Usia Ke 54 Tahun Jasa Tirta II Kolaborasi Konservasi Berbasis Pemberdayaan

oleh -64 views

SUARAMUDA.co.id,-Tepat pada hari ini tanggal 26 Agustus 2021 Jasa Tirta II genap berusia ke-54 tahun. Keterbatasan akibat pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat seluruh insan Jasa Tirta II untuk tetap berkontribusi kepada alam di usia ke-54 Tahun 2021.

Usia Ke 54 Tahun Jasa Tirta II Kolaborasi Konservasi Berbasis Pemberdayaan. Dengan tema “Survive & Grow in Pandemic Era”, Jasa Tirta II mengusung corporate campaign tentang pentingnya menjaga kelestarian air melalui penanaman pohon untuk menyelamatkan kehidupan masa depan.

“Tahun 2021 ini, Jasa Tirta II menargetkan kegiatan konservasi sebanyak 20.000 bibit pohon yang akan ditanam di Wilayah Kerja Jasa Tirta II. Dengan semangat Kolaborasi Konservasi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, yang melibatkan masyarakat dan stakeholder terkait untuk mengoptimalkan dan memasifkan gerakan tanam pohon,” ucap Direktur Utama Jasa Tirta II Imam Santoso. Jumat (27/08/2021).

Konservasi dilakukan di sekitar Mata Air Sungai Citarum (Situ Cisanti) pada luasan lahan sebesar ± 8.000 m2 dengan menanam bibit kopi sebanyak 3.500 pohon, sebagai bentuk dukungan kepada Program Nasional Citarum Harum dalam rangka meningkatkan kualitas air Sungai Citarum. Varietas kopi yang ditanam adalah Arabica Yellow Catimore.

“Tanaman kopi dipilih dengan harapan dapat membantu perekonomian masyarakat setempat dan memajukan produk kopi unggulan yang berasal dari Km. 0 Sungai Citarum atau Situ Cisanti, sebagai sumber mata air Sungai Citarum,” kata Imam Santoso.

Sepanjang tahun ini, Jasa Tirta II telah melakukan konservasi di 53 lokasi disekitar Bendungan Ir. H. Djuanda, bangunan bendung yang ada di wilayah kerja Jasa Tirta II, pada mata air Sungai Citarum dan Oxbow.