Sektor Pariwisata Tulang Punggung Pemulihan Ekonomi Nasional

oleh -43 views

Sektor Pariwisata Tulang Punggung Pemulihan Ekonomi Nasional
SUARAMUDA.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengikuti G20 Tourism Ministerial Meeting atau Rapat Menteri Pariwisata negara-negara G20 secara virtual, Rabu (05/05/2021).

Dalam kesempatannya Ia menyampaikan, “Bahwa kami di Indonesia optimis, sektor pariwisata akan menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sandiaga berharap untuk memulihkan pariwisata Indonesia yang masih terdampak pandemi COVID-19. Dari peningkatan pariwisata ini tentunya akan menggeliatkan sektor lain, termasuk UMKM di sektor ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang sedang bangkit dan tangguh selama pandemi dengan pemanfaatan platform digital,” harapnya.

Karena itu Ia juga menambahkan, “Penting bagi G20 untuk tidak melupakan partisipasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta masyarakat lokal dalam mendukung dan menggerakkan pariwisata dan ekonomi kreatif,” tambahnya.

Sandiaga juga menegaskan kepada pemilik usaha dan tempat pariwisata, “Kami tidak akan segan menindak tegas dengan memberikan sanksi hingga menutup tempat wisata bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” tegas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Protokol kesehatan ini sudah menjadi tanggung jawab bersama dan harus diterapkan sesuai dengan aturan yang sudah ada yakni sesuai dengan CHSE.

“Saya masih mendapati beberapa tempat wisata yang abai menerapkan protokol kesehatan. Seperti contohnya beberapa tempat wisata di Bali, dimana ketidakpatuhan tersebut diketahui dari banyaknya foto yang viral di media sosial,” kata Sandiaga melalui akun resminya pada Rabu (05/05/2021).

Saat itu juga, Sandiaga langsung menghubungi pemilik usahanya dan menyampaikan temuan-temuan itu kepada mereka, memberikan teguran, dan juga berkoordinasi dengan Pemda dan Satgas.

Saya berikan pesan tegas dan lugas, “Bahwa pentingnya menjaga protokol CHSE adalah menjadi tanggung jawab bersama,” tegas Sandiaga.

(BD20/PN/SM)