mempraktekkan lebih maksimal dengan percobaan pivot untuk melindungi bola dari sergapan lawan. Tentunya dengan menguasai teknik ini para pemain juga bisa dinilai lincah karena gerakan ini termasuk sulit bagi para pemula.

5. Teknik Dasar Menembak Bola Basket

Teknik Dasar Menembak Bola Basket

Teknik ini juga termasuk kedalam gerakan penting dalam kemenangan setiap pertandingan bola basket. Kemampuan mencetak skor sangat bergantung pada kemampuan dalam melakukan menembak bola atau shooting kedalam ring lawan. Semakin baik kemampuan yang dimiliki maka akan semakin besar mencetak poin-poin tinggi.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa posisi menembak menentukan besarnya nilai yang akan didapatkan. Pemain yang berperan sebagai penembak bola ini dijuluki dengan shooting guard yang memiliki akurasi tembak handal. Teknik ini sendiri terbagi menjadi beberapa cara seperti berikut.

  • Set Shoot : Tembakan yang biasa dilakukan saat pemain berada dalam kondisi free throw atau bebas melakukan tembakan tanpa harus melompat. Gerakan ini hanya bisa dilakukan dalam kondisi tanpa hadangan ataupun kawalan.
  • Lay Up Shoot : Tembakan ini disebut sebagai tembakan melayang, sebab dilakukan pada akhir dribble yang dekat dengan ring. Sehingga pemain melakukan lemparan bola dengan satu tangan menuju target ring.
  • Jump Shoot : Tembakan ini tidak memerlukan gerakan maju ataupun mundur. Pemain yang ingin melakukan gerakan ini hanya perlu melompat dan disaat titik tertinggi, maka melempar bola mengarah ke ring lawan untuk mencetak skor.
  • Slam Dunk : Tembakan ini merupakan menembak bola dengan melayang dan melompat ke udara, tidak sekedar melempar bola atau hanya melambungkan bola. Gerakan ini biasanya sering ditunggu-tunggu oleh para penontonnya.

Baca Juga : Contoh Deskripsi Diri yang Menarik untuk Fresh Graduate

6. Teknik Dasar Bola Basket Rebound

Teknik Dasar Bola Basket Rebound

Teknik dasar terakhir adalah Rebound yang berguna untuk memanfaatkan pantulan bola yang gagal masuk kedalam ring basket. Gerakan ini dapat digunakan untuk melakukan penyerangan maupun pertahanan yang sangat penting ketika dalam keadaan bola liar di area ring tim maupun lawan.

Misalnya apabila tembakan gagal yang berasal dari tim, maka rebound berguna untuk memanfaatkan kemelut di depan ring. Namun apabila tembakan gagal berasal dari tim laman, maka rebound dapat dimanfaatkan untuk menjauhkan bola dari daerah pertahanan.

Tentunya teknik ini membutuhkan keahlian khusus, sebab gerakannya yang terbilang susah dan akan jauh lebih sulit ketika berada didalam suatu pertandingan. Sehingga para pemain juga membutuhkan ketenangan agar berhasil ketika mempraktekkan teknik rebound dalam suatu pertandingan.

Artikel Terkait