Ngatiyana dan Kemenekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam Workshop Kata Kreatif Indonesia

oleh -58 views

SUARAMUDA.co.id,-Kota Cimahi memiliki  potensi ekonomi kreatif yang tumbuh dan berkembang dari komponen masyarakat yang melekat dengan nilai – nilai positif dari nenek moyang yang meliputi berbagai dimensi bidang kehidupan.

Potensi ekonomi kreatif kota Cimahi berdasarkan kondisi eksisting kota cimahi secara keseluruhan, terlihat bahwa Kota Cimahi perlu mengembangkan suatu konsep industri kreatif yang berciri khas dan berdaya saing tinggi.

“Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di kota cimahi dan sekitarnya untuk menarik minat wisatawan nusantara maupun mancanegara,” hal itu disampaikan oleh Plt. Wali Kota Cimahi Ngaiyana saat acara kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (Kata) kreatif Indonesia yang berlangsung di Alam Wisata Cimahi (AWC), Jl. Kolonel Masturi, Cimahi Utara.

Workshop ini merupakan merupakan bagian dari program Kemenekraf dalam Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia. Program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Tahapan kegiatan dilakukan dimulai dari pemetaan dan pengusulan subsektor ekraf unggulan melalui kegiatan dengan Uji Petik terhadap 4 unsur/elemen Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PKM3I).
Di Jabar kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung, serta di Kota Bandung, Kamis-Sabtu (9-11/09/ 2021).

Ngatiyana dan Kemenekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Cimahi, kegiatan ini digelar melalui Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif di Alam Wisata Cimahi, itu berupa pemberian materi peningkatan inovasi dan kewirausahaan.

Ngatiyana melanjutkan, Kota cimahi harus mampu memanfaatkan keahlian Sumber daya Manusia dalam mengembangkan dan mengelola industri kreatif baik yang sudah ada maupun potensinya terutama yang berbasis budaya dan kreativitas.